Peluang bisnis barang antik. Tentu kita semua paham bagaimana bisnis barang antik adalah salah satu bisnis unik yang sudah lama ada di, bahkan di dunia. Karena keunikannyalah barang antik banyak dicari oleh orang-orang. Apa saja itu? Orang memburu barang antik karena berbagai faktor, antara lain nilai sejarah, nilai seni, hingga kelangkaannya. Semakin langka, semakin mahal barang antik tersebut dihargai. Kanca Jejualan, adakah diantara Anda yang terjun di dunia bisnis barang antik? Jika ada, ceritakan pengalaman bisnis barang antikmu di kolom komentar, ya.

Setiap orang memiliki hobi dan ketertarikan masing-masing, salah satunya adalah mengoleksi barang antik. Barang-barang tersebut adalah benda-benda kuno berusia tua dan bisa berbentuk apa saja jenisnya. Misalnya saja, benda seni, perabotan rumah tangga, senjata, hingga mebel.

Apa Itu Barang Antik?

Bisnis barang antik

Tidak ada definisi umum yang dapat diterima secara luas tentang seberapa antik sebuah barang. Tetapi, barang yang telah berusia lebih dari ratusan tahun lamanya yang dapat disebut antik. Hanya saja, terdapat kesamaan pandangan bahwa barang antik adalah barang atau benda menarik yang sudah berusia tua, seperti mebel, sendaja, barang seni, hingga perabotan rumah tangga.

Pada kamus besar Bahasa Indonesia, barang antik didefinisikan sebagai barang kuno yang bernilai seni atau benda budaya. Barang antik yang dijaula dengan cara dilelalang dari kolektor. Namun tak hanya itu, ada juga kolektor yang mencari barang antik ke galeri-galeri mandiri yang ada di berbagai kota di Indonesia.

Benda Antik yang Selalu Menjadi Buruan Kolektor

Banyak sekali benda antik yang menjadi incaran para kolektor. Mungkin penilaian ini bisa sangat subjektif karena barang-barang antik tersebut juga memiliki keunikannya masing-masing. Kanca Jejualan, berikut ini adalah kumpuan benda antik yang menjadi buruan para kolektor.

  • Gelas Perak

Pada zaman dahulu, pernah ada masa dimana perak memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas. Penyebabnya karena pada zaman dahulu sangat sulit untuk didapakan, serta sifatnya yang mirip dengan emas murni. Sehingga tidak dapat berdiri sendiri, dan harus dicampur dengan logam lainnya. Zat yang biasa digunakan sebagai campuran perak adalah tembaga. Mengapa tembaga? Karena tembaga dapat menjadikan perak keras, sekaligus mempertahankan karakterisitk kilauannya.

Gelas-gelas perak dari daratan Cina banyak menjadi buruan para kolektor barang antik. Harganya akan semakin tinggi jika gelas perak tersebut berasal dari masa dinasti-dinasti Cina, hingga pada zaman Cina era abad ke 20.

  • Cawan

Cawan atau piring cantik akan selalu cocok digunakan sebagai hiasan untuk ruangan. Pada umumnya, cawan cantik tersebut memiliki desain pola yang unik. Selain itu, tak jarang mempunya nilai sejarah yang tinggi. Terutama jika benda tersebut adalah peninggalan sebuah kerajaan. Dan lagi, cawan-cawan cantik peninggalan dinasti-dinasti Cina.

Hanya saja, sebelum berburu cawan cantik, terlebih dahulu Anda harus mengenali seluk beluknya. Misalnya, daerah pembuatan, bahan baku, dan juga usianya. Hal ini penting dilakukan agar Anda mengetahui kualitas, keindahan, serta harga pasaran barang antik tersebut.

Salah satu cawan yang menjadi buruan dan harganya sangat tinggi karena kelangkaannya adalah cawan-cawan yang berasal dari era dinasti Ming. Sebuah cawan antik bisa dihargai paling murah mencapai belasan juta rupiah.

  • Lampu pajang

Bisnis barang antik

Bagi para pemburu barang antik, lampu pajang, atau yang juga akrab disebut dengan lampu katrol tak pernah habis dicari pembeli. Lampu ini memiliki bandul yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan posisi lampu.

  • Uang Rupiah lama era Soekarno

Uang Rupiah lama yang sudah tak lagi diterbitkan dan tak lagi berlaku banyak menjadi buruan dan sangat diminati oleh kolektor. Uang pecahan 5, 10, 25, 50, 100, dan 1000 Rupiah. Baik yang berbentuk koin atau kertas. Dan salah satu yang paling dicari adalah uang pecahan Rp25 yang bergambar Bung Karno.

Uang yang dikeluarkan pada tahun 1960 ini dipasaran dibanderol bervariasi. Harganya yang paling murah mencapai Rp400.000, 00.

  • Guci

Selain gelas perak dan cawan, salah barang perabotan antik yang banyak dibur oleh kolektor adalah Guci. Tentu bukan sembarang guci. Guci ini adalah guci yang berasal dari masa Dinasti Qing di Cina. Meski bentuknya kecil, harganya sangat mahal karena nilai historinya yang sangat tinggi.

  • Uang kertas Indonesia era kemerdekaan

Selain era 60an, uang Rupiah kuno yang diterbitkan oleh De Javasche Bank pada awal masa kemerdekaan juga menjadi buruan para kolektor. Salah satu uang yang paling dicari adalah uang kertas Indonesia seri Federal I yang dirilis pada tahun 1946. Jika kondisinya masih bagus, dalam artian tidak sobek dan tidak berlubang, harganya bisa sangat mahal.

  • Gramofone

Bisnis barang antik

Tahukah Anda, gramofon atau pemutar piringan hitam adalah benda mewah di masa lampau dan tak semua orang bisa memilikinya. Menjadi salah satu alat hiburan untuk mendengarkan musik, gramofon masih banyak diburu hingga sekarang. Walaupun sudah banyak alat pemutar musik modern, nyatanya ia memiliki nilai historis dan nilai seni tersendiri. Dan berburu gramofon tentu tak akan lengkap jika tidak sekalian berburu vinyl atau piringan hitamnya.

  • Vinyl Lawas

Vinyl, atau piringan hitam juga banyak diburu kolektor. Terutama kolektor yang memiliki ketertarikan besar pada bidang seni musik. Harga sebuah vinyl bisa sangat mahal jika dikeluarkan oleh musisi yang sangat ikonik. Vinyl band-band lawas legendaris seperti The Beatles, The Rolling Stones, Michael Jackson seakan menjadi hot item yang harus dimiliki.

  • Perangko

Memang benar bahwa saat ini minat generasi milenial terhadap perangko kian menurun. Tetapi di kalangan pebisnis barang antik, perangko menjadi salah satu yang paling diminati. Kolektor umumnya sangat menyukai perangko limited edition. Perangko yang dirilis dalam jumlah terbatas ini memilik nilai dan harga yang sangat tinggi.

  • Mobil Kuno

Bagi kalangan dengan ekonomi menengan ketas, mereka tak akan segan-segan merogoh dalam-dalam kocek pribadinya demi mendapat mobil kuno impiannya. Inilah salah satu sebab mengapa bisnis jual beli mobil antik masih sangat diminati. Mobil kuno yang kondisinya baik, orisinal, dan laik jalan, harganya bahkan bisa lebih mahal dari mobil keluaran terbaru sekalipun.

Itulah tadi penjabaran lengkap peluang bisnis barang antik. Bisnis barang antik telah lama ada di dunia,tak terkecuali di Indonesia. Penggemar barang antik tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dan keberadaan mereka adalah peluang bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis barang antik. Sobat Jejualan, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Send Comment