Siapa yang tak tahu casing handphone. Casing handhphone kini menjelma menjadi barang fashion yang melengkap kebutuhan gaya para pengguna smarthpone. Tren model casing handphone sendiri terus bergulir dengan cepat seiring dengan tren munculnya tipa dan merek handphone baru. Ya, pada awal kemunculannya dulu, casing handphone bertujuan selain melindungi bodi dari kemungkinan lecet, juga agar si pemilik handphone jadi tampak fashionable.

Apalagi pada saat ini, para pengguna smartphone tidak lagi dapat dipuaskan dengan tampilan casing yang itu-itu saja. Casing yang punya desain unik, baik dari segi bentuk, warna, bahan, dan gambar kini banyak dicari.

Misalnya, ada yang ingin menampilkan foto wajahnya sendiri, atau bersama pasangan dan keluarga di dalam casing handphone. Ada juga yang berupa kutipan quote terkenal dan bermakna. Bisnis casing handphone menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Lantas, bagaimana peluang bisnis ini kedepannya?

Tips Memulai Bisnis Casing Handphone

bisnis casing handphone

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis casing handphone, Jejualan punya beberapa tips penting untuk Anda yang ingin terjun ke bisnis ini. Berikut ini adalah tips memulai bisnis casing untuk Anda, Kanca Jejualan:

1. Menyiapkan Modal

Untuk bisa memulai bisnis casing, salah satu hal paling penting yang harus Anda persiapka adalah menyiapkan modal. Kebanyakan pebisnis casing handphone mengeluarkan modal minimal sebesar 10 juta sampai 20 juta rupiah.

Modal usaha ini digunakan untuk membeli mesin produksi dan bahan-bahan yag diperlukan lainnya. Kami akan menjelaskan tentang mesin printer casing handphone di bagian lain artikel ini.

2. Menetapkan Target Pasar

Tips kedua untuk terjun ke bisnis casing handphone adalah menentukan target pasar. Bagi sebuah bisnis, menetapkan target pasar adalah sebuah keharusan. Tentu saja karena ini sangat berkaitan dengan positioning bisnis Anda di pasar.

Untuk bisa menetapkan target pasar, Anda bisa menggunakan banyak tools analitik di internet. Misalnya Google Analitycs dan Google Trends. Misalnya, Anda bisa mencari tahu desain apa yang diinginkan oleh pasar.

Anda bisa menyediakan desain gambar casing yang siap dipilih oleh pelanggan. Atau mengikuti trend hari ini, di mana konsumen bisa menentukan desain gambar sendiri. Bisa menggunakan gambar apa saja. Termasuk foto pribadi, logo perusahaan, dan artwork.

3. Memilih Bahan Casing Terbaik

Target pasar yang Anda tentukan akan sangat berkaitan dengan material yang digunakan untuk casing handphone yang Anda jual. Beberapa tipe bahan casing handphone yang umum diketahui antara lain hard case, soft case, full print hard case, wooden case, rubber case dan stitch case.

4. Menentukan Cara Promosi

bisnis casing handphone

Salah satu faktor penentu sukses pemasaran adalah cara promosi produk. Cara promosi produk menjadi salah satu fokus utama para pebisnis dimanapun berada. Terlebih di era yang serba digital seperti saat ini. Mayoritas pebisnis atau pelaku usaha berbondong-bondong untuk memasarkan bisnis secara online.

Baca Juga : Konsep Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan

Selain membuat website toko online, media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk berpromosi secara online adalah menggunakan media sosial. Sosial media kini menjelma menjadi tempat promosi yang sangat ampuh. Dengan era digital yang terus bertumbuh seperti ini, tak heran banyak pebisnis atau perusahaan yang menginvestasikan banyak untuk membuat brand awareness yang bagus tentang brand mereka.

Mesin Untuk Mencetak Casing Handphone

Untuk bisa membuat casing handphone, Anda membutuhkan mesin cetak yang mumpuni. Printer cetak yang bagus sangat menentukan kualitas hasil printing casing handphone Anda. Berikut ini adalah printer untuk cetak desain casing handphone:

  • Mesin Sublimasi Casing Handphone Rhinotec RSM-04

Yang pertama adalah mesin sublimasi Rhinotec RSM-04. Ini adalah mesin sublime khusus yang digunakan untuk membuat custom casing handphone. Mesin ini mempu mencetak dua casing dalam waktu yang bersamaan dan dapat mencetak gambar secara menyeluruh ke sampai ke bagian samping casing handphone.

Keunggulan utama mesin yang satu ini selain harga yang cukup terjangkau, konsumsi listrikya juga termasuk rendah dan sangat portable. Sehingga cukup mudah untuk dipindahkan.

  • Mesin HeatPress 3D Besar

Mesin ini dapat dipakai untuk membuat gambar pada casing handphone, sampai enam sekaligus. Gadget berukuran besar juga dapat diatasi oleh HeatPress 3D besar. Seperti iPad Air dan Samsung Tab. Selain itu, mesin ini juga bisa dipakai untuk mug, piring, kaos, baju, keramin, dan botol minum.

Keunggulan Bisnis Casing Handphone

bisnis casing handphone

Sebenarnya, apa sih yang menjadi keuntungan bisnis casing handphone? Berikut ini Jejualan bagikan keuntungan bisnis casing handphone yang harus Anda ketahui:

  • Potensi Keuntungan Besar

Modal yang diperlukan untuk produksi casing handphone tidak terlalu besar. Sehingga cukup bisa dijangkau oleh orang dengan modal terbatas. Dengan modal 10 juta – 20 juta rupiah, Anda sudah dapat memulai bisnis ini.

  • Produk yang Bervariasi

Casing handphone memiliki bahan yang bervariai. Mulai dari bahan karet, plastik,  bahkan ada yang terbuat dari kayu. Bahan dasar tersebut nantinya akan dicetak dengan foto, logo, atau gambar apapun yang diinginkan konsumen. Gambar akan dicetak dengan menggunakan teknik sublimasi seperti pembuatan gelas atau cangkir bergambar.

  • Pemasaran yang Luas

Casing handphone memiliki jangkauan pemasaran yang luas. Apalagi dengan zaman serba digital saat ini. Anda bisa melakukan promosi secara online. Dengan internet, Anda bisa menjangkau konsumen dari berbagai tempat. Media sosial yang bisa Anda gunakan antara lain WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Twitter juga bisa jadi pilihan.

  • Peluang yang Masih Terbuka Lebar

Pembuat casing handphone kita tahu, sangat banyak saat ini. Meskipun demikian, peluangnya masih sangat terbuka lebar. Faktanya, pengguna smartphone tidak puas hanya menggunakan satu jenis casing saja. Apalagi casing handphone yang diproduksi oleh pabrik besar. Mereka ingin casing yang mewakili personalnya.

Apalagi kini smartphone model terbaru terus bermunculan, sehingga kebutuhan akan casing juga akan terus meningkat. Sudah saatnya Anda melihat hal ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan untuk mendulan penghasilan.

  • Bisa Menjadi Bisnis Sampingan

Bisnis casing handphone juga dapat dijadikan bisnis sampingan. Untuk Anda yang sedang kuliah atau bekerja, Anda bisa mengerjakan bisnis pembuatan case handphone. Jika tidak memungkinkan dari sisi peralatan atau kemampuan desain, Anda bisa memulainya dengan jadi reseller atau dropshipper pada produsen casing HP.

Penutup

Bisnis casing handphone memiliki peluang yang sangat besar untuk terus berkembang. Asal dapat mengikuti keinginan pasar dan update dengan trend, Anda sudah bisa bersaing.

Ingin memiliki toko online Anda sendiri? Jejualan punya banyak pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tunggu apalagi, Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

 

 

Send Comment