Tak bisa disanggah lagi, ada banyak peluang yang bisa Anda jadikan sebagai ide untuk memulai bisnis. Salah satu peluang bisnis menjanjikan yang sedang diminati adalah bisnis clothing secara online. Sebagai bagian dari gaya hidup anak muda, dunia bisnis clothing selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bisnis ini adalah salah satu bisnis yang tidak pernah mati, selalu awet karena permintaan pasar yang selalu ada.

Hal ini tentu saja menjadi peluang yang semakin menarik bagi Anda untuk mencoba peruntungan di dunia bisnis clothing. Permintaan yang selalu meningkat untuk kebutuhan primer tersebut membuat orang tertarik untuk menawarkan produknya secara online.  

Namun yang ironis adalah, tidak sedikit orang yang harus merelakan bisnisnya layu sebelum berkembang, karena tidak mengetahui cara berbisnis online yang baik. Ada juga yang merasa sudah paham dengan bisnis offline, pada dunia online dan offline sangat berbeda. 

Walaupun terlihat mudah, ternyata bisnis clothing secara online membutuhkan teknik khusus untuk mencapai target yang diharapkan ketika memulai bisnis ini. Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan tentang cara sukses bisnis clothing secara online. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai, ya. 

Mari kita mulai!

Cara Sukses Bisnis Clothing Secara Online 

Semakin banyak orang yang merasa aman dan nyaman saat berbelanja online. Termasuk saat berbelanja barang clothing. Permintaan yang selalu meningkat untuk kebutuhan tersebut, membuat tak sedikit pebisnis clothing yang menawarkan produknya secara online. 

1. Melakukan Analisa dan Riset Pasar Terlebih Dulu

Saat akan memulai sebuah usaha atau bisnis, hal penting pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa dan riset pasar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh pasar. Apa yang diinginkan oleh konsumen, terutama penikmat clothing.

Kita bisa mengambil contoh pada banyak bisnis yang gagal di tahun pertamanya, karena menjual produk yang sebenarnya tidak diinginkan oleh pasar. Dari riset ini, Anda bisa mengetahui model seperti apa yang diinginkan pasar.

Untuk melakukan riset pasar, cara yang paling mudah bisa Anda lakukan dengan membuat sebuah kuesioner sederhana di internet. Buat pertanyaan yang menarik, dan cari tahu apa yang mereka inginkan dari jawaban-jawaban tersebut. Yang paling mudah, Anda bisa membuat polling di Twitter atau Instagram untuk mengetahui respon orang banyak. 

2. Menentukan Format Bisnis

Setelah berhasil mengetahui apa yang diinginkan pasar, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan perusahaan seperti apa yang ingin Anda bangun. Pada akhirnya, penting untuk menentukan format bisnis. 

Apakah Anda ingin menjual produk clothing yang sudah ready stock, berjualan item fashion, atau malah menjadi penyedia kaos dengan desain custom  sesuai dengan kemauan konsumen?

Penting bagi Anda untuk menentukan identitas. Entah ingin fokus sebagai vendor kaos, clothing line, distro atau bahkan clothing marketplace. Semua terserah Anda. 

3. Membuat Rencana Bisnis yang Jelas 

Sebagai pebisnis, salah satu hal yang juga tak kalah penting  adalah membuat rencana bisnis yang jelas. Kemana bisnis Anda akan diarahkan. Tentukan berapa lama waktu yang harus dicapai untuk mencapai target tersebut. 

Kebanyakan pebisnis, dalam bidang apapun beranggapan, bisnis yang penting mengalir seperti air. Tak masalah, ini hanya masalah pandangan saja. 

4. Memaksimalkan Satu Cara Pemasaran Terlebih Dulu 

Pemasaran adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Pada kasus ini adalah karena Anda bergerak di bisnis clothing secara online, berarti Anda harus melakukan pemasaran secara daring pula. Usahakan untuk fokus pada salah satu teknik online marketing terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Sukses Promosi Bisnis Furniture

Misalnya Anda ingin memaksimalkan marketing di Instagram, akan lebih baik bagi Anda untuk melakukan pemasaran di Instagram. Setelah pemasaran di Instagram sudah berjalan baik, maka langkah selanjutnya adalah melirik cara pemasaran digital lainnya. Seperti Twitter, SEO, SEM, marketplace, dan lain sebagainya. 

5. Buat Website Toko Online 

Berbisnis online tapi tidak memiliki website pastinya akan hambar. Rasanya belum afdol jika hanya punya akun media sosial saja untuk berjualan. Sebagian besar konsumen akan memilih toko yang sudah memiliki website.

Bisnis yang memiliki website toko online dianggap lebih serius dan bersungguh-sungguh. Calon pelanggan juga dapat melihat deskripsi produk yang lebih jelas di website. Untuk Anda ingin membuat website toko online, Jejualan punya paket website toko online dengan segala fiturnya yang fungsional dan memudahkan proses bisnis Anda nantinya. 

6. Memilih Supplier Material Terbaik

Pemasaran Anda sudah bagus, cukup sempurna, prospek sangat banyak. Tapi ada satu kekurangan, kualitas produk Anda jelek di mata konsumen. Karena itu, Anda sangat membutuhkan supplier yang mampu menyediakan material dengan kualitas terbaik.

Kualitas bahan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya repeat order. Apalagi untuk bisnis clothing secara online. Jika Anda ingin konsumen datang lagi ke toko Anda, maka Anda harus menyediakan produk clothing dengan kualitas terbaik.

Jangan berhenti untuk melakukan eksplorasi terus menerus dan jangan segan untuk mendengarkan masukan pelanggan. Jangan ragu juga untuk menetapkan harga pokok yang sedikit lebih mahal asal dengan material kualitas terbaik. Dengan begitu, akan terbangun kepercayaan dari konsumen, yang akan selalu membeli kaos dari Anda berapapun harganya. 

7. Belajar Copywriting Untuk Jualan 

Belajar copywriting untuk jualan adalah cara sukses bisnis clothing online selanjutnya. Copywriting menjadi istilah yang sangat familiar belakangan ini. Namun masih banyak pebisnis online yang belum tahu, apa sih sebenarnya arti dari copywriting. Copywriting adalah sebuah teknik menulis yang bertujuan untuk menarik respon pembaca yang diinginkan.

Maksudnya, copywriting dibuat agar pembaca mulai tertarik untuk membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang Anda inginkan dari tulisan tersebut. 

8. Jangan Melakukan Spamming

Spamming adalah tindakan yang sangat menyebalkan. Bahkan tak jarang banyak yang akhirnya memutuskan mengakhiri pertemanan di media sosial karena seringnya seseorang membuat postingan spam dan tagging secara berlebihan. Apakah Anda salah satunya? 

Jika demikian, segera hentikan praktik ini. Lakukan penjualan pada target pasar yang sudah Anda tuju. Bukan pada teman, kerabat, apalagi sanak saudara. Kecuali memang, mereka adalah target pasar yang Anda bidik. Alih-alih akan mendapatkan penjualan yang bagus, aktivitas spamming Anda hanya akan membuat Anda direport ramai-ramai oleh orang banyak. Tak mau, kan?

9. Fokus Berjuang Mengembangkan Usaha

Jika Anda ingin berfokus bisnis clothing secara online, yang harus Anda lakukan adalah untuk fokus untuk menjalankan rencana yang telah Anda buat sebelumnya. Tak perlu menoleh ke kiri dan kanan, Konsentrasilah pada apa yang Anda kerjakan. Nikmati setiap proses yang harus dilalui. 

Penutup

Bisnis clothing secara online memiliki banyak peminat. Untuk bisa sukses dan bertahan, kuncinya adalah ulet dan senantiasa mau belajar. 

Wujudkan ide bisnis Anda dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

 

Send Comment