Sedang mencari cara bagaimana bisa memulai sebuah bisnis online bagi pemula? Jika kamu memang sedang mencari hal semacam itu, maka kamu ada di tempat yang tepat. Seperti yang banyak orang tahu, akan selalu ada banyak sekali kendala ketika kamu mau terjun dan memulai bisnis online. Salah satunya adalah produk yang kamu jual tidak gampang laku, atau tidak laku sama sekali di pasaran. Kamu tahu apa penyebab hal itu terjadi? Salah satu alasannya akan terbahas di artikel ini sekaligus juga cara mengatasinya.

Sebagai informasi saja untuk kamu, bisnis online itu sangat menjanjikan di Indonesia. Hal ini terbukti dari tumbuhnya jumlah transaksi e-commerce di Indonesia. Bayangkan saja, dalam waktu 5 tahun, jumlahnya naik sampai 500%! Jadi, sejadinya tidak ada peristiwa produk yang tidak laku atau susah terjual. Tinggal bagaimana kamu menjual produk yang tepat, pada waktu yang tepat dan target yang tepat.

Berikut ini beberapa gambaran tentang cara memulai bisnis online bagi pemula:

Pengertian Bisnis Online Bagi Pemula

Sebelum kita masuk ke bagaimana cara memulai bisnis online bagi pemula, kita ketahui dulu apa itu bisnis online. Sebenarnya pengertiannya sangat sederhana. Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui media online atau internet. Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa dijalankan secara online. Seperti misalnya menjual barang atau juga jasa. Lalu bagaimana memulainya?

Bisnis-Online-Bagi-Pemula-03

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Kita sudah sedikit tahu mengenai apa itu bisnis online. Sekarang bagaimana caranya memulai bisnis online bagi pemula? Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar bisnis onlinemu itu bisa dioperasikan dengan mudah dan mendapatkan hasil yang optimal. Langkah-langkah ini juga sangat berguna untuk kamu yang hanya punya modal kecil dan bahkan belum pernah menjalankan sebuah bisnis online pun. Berikut stepnya;

Bisnis-Online-Bagi-Pemula-02

1.     Temukan Apa yang Dibutuhkan Banyak Orang

Pertama dalam memulai bisnis online bagi pemula adalah menemukan apa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Ingat, ketika kamu ingin menjual sebuah produk, kamu harus memastikan kalau pasar atau tempat jualan produk itu sudah kamu temukan dahulu. Setelah itu, kamu baru bisa menyediaan produk untuk target pasarmu. Lalu bagaimana caranya bisa menemukan produk atau barang yang dibutuhkan oleh banyak orang?

Pertama, carilah masalah yang paling sering dihadapi oleh orang lain. Kemudian carilah produk yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Untuk mencari produk semacam itu, kamu bisa melakukannya lewat internet. Pertama dengan bergabung di berbagai macam forum dan grup sosmed. Kamu juga bisa menemukannya dengan melakukan riset kata kunci yang paling sering dan paling banyak dicari orang. Untuk mendapatkan itu kamu cukup datang ke situs Google Trends atau pun Keyword Planner agar jumlah pencariannya lebih spesifik. Selanjutnya kamu juga bisa mempelajari apa yang dilakukan oleh orang-orang yang akan menjadi calon pesaingmu dalam bisnis tersebut dari website mereka. Setelah melakukan itu, kamu tinggal melakukannya lebih baik dari pada pesaingmu.

Bisnis-Online-Bagi-Pemula-04

2.     Tidak Punya Modal Bukan Penghalang!

Banyak orang yang tidak berani memulai bisnis online karena tidak memiliki modal. Padahal modal bukan segala-galanya! Bisnis online bagi pemula bisa kalian lakukan tanpa modal lho! Masak sih? Tentu saja! Kamu bisa mencoba melakukan sistem dropship yang sedang ngetrend akhir-akhir ini. Dalam sistem ini kamu tak perlu modal. Kamu hanya perlu menjual barang dari penjual yang lebih besar dengan harga yang sedikit lebih mahal. Pelan-pelan bisnis online mu pasti akan menemukan tempatnya.

3.     Copywriting itu Penting!

Ketika kamu sudah menemukan apa masalah yang sering dihadapi banyak orang dan juga produk yang bisa mengatasi masalah tersebut, sekarang buatlah sebuah copywriting. Apa itu copywriting? Secara sederhana, copywriting adalah sebuah teknik dalam menulis yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi pembacanya. Copywriting ini lebih akrab di ruang lingkup periklanan. Karena setiap kata yang dibuat punya tujuan meyakinkan pembaca agar membeli. Copywriting merupakan bagian yang sangat penting. Jika kamu tak memiliki copywriting yang kuat, maka kamu juga tidak bisa menggaet pembeli. Tapi ketika kamu memiliki copywriting yang kuat, maka penjualan produkmu bisa jadi meningkat. Ada banyak sekali teknik untuk melakukan copywriting. Salah satunya dengan melakukan NLP, atau sederhananya menghipnotis secara tidak disadari para pembaca untuk kemudian tertarik dengan produkmu dan kemudian membeli produk tersebut.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam copywriting. Pertama kamu bisa membuat sebuah judul yang menarik. Kamu bisa memulai judul tersebut dengan pertanyaan, dengan angka, atau kata-kata yang menarik lainnya. Selanjutnya jelaskan dengan baik dan sederhana manfaat dari produkmu tersebut. Bila perlu sertakan data-data valid dengan angka yang menarik. misalnya anda hendak menjual produk peninggi badan. Kamu bisa menyertakan persyaratan masuk TNI dengan angka-angka tinggi badan yang disyaratkan. Angka-angka yang pasti bisa membuat orang tertarik pada produk anda.

Selanjutnya, dalam copywriting, kamu bisa menambahkan testimoni untuk meyakinkan pengunjungmu. Lalu berikan penawaran yang menarik, seperti misalnya diskon, gratis ongkir, dan lain sebagainya. Dalam copywriting, pemilihan gambar juga penting. Pilihlah gambar yang meyakinkan, bagus, dan mewakili produk tersebut. Kamu juga bisa menambahkan garansi agar pembelimu semakin percaya pada produk yang kamu jual.

Selalu ciptakan kondisi yang urgen dalam tulisanmu. Hal ini tujuannya agar mereka bisa langsung melakukan call to action. Contohnya tulisan yang menciptakan urgensi adalah “Harga Rabu Naik” atau “Hanya berlaku hari ini!” dan lain sebagainya.

4.     Buatlah Website untuk Bisnismu

Ketika kamu sudah mengetahui pasar yang tepat untuk produkmu, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat sebuah website. Kamu bisa membuatnya di IDwebhost. Membuat website adalah salah satu bagian penting dalam memulai bisnis onlie bagi pemula. Ketika kamu memiliki website, kamu bisa menampilkan produkmu dengan lebih berkelas. Tak hanya itu, dengan memiliki sebuah website, kamu akan jauh lebih dipercaya oleh banyak orang. Bisnis onlinemu jadi lebih kredibel.

Awalnya kamu Cuma perlu membuat sebuah website yang simple saja. Ada banyak sekali sekarang cara mudah untuk membuat sebuah website. Kamu tinggal menyewa domain dan hosting, lalu memasang tema seperti yang kamu inginkan. Ada banyak sekali penyedia layanan hosting dan domain yang akan membantumu melakukan hal tersebut.  Hal terpenting dalam membuat website adalah jangan sampai website tersebut terlalu rumit. Buatlah yang simple tapi terlihat sempurna. Kamu bisa menggunakan satu atau dua jenis huruf saja. Lalu kamu juga bisa menambahkan menu yang sama di setiap halaman dan lain sebagianya.

Bisnis-Online-Bagi-Pemula-05

 

5.     Cari Pengunjung dari Mesin Pencari

Setelah kamu memiliki sebuah website, lakukan kegiatan yang namanya SEO atau Search Engine Optimization. Kegiatan itu adalah optimasi website agar pengunjungnya banyak. Usahakan mendapatkan pengunjung secara organik. Kenapa? Meskipun sulit, pengunjung organik memberikan efek jauh lebih baik pada websitemu. Karena mereka adalah pengunjung organik, maka bisa jadi mereka orang yang memang benar-benar membutuhkan produk yang kamu jual.

Ada banyak cara untuk mendapatkan pengujung dari mesin pencari. Salah satunya adalah menggunakan SEO. Kamu bisa memakai plugin SEO yang tersedia. Seperti Yoast dan lain sebagainya.

6.     Build Your Reputation

Jangan lupa untuk perlahan-lahan membangun reputasi dari bisnismu itu. Dengan membangun reputasi baik, kamu bisa meningkatkan penjualan dan pembeli setia. Kamu bisa bergabung dengan banyak forum atau grup sosmed. Pastikan juga kamu selalu aktif di forum itu dengan menjawab pertanyaan dari anggota grup itu. Pastikan juga jawaban kamu solutif.

Kamu juga bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk membangun reputasi itu. Dengan semakin banyak orang yang tahu bahwa kamu memiliki artikel bermanfaat tentang produkmu, mereka akan semakin percaya. Mereka bahkan akan bilang “Ini bukan Cuma jualan, tapi juga ngajarin, bagus nih!”

7.     Jaga Loyalitas Pembeli

Setelah orang membeli sekali di tempatmu, usahakan selalu kamu “pelihara”. Tujuannya adalah untuk membuat pembeli jadi setia dan selalu kembali untuk membeli barangmu lagi. Semakin banyak pembeli yang loyal, bisnismu akan semakin berkembang.

Itu tadi beberapa tips bisnis online bagi pemula yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Send Comment

Captcha *