Pada saat ini, siapa yang tak kenal dengan kamera. Jika dulu hanya kalangan tertentu yang bisa bersentuhan langsung dengan kamera, sekarang sebaliknya. Hidup kita sangat dekat dengan alat penangkap cahaya ini. Ya, bisa dibilang, kamera merupakan fitur wajib yang harus ada di smartphone. Jika ada smartphone yang tidak menyelipkan mode kamera, sudah pasti jadi bahan tertawaan orang. 

Namun bagi beberapa orang, kamera yang tertanam di ponsel dianggap belum cukup untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi orang-orang yang bergelut dengan dunia kreatif, seperti fotografer. Tak jarang, seorang fotografer dan videografer butuh lebih dari satu jenis kamera. Membeli kamera untuk masing-masing peruntukan dirasa tidak efektif, karena ongkos perawatan kamera juga tidak murah. Dan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menyewa. 

Bisnis sewa kamera kini menjamur di mana-mana. Dengan persaingan yang makin ketat, seorang pengusaha rental harus memutar otak, menemukan cara yang tepat agar kameranya laris disewa orang. 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan semua, tentang cara promosi bisnis rental kamera agar laris. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengenal Bisnis Rental Kamera

Bisnis rental kamera belakangan ini muncul bukan tanpa sebab. Peminatnya sangat banyak. Terutama di kalangan anak muda.

Memotret kini sudah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Dari awalnya hobi, banyak yang kemudian menjadikannya sebagai profesi. Ketika membeli kamera baru belum begitu perlu, menyewa bisa jadi alternatif. 

Tentu kita semua tahu, harga kamera digital dengan kualitas yang baik berfitur lengkap juga tidak murah. Selain itu, pemilik kamera juga harus melakukan perawatan yang maksimal agar kamera tidak cepat rusak. Maka tak heran bisnis rental kamera muncul di mana-mana. Dengan menyewa, konsumen yang masih belum bisa membeli kamera sesuai dengan keinginannya akan terbantu. Sedangkan bagi pemilik usaha rental, ini adalah peluang yang menjanjikan. 

Cara Promosi Bisnis Rental Kamera

Dengan semakin banyaknya rental kamera yang bermunculan, menentukan cara promosi yang tepat harus dilakukan. Promosi yang tepat bisa meningkatkan peluang agar bisnis rental Anda laris dan diminati orang. Berikut ini adalah beberapa cara promosi bisnis rental kamera yang bisa Anda terapkan: 

1. Memasarkan Produk Anda Dengan Toko Online

Saat ini, internet sangat mempengaruhi cara orang mengkonsumsi produk dan layanan. Hanya dengan smartphone, orang lebih mudah untuk mencari informasi sebuah produk. Dan peluang inilah yang harus bisa ditangkap. 

Website toko online dapat membuat bisnis Anda ke tingkat yang berbeda. Akan sangat sayang rasanya, jika Anda memiliki produk yang bagus, tapi tidak memiliki website toko online. Bisa saja Anda kehilangan pelanggan potensial. 

Misalnya, Anda memiliki bisnis rental kamera di Jogja. Dengan website toko online, bisnis rental Anda akan besar peluangnya ditemukan oleh calon pelanggan yang mencari “rental kamera Jogja” di Google. 

Anda bisa menawarkan pelanggan pilihan untuk menyewa perlengkapan secara online. Pelanggan bisa melihat seluruh katalog Anda dari ujung jari di warung kopi. Nyaman. 

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online di Facebook

2. Menggunakan Sosial Media 

Sejak pertama kali muncul, media sosial memiliki pertumbuhan begitu cepat. Hasilnya adalah, hadirnya strategi pemasaran menggunakan media sosial, atau yang akrab disebut dengan social media marketing, atau SMM.

Jenis strategi marketing yang satu ini dianggap efektif untuk menawarkan produk, termasuk rental kamera. Anda dapat menawarkan rental kamera menggunakan berbagai platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube.

Konten pemasaran yang digunakan umumnya berupa tulisan, gambar, dan video. Buatlah konten yang bagus agar calon pelanggan tertarik dengan kamera yang Anda sewakan. Bahkan kini hampir semua platform media sosial memiliki fitur iklan berbayar yang dapat digunakan untuk memunculkan iklan ke pengguna media sosial yang telah ditargetkan. Sangat menarik, bukan? 

3. Menawarkan Diskon

Bagaimanapun, memberikan diskon adalah salah cara yang dipercaya untuk menarik lebih banyak pelanggan. Konsumen sering melihat diskon sebagai kesempatan untuk efisiensi. Mereka ingin menikmati layanan dengan harga yang jauh lebih murah. Dan kadangkala, pelanggan akan memaksimalkan diskon karena belum tentu mendapatkan banyak fitur dengan harga murah di lain waktu. 

Misalnya, Anda bisa menawarkan paket sewa yang berbeda pada masing-masing kebutuhan pelanggan. Bahkan, Anda bisa membundling kamera dengan aksesoris pendukung dengan harga yang lebih murah. Paket bundel seperti ini sangat ampuh untuk menarik atensi pelanggan. 

Menyediakan add on untuk perlengkapan kamera Anda merupakan ide yang bagus. Selain itu, jangan lupa juga untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dengan diskon. Anda bisa menawarkan untuk repeat order, agar mereka datang lagi dan datang lagi pada Anda. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sekaligus brand awareness. 

4. Menjaga Stok 

Ketika  memulai bisnis rental kamera, fokuslah pada kualitas daripada kuantitas. Penting bagi pengusaha rental kamera untuk selalu menyediakan kamera dan aksesori yang sedang diminati. Cara ini dapat membantu Anda untuk menargetkan calon konsumen yang ada di dekat Anda dengan baik. 

Anda bisa bertanya pada pelanggan, kira-kira apa yang mereka cari. Mulai dari kelas kamera yang diinginkan, merek apa yang disukai, dan aksesori tambahan yang mungkin saja dibutuhkan. 

Berdasarkan informasi yang Anda dapatkan dari pelanggan tadi, Anda bisa menyediakan peralatan yang memang paling dibutuhkan oleh konsumen. Bukan malah menghabiskan banyak uang berbagai peralatan yang tidak masuk dalam kebutuhan pasar Anda. 

5. Mengoptimalkan Search Engine Marketing 

Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu strategi pemasaran online yang masih sangat efektif digunakan di tengah persaingan digital yang kian sengit dan ketat seperti saat ini. SEM bertujuan untuk membuat nama brand muncul di halaman utama Search Engine Result Page (SERP). Cara kerjanya adalah, dengan pemasang iklan menargetkan kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan bisnis sewa kamera. 

6. Menjalankan Teknik SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah rangkaian strategi sistematis yang digunakan untuk membuat blog atau website dapat berada di halaman utama hasil pencarian. Seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. SEO berguna untuk meningkatkan pengunjung ke website menggunakan kata kunci yang telah ditargetkan sebelumnya.

Penutup

Bisnis rental kamera menjamur seiring dengan makin banyak orang yang menyukai dunia fotografi. Untuk memenangkan persaingan, perlu cara promosi yang tepat. 

Wujudkan ide bisnis rental kamera Anda dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

 

Send Comment