Dewasa ini, ada sangat banyak pilihan bisnis yang bisa dijalankan oleh masyarakat. Mulai dari food and beverages, jasa kursus online, hingga bisnis yang pernah sangat booming pada awal tahun 2000an awal, yaitu bisnis kaos distro. Bersamaan dengan bisnis kaos distro, peminat bisnis t-shirt printing, juga semakin meroket. Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun, bahkan oleh mahasiswa yang sedang membutuhkan uang saku tambahan. Segera memulai bisnis t-shirt printing bisa jadi salah satu solusi. Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi pada Kanca Jejualan, tentang cara bisnis t-shirt printing untuk pemula. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Harus Bisnis T-Shirt? 

Mendirikan bisnis t-shirt printing tampaknya sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Bisnis kaos jenis ini memang menggiurkan. Pasarnya pun sangat luas, terutama pada pasar anak muda yang ingin tampil berbeda. Harga t-shirt pun cukup terjangkau untuk banyak kalangan.

Permasalahan utama mengenai bisnis kaos dan dianggap sebagai salah satu halangan besar adalah modal. Ini bisa terlihat di forum-forum pengusaha kaos, dimana sebagian pengusaha kaos berbicara tentang modal untuk bisnis t-shirt adalah hal yang dianggap sebagai tantangan yang dapat menghambat usaha. Padahal, sebetulnya hal ini bukanlah hal utama dalam sebuah rancangan untuk memulai bisnis kaos. 

Sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia, bisnis pakaian, dalam hal ini t-shirt tidak akan pernah sepi dari peminat. Namun, hal ini tentu sebanding dengan ketatnya persaingan di bisnis yang satu ini.

Menjadi seorang pemula di dunia usaha kaos bukanlah sesuatu yang harus dijalani dengan rasa khawatir akan ketatnya sebuah persaingan. Dengan perencanaan bisnis yang tepat, tantangan dan peluang yang ada bisa menjadi hal yang menghasilkan.

Cara Bisnis T-Shirt Printing Untuk Pemula

Salah satu hal yang menjadikan sebuah bisnis menarik adalah, ide unik yang Anda usung pada bisnis Anda. Pebisnis di bidang t-shirt mungkin saja sangat banyak, tapi dengan keunikan yang dimiliki, semakin besar produk Anda dilirik oleh pasar. Berikut ini adalah tips cara bisnis t-shirt printing yang bisa Anda terapkan: 

1. Pemilihan Sablon 

Terdapat dua pilihan sablon yang bisa Anda gunakan, yaitu sablon manual dan sablon jenis printing. Dan, tren kaos saat ini, kebanyakan sudah menggunakan sablon digital alias printing. Tapi masih banyak juga yang masih meggunakan konsep sablon manual, alih-alih digital. Berikut ini adalah perbedaan cara kerja sablon manual dan sablon digital. 

Sablon Manual

– Untuk sablon manual, langkah pertama yang harus dilakukan adalah afdruk. Afdruk adalah proses menyapu tinta di atas screen, sehingga tinta dapat mengikuti pola sablon. 

– Berikutnya adalah proses penyablonan. Agar tinta tidak meluber, Anda bisa meletakkan plaster di pinggiran gambar yang disablon. 

– Setelah proses penyablonan selesai, langkah selanjutnya adalah menghapus tinta sablon menggunakan obat pembersih screen yang dilarutkan dengan air. Bersihkan screen menggunakan spons, lalu bilas dengan air bersih. Keringkan dengan bantuan dari sinar matahari. 

Baca Juga : Bisnis Kaos Modal Kecil, Apa Bisa? 

Sablon Digital Printing

Ada dua jenis sablon digital. Yaitu menggunakan mesin kertas transfer dan yang dilakukan langsung pada baju, atau yang disebut dengan DTG (Direct to Garment). Perbedaannya adalah cara kerjanya. 

Pada jenis pertama, desain sablon akan dicetak lewat komputer dan menggunakan mesin cetak yang telah diisi dengan tinta dalam bentuk terbalik. Kemudian ditekan dengan mesin heat press, sehingga desain bergerak dalam bentuk normal dari bahan baju. 

Untuk jenis kedua, gambar dicetak dari komputer dan kain ditempelkan di printer DTG. Bisa segera dicetak tanpa menggunakan perantara. 

2. Melakukan Riset Pasar 

Saat akan memulai bisnis, hal yang tak kalah penting dan harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Riset pasar bertujuan untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh pasar.

Anda dapat mengambil contoh mengapa banyak bisnis yang gagal di tahun pertamanya, karena menjual produk yang sebenarnya tidak diinginkan oleh pasar. Hasil riset ini, Anda bisa mengetahui model t-shirt seperti apa yang diinginkan pasar. 

3. Memilih Model Bisnis

Setelah mengetahui apa yang menjadi keinginan pasar, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan model bisnis seperti apa yang ingin Anda bangun. Memang, Anda akan menjual t-shirt, tetapi bagaimana formatnya?

Misalnya, apakah Anda ingin menjual kaos yang sudah ready stock, berjualan kaos polos, atau malah menjadi penyedia kaos dengan desain custom  sesuai dengan kemauan konsumen? Menjadi penting Anda untuk menentukan identitas. Apakah ingin fokus sebagai vendor kaos, clothing line, distro atau bahkan online marketplace. Semua terserah Anda. 

4. Memaksimalkan Marketing

Marketing adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Misalnya, Anda berjualan kaos secara online, berarti Anda harus melakukan pemasaran daring. Yang harus Anda perhatikan adalah, berfokus pada salah satu teknik digital marketing terlebih dahulu.

Misalnya Anda ingin memaksimalkan marketing di Instagram, akan lebih baik bagi Anda untuk memulai pemasaran di Instagram. Setelah marketing di Instagram berjalan baik, maka selanjutnya adalah melirik cara pemasaran digital lainnya. Seperti Twitter, SEO, SEM dan lain sebagainya. 

5. Membuat Website 

Bisnis yang memiliki website dianggap lebih serius dan profesional. Di sana, orang dapat melihat deskripsi produk yang lebih jelas dengan adanya website. Jika Anda ingin membuat website toko online, Jejualan punya paket website toko online dengan berbagai fitur yang fungsional dan memudahkan proses bisnis Anda kemudian.

 6. Memilih Pemasok Bahan Terbaik

Pemasaran Anda sudah sangat bagus, prospek sangat banyak tapi tidak dibarengi dengan kualitas produk yang baik. Ini sama dengan langkah mundur. Maka itu, Anda sangat membutuhkan pemasok bahan yang mampu menyediakan produk dengan kualitas terbaik.

Mengapa ini sangat penting? Karena kualitas bahan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya order berulang. Kalau Anda ingin konsumen datang lagi pada Anda, maka Anda harus menjual kaos dengan kualitas terbaik. 

7. Mempelajari Copywriting

Copywriting adalah sebuah istilah yang sangat sering terdengar belakangan ini. Namun masih banyak orang yang belum tahu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan copywriting. Copywriting adalah sebuah teknik menulis dengan bertujuan untuk menarik respon pembaca yang diinginkan.

Maksudnya copywriting dibuat agar orang mulai tertarik untuk membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang Anda inginkan dari tulisan tersebut. 

Penutup

Bisnis t-shirt adalah bisnis dengan peluang keuntungan yang menjanjikan. Asal tahu caranya, bisnis Anda bisa lebih dikenal. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda tentang cara bisnis t-shirt printing. 

Wujudkan ide bisnis Anda sekarang juga dengan website toko online Jejualan. Dapatkan segala fitur terbaik sebuah toko online. Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment