Tumblr-3-640x440

Menurut laporan dari Intelijen Sosial Adobe, Tumblr berada di peringkat 1 dalam sentimen sosial terhadap bisnis. Tidak hanya itu, 70 persen pengguna mengatakan Tumblr adalah tempat favorit mereka untuk menghabiskan waktu online. Dengan lebih dari 200 juta blog aktif yang menerbitkan 80 juta postingan setiap hari di Tumblr, bisnis Anda memiliki kesempatan besar untuk menjangkau audiens. Melalui volume seperti itu, Anda juga perlu menemukan cara untuk menonjol dari pesaing lainnya.

Cara Beriklan Di Tumblr

Sponsored Posts

Sponsored Posts di Tumblr adalah sebuah iklan yang muncul di dashboard pengguna namun mempertahankan tampilan dan nuansa konten organik. Misalnya, jaringan televisi FX mengembangkan sebuah kampanye Sponsored Posts untuk mempromosikan pertunjukan barunya. Mereka menciptakan konten editorial termasuk GIF, ilustrasi, dan fotografi asli yang sesuai dengan strategi bisnis. Kampanye tersebut berhasil dengan jumlah follower FX yang meningkat 86 persen dan tingkat keterlibatan meningkat 2,8 persen.

Sponsored Posts telah terbukti bekerja dengan baik, seperti yang dijelaskan oleh Tumblr sendiri “sebuah bisnis akan disambut sebagai pencipta konten yang ingin dilihat pengguna”. Dari konsumen yang telah melihat Sponsored Posts, 70 persen mengatakan bahwa mereka menganggap bisnis terkait lebih menguntungkan hasilnya. Lebih dari separuh pengunjung Tumblr mengambil tindakan dan melanjutkan penelitian mengenai iklan tersebut sesudahnya. Seperti pilihan iklan pada platform sosial lainnya, Sponsored Posts dapat ditargetkan berdasarkan parameter seperti jenis kelamin, lokasi, dan minat pengguna. Mereka juga bisa dihubungkan ke Yahoo untuk visibilitas dan jangkauan lebih lanjut.

Sponsored Video Posts

Seperti yang dijelaskan oleh Tumblr, Sponsored Video Posts menawarkan video asli untuk web dan mobile dalam format seperti Sponsored Posts yang Anda sukai. Sponsored Video Posts menawarkan opsi penargetan seperti halnya Sponsored Posts namun dengan kemampuan analisis tambahan untuk tampilan, perulangan, dan keterlibatan. Untuk visibilitas tambahan, Sponsored Video Posts diputar secara otomatis di dashboard Tumblr pengguna dan video akan menyertai pengunjung saat mereka menggulir ke bawah halaman.

Maynards Kanada menggunakan Sponsored Video Posts dan Sponsored Posts reguler untuk mempromosikan lini permen baru mereka, Maynard Beanz. Seiring dengan video tersebut, perusahaan menggunakan tag #whereyoubeanz untuk meningkatkan keterlibatan dan kesadaran brand. Kampanye tersebut menghasilkan peningkatan kesadaran brand sebesar 1,6 kali, daya tarik iklan 10 kali, dan meningkatkan niat beli sebesar 2,13 kali. Tumblr menjelaskan “Video autoplay melibatkan pengguna meskipun mereka bergulir melewatinya”. Kampanye dari Maynards menunjukkan betapa pentingnya menyertakan video dalam kampanye iklan untuk menjangkau pengguna yang tidak terlibat aktif dengan konten di dashboard mereka.

Sponsored Day

Pilihan Sponsored Day dari Tumblr menawarkan kesempatan periklanan yang unik. Menurut Tumblr, ini bermaksud meningkatkan pembelian dan penarikan iklan dua kali lebih tinggi di antara pengguna yang telah melihat kampanye Sponsored Day. Dengan kampanye semacam ini, Tumblr memberi brand pin pada logo dan tagline mereka ke bagian atas semua dashboard pengguna selama 24 jam. Seperti yang dijelaskan Tumblr “apa pun kisah yang ingin diceritakan oleh brand Anda dapat disertakan di dashboard untuk memberitahukannya”.

Nike adalah brand pertama yang menjalankan Sponsored Day sebagai bagian dari kampanye #betterforit yang mempromosikan lini baru dalam perlengkapan latihan bagi perempuan. David Hayes, Kepala Strategi Kreatif Tumblr menjelaskan bahwa dengan Sponsored Day brand tersebut dapat menguratori sejumlah besar konten dari masyarakat. Dalam kampanye Nike ini, kontennya bisa berasal dari komunitas atau blog dari brand itu sendiri.

Send Comment