Siapa yang tidak kenal dengan Facebook, media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 kini telah menjadi media sosial terbesar di dunia. Facebook menjadi besar tentu bukan tanpa sebab. Karena semua yang orang cari tersedia di Facebook. Dari yang mulanya sebagai media untuk saling berinteraksi, Facebook terus bermetamorfosa hingga sekarang dapat digunakan sebagai tempat untuk berbisnis yang sangat ampuh.

Salah satu yang menunjang aktivitas bisnis online di Facebook begitau menggeliat adalah platform bernama Facebook Ads. Facebook Ads pelan tapi pasti menjadi platform iklan digital yang sangat diminati oleh orang banyak. Keseriusan Facebook menggarap platform Marketplace membuat pengguna Facebook Ads meningkat pesat.

Jika Anda memiliki bisnis online yang sedang berjalan saat ini, pastikan untuk tak ketinggalan menggunakan Facebook Ads. Kami akan membagikan cara membuat Facebook Ads untuk Kanca Jejualan semuanya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Toko Online di Facebook

Mengenal Facebook Ads

cara membuat facebook ads

Facebook Ads. Platform ini adalah media periklanan yang khusus ditujukan bagi pengguna Facebook, dengan target audiens yang juga pengguna Facebook. Audiens biasanya akan melihat iklan yang tampil berada di beranda, atau di sidebar. Pilihan jenis iklan yang disediakan juga amat beragam. Ada iklan video, iklan gambar, dan iklan berbasis teks.

Kategori iklan sesuai tujuan juga sangat ada banyak. Misalnya untuk impression, traffic, lead, dan lain sebagainya.

Kelebihan Facebook Ads

Karena jumlah penggunanya banyak dan semakin bertambah setiap waktu, tentu timbul pertanyaan: apa kelebihan yang dimikliki oleh Facebook Ads? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya:

Jumlah pengguna aktif melimpah

Sebagai media sosial terbesar di dunia, pengguna Facebook tidak hanya melimpah tapi juga sangat aktif. Diketahui, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam lebih setiap harinya untuk berinteraksi di Facebook.

Demografi pengguna luas

Bukan hanya memiliki pengguna yang banyak, Facebook juga memiliki demografi pengguna yang luas. Dari pria, wanita, beragam rentang usia dan pekerjaan.

Target yang spesifik

Dengan pengguna yang banyak ditambah demografi pengguna luas, hal ini bisa menjadi modal bagi Anda untuk menentukan target iklan secara lebih spesifik lagi.

Cara Membuat Facebook Ads

cara membuat facebook ads

Ketika Anda memiliki niat untuk  menggunakan Facebook Ads dengan tujuan bisnis hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatahui informasi pembayaran untuk memasang iklan di Facebook. Berikut ini adalah panduan dari Jejualan:

Pertama – Masuk ke pengaturan akun

Untuk masuk ke pengaturan akun,, tentu Anda harus login ke Facebook menggunakan akun Anda sendiri.

Kedua – Mengisi informasi detail

Selanjutnya  Anda akan diminta untuk mengisi form dari atas hingga bawah. Informasi yang harus Anda isi pertama kali adalah nama akun. Pilih nama akun yang sederhana. Misalnya menggunakan fanpage yang sebelumnya telah Anda buat.

Ketiga – Mengisi informasi tambahan

Kemudian, Anda akan mengisi informasi tambahan lainnya. Form ini nantinya akan digunakan untuk penagihan pembayaran. Anda harus memeriksanya dengan seksama, untuk memastikan semua data yang terisi sudah benar.

Di halaman ini, Anda akan mendapatkan penjelasan tentang email iklan, pemberitahuan iklan, dan banyak hal lainnya. Pelajarilah dahulu sebelum benar-benar menyimpan perubahnnya.

Di halaman tagihan, Anda bisa menambahkan kartu kredit ke akun Facebook Ads. Alangkah baiknya Anda juga menggunakan pembayaran sekunder. Ini penting sebagai antisipasi jika kartu kredit Anda mencapai limit atau diblokkir dengan berbagai macam alasan.

Jika Anda memutuskan menggunakan kartu kredit, maka Anda diharuskan untuk memasukkan nomor kartu kredit, jenis kartu, dan informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Pun, Anda juga bisa mengubah metode pembayaran. Namun satu hal yang harus Anda ingat adalah, Anda tidak bisa menghapus sumber tagihan jika sudah terlanjur menambahkannya. Yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan sumber pendanaan sebagai metode pembayaran nantinya.

Cara Perhitungan Biaya Iklan di Facebook Ads

Di Facebook Ads, cara penghitungan iklan terbagi menjadi dua model, yaitu Cost Per Clik (CPC) dan Cost Per Mile (CPM). Agar lebih mudah memahaminya, berikut ini penjelasan dari kedua metode tersebut:

CPC

Pertama adalah CPC atau Cost Per Click. CPM sendiri adalah model tayang iklan, dimana Anda sebagai pemasang ikla akan dikenakan biaya setiap kali iklan Anda diklik oleh customer. Artiya, jika iklan Anda tidak ada yang mengklik maka tak ada biaya yang perlu Anda keluarkan.

Dalam penentuan biaya iklan jenis ini, Facebook akan mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain, seperti apa bidang pemasaran Anda, kemana Anda akan mengarahkan audiens yang mengklik iklan, dan yang terakhir adalah tingkat persaingan dengan kompetitor. Biasanya, untuk pasar Indonesia, biaya iklan berkisar antara 650 hingga 1.550 rupiah.

CPM

Kemudian ada CPM. Tenang, ini bukan Corps Polisi Militer. Tetapi kependekan dari Cost Per Mile. CPM sendiri adalah iklan tayang di mana Anda harus membayar iklan yang ditayangkan setiap kali iklan Anda muncul. Maknanya, sebagai pemasang iklan, Anda harus membayar jika iklan Anda telah disaksikan oleh 1000 impresi atau tampilan.

Walaupun Anda tidak diklik oleh audiens, Anda tetap harus tetap berkewajiban membayarnya. Facebook mempertimbangkan biaya iklan terkait dengan bidang bisnis, target, dan beberapa pertimbangan lain yang serupa dengan iklan CPC.

Membuat Iklan Facebook Ads

cara membuat facebook ads

Sekarang Anda telah memiliki akun Facebook Ads. Dan yang harus Anda lakukan sekarang adalah membuat iklan yang bagus. Tetapi sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

Tetapkan tujuan iklan Anda

Untuk menetapkan tujuan iklan, mulailah dengan klik Buat Iklan dari halaman Facebook Anda. Kemudian akan tersedia beberapa pilihan tujuan pembuatan iklan. Diantaranya mengarahkan orang ke website, meningkatkan konversi, atau mempromosika halaman Anda.

Menyiapkan gambar

Setelah menetapkan tujuan iklan, sekarang saatnya merancang iklan Anda. Dan hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah memilih gambar untuk digunakan sebagai display. Ada tiga cara untuk menambahkan gambar. Langsung dari komputer, image library, atau dari link internet.

Menyusun copy iklan

Salah satu hal ketika membuat iklan Facebook adalah menyusun kalimat iklan atau copy. Anda harus memperhatikan tiga bagian utama saat membuat copy iklan. Yaitu judul, teks, dan link.

Judul hanya memiliki 25 karakter saja. Lebih dari itu, teks tidak bisa muncul di iklan yang Anda buat. Untuk teks iklan dan link deskripsi, masing-masing memiliki batas 90 karakter.

Mengatur penempatan iklan

Facebook menawarkan beberapa spot penempatan iklan. Tempat-tempat tersebut antara lain newsfeed, mobile, dan kolom sidebar. Banyak yang menganggap iklan yang ditempatkan di sidebar hanya buang-buang uang saja. Padahal tak pernah tahu jika belum mengujinya.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah bukan cara membuat Facebook Ads? Semoga artikel ini memberikan pemahaman baru bagi Anda tentang cara membuat iklan Facebook Ads yang tepat.

Go digital dan tingkatkan penjualan Anda dengan website toko online dari Jejualan. Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

Send Comment