Cara memilih format gambar untuk website memberikan kemudahan pada anda untuk bisa memilih mana format yang tepat dan sesuai untuk diterapkan pada website yang anda miliki. Pada dasarnya ini adalah sesuatu hal yang sangat mudah dilakukan. Dengan adanya penerapan pilihan website yang tepat tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat dan kemudahan yang bisa anda capai didalamnya. Dengan banyaknya penggunaan dan format gambar yang bisa anda pilih, tentu anda akan bisa memaksimalkan fungsinya guna membuat website anda tampil lebih eksklusif dan juga meningkatkan SEO yang ada didalam website anda. Hal ini akan membuat website anda lebih mudah dalam menghadapi persaingan yang ada didalamnya.

Kenapa Wawasan Cara Memilih Format Gambar Untuk Website Sangat Penting?

Pertanyaanya adalah, mengapa wawasan mengenai cara memilih format gambar untuk website sangat amat penting diterapkan? Hal ini jelas didasari oleh alasan strategi marketing dan estetika yang ada didalamnya. Pastinya anda tahu bahwa ada lebih dari 60 persen pengguna internet yang memiiki kecenderungan untuk memilih hasil pencarian gambar tertentu yang ada didalamnya. Dengan adanya berbagai macam konten visual yang terdapat pada mesin pencari, maka anda bisa memaksimalkan penggunaanya dengan mudah.

Cara Memilih Format Gambar Untuk Website

jejualan.com

Anda perlu memahami bahwa performa gambar yang ada didalamnya juga akan memberikan pengaruh signifikan terhadap performa dari website itu sendiri. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa gambar itu sendiri akan bisa  berpengaruh pada loading speed suatu website terkait. Di sinilah page load speed akan memberikan kesulitan kepada pengguna untuk bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Belum lagi, pada tahun 2010 silam, Google juga telah mengumumkan salah satu faktor yang nantinya akan dipertimbangkan dalam algoritma mesin pencari adalah kecepatan dari website itu sendiri. Dari sini bisa dilihat bahwa Google akan bisa melakukan optimasi dengan lebih mudah atau mengindex halaman tertentu dengan lebih mudah jika gambar yang ada didalamnya juga memiliki format yang tepat. Dari sinilah cara memilih format gambar untuk website amat sangat penting untuk diterapkan didalamnya.

Jenis Format Gambar Untuk Website

Mari masuk ke tahap berikutnya dalam cara memilih format gambar untuk website. Perlu anda ketahui bahwa ada banyak jenis format gambar bagi website yang bisa anda pilih dan pergunakan didalamnya. Antara lain pilihannya adalah sebagai berikut:

Pertama: Vektor

Opsi yang pertama adalah vektor. Dengan adanya pilihan yang satu ini maka akan memudahkan bagi anda untuk membuat jenis atau pilihan gambar yang sangat fleksibel didalamnya. Anda pun akan mampu menciptakan sebuah gambar dengan ketajaman yang maksimal. Vektor akan memberikan keuntungan tersendiri bagi grafik desainer untuk bisa memberikan langsung kemudahan yang ada didalamnya bagi mesin pencari itu sendiri.

Kedua: Raster

Anda juga bisa memilih opsi selanjutnya, yakni Raster. Dengan adanya penerapan cara memilih format gambar untuk website ini maka akan memudahkan anda untuk menciptakan sebuah gambar dengan format yang tepat. Dari sini pilihan Raster memberikan kecenderungan untuk mendapatkan ukuran file yang besar. Tapi tentu ini harus dihindari ketika anda ingin membuat sebuah website.

Cara Memilih Format Gambar Untuk Website

jejualan.com

Ketiga: GIF

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan format yang satu ini. Pada cara memilih format gambar untuk website, tentu saja GIF adalah sebuah format yang mampu memunculkan animasi yang singkat pada website itu sendiri. Tampilannya juga pastinya cukup menarik unuk digunakan didalamnya. Ada pilihan format yang terdiri dari 8 bit per pixel yang bisa digunakan didalamnya.

Keempat: JPEG/JPG

Opsi lainnya dalam cara memilih format gambar untuk website adalah menggunakan format yang satu ini. Dimana format ini dipakai di banyak sekali 73% website yang ada di seluruh dunia. Dengan adanya website tersebut, sudah pasti akan lebih banyak sekali keuntungan yang akan bisa didapatkan didalamnya. Format JPEG juga menjadi sebuah format terbaik karena pastinya mudah dikompresi dengan baik didalamnya.

Cara Memilih Format Gambar Untuk Website Yang SEO Friendly

Cara memilih format gambar untuk website bisa anda terapkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan Microsoft Paint yang mana menjadi sebuah software terbaik yang memberikan kepada anda kemudahan untuk mengoptimalkan gambar yang dibutuhkan oleh website itu sendiri. Salah satunya adalah dengan memilih menu Resize yang tersedia pada panel Home. Kemudian, dari sini anda bisa memasukan resolusi yang diinginkan sesuai dengan rekomendasi yang terdapat pada GT Metrix itu sendiri.

Cara memilih format gambar untuk website yang selanjutnya adalah dengan mengoptimalkannya menggunakan Media Library WordPress. Dengan adanya media ini maka akan lebih memudahkan anda untuk mengunggah dan mengganti gambar yang kurang pas didalamnya. Anda bisa memilih langsung pada bagian tab Media yang ada di Dashboard WordPress anda. Kemudian, setelah itu langsung saja pilih Edit Image yang terdapat pada gambar itu sendiri.

Melakukan kompres gambar via online juga bisa menjadi bagian dari cara memilih format gambar untuk website yang bisa anda terapkan didalamnya. Dalam hal ini yang anda perlukan hanyalah dengan memilih pilihan web yang bisa anda sesuaikan didalamnya. Pada dasarnya ini akan bisa memberikan kemudahan pada anda untuk melakukan kompresi dengan lebih baik dan lebih cepat lagi. Ada sejumlah rekomendasi yang bisa anda pilih didalamnya, antara lain TinnyPNG dan TinnyJPG. Anda dipersilahkan untuk memilih sendiri mana satu yang sesuai dengan kebutuhan anda dan perlu dioptimasi didalamnya.

Cara Memilih Format Gambar Untuk Website

jejualan.com

Anda Juga Bisa Menggunakan Smush Image Compression

Opsi alternatif dalam cara memilih format gambar untuk website ini adalah anda juga  bisa memakai yang namanya Smush Image Compression. Dengan adanya kemudahan yang bisa anda capai inilah sudah pasti akan lebih banyak lagi yang bisa anda optimalkan didalamnya. Dari sini anda tak perlu khawatir dengan gambar yang anda unggah di website itu sendiri. Plugin yang satu ini akan secara otomatis melakukan pengoptimalan pada gambar sesuai dengan kebutuhan yang ada didalamnya. Bahkan dengan adanya plugin ini, anda akan bisa melakukan pengoptimalan untuk 50 gambar sekaligus yang ada didalamnya.

Baca Juga: Reboot Strategi SEO Anda Untuk Web Modern

Kesimpulan

Kini anda sudah tahu mengenai penerapan cara memilih format gambar untuk website yang tepat. Sudah saatnya bagi anda untuk memilih cara signifikan yang anda perlukan dalam rangka membuat website yang anda miliki menjadi lebih baik dan istimewa didalamnya. Pada dasarnya ini adalah sesuatu yang tepat dan terbaik untuk digunakan. Jika anda sudah paham mengenai cara dan proses optimasi tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda capai dan peroleh didalamnya. Hal ini juga jelas akan memberikan anda sesuatu yang lebih pas lagi bagi website yang SEO friendly dan mudah terindex Google.

Send Comment