Jika Anda adalah orang yang ingin memulai bisnis, usaha kuliner bisa menjadi pilihan yang menarik. Bisnis kuliner online kini mulai banyak menarik minat pengusaha kuliner pemula. Dengan perkembangan teknologi yang pesat membuat para pebisnis kuliner menemukan saluran baru untuk memasarkan produknya via online. Pesatnya pertumbuhan pengusaha kuliner lokal tak lepas dari adanya platform bernama Go Food milik perusahaan ojek online terkemuka di negeri ini, Gojek. 

Mengelola bisnis kuliner sendiri bukanlah perkara yang mudah. Ada kalanya sebuah bisnis kuliner online akan sepi dan pelanggan beralih ke produk lainnya. Kanca Jejualan, promosi sendiri menjadi hal yang cukup penting dalam bisnis apapun. Baik bisnis online maupun offline. Strategi promosi yang tepat dapat membuat calon pelanggan tertarik untuk mengenal lebih dalam dan akhirnya membeli produk kuliner online yang akan dijual. 

Dan mendaftar menjadi merchant Go food kini menjadi pilihan para pengusaha kuliner agar produk jualannya bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Cara mendaftar Go Food merchant sendiri cukup mudah dilakukan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada Kanca Jejualan tentang cara mendaftar Go Food merchant, peluang usaha kuliner masa kini. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Cara Mendaftar Go Food Merchant

Untuk Anda yang ingin mendaftar sebagai partner usaha kuliner Go Food, yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mendownload aplikasi Go-Biz sebagai cara melakukan pendaftaran. 

Go-Biz sendiri adalah aplikasi yang digunakan oleh mitra Go Food untuk mengelola usaha kulinernya pada layanan Go Food dengan mudah. Dengan menggunakan Go-Biz, mitra Go Food bisa dengan mudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan menu, mengubah jam buka restoran di Go Food, hingga menerima pembayaran dengan Go Pay dan lain sebagainya. 

Manfaat Aplikasi Go-Biz

Berikut adalah manfaat menggunakan Go-Biz bagi mitra Go Food: 

  • Ringkas. Data pesanan dan penjualan yang telah terjadi ditampilkan secara realtime.
  • Keamanan. Validasi pemesanan untuk mengurangi penipuan dan memastikan isi pesanan secara akurat. 
  • Cepat. Pesanan pelanggan akan dikirimkan melalui aplikasi sehingga setiap pesanan bisa diselesaikan dengan cepat.  
  • Pembayaran menggunakan Go-Pay akan langsung masuk ke dompet digital milik Anda. 

Sebelum mendaftar menjadi mitra Go Food, ada beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan. Seperti KTP, NPWP, dan foto halaman pertama buku tabungan. Atau juga foto halaman mobile banking Anda. 

Cara Mendaftar Go Food Merchant

Langkah 1: Unduh aplikasi Go Biz

Langkah pertama, silakan unduh aplikasi Go-Biz. Kemudian pilih daftar Go Food. Lalu klik buka restoran baru milik pribadi. Selanjutnya pilih tempat Anda membuka gerai tersebut. Jika sudah, kllik “Lanjut”. 

Langkah 2: Membuat Akun 

Setelah itu, Anda diminta untuk membuat akun. Silakan mengisi informasi dasar, seperti nama pemilik usaha di kolom pengguna, email, dan kemudian nomor telepon yang masih aktif. Lalu klik buat akun. Sistem akan mengirimkan kode konfirmasi ke nomor telepon yang telah didaftarkan tadi.  

Langkah 3: Mengisi Informasi Seputar Restoran 

Kemudian, silakan masukkan nama restoran, lalu pilih informasi restoran. Seperti mengatur titik lokasi jualan. Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Selanjutnya, pilih identitas pemilik, masukkan nomor telepon tempat bisnis Anda, klik upload foto dan KTP. 

Langkah 4: Mengisi Informasi KTP dan NPWP

Selanjutnya, masukkan nomor KTP di kolom yang tersedia. Klik centang di kolom NPWP, kik upload foto kartu NPWP. Masukkan nomor dan nama yang ada di NPWP.  Jika sudah, klik simpan. 

Langkah 5: Mengisi Informasi Akun Bank

Pilih informasi rekening bank. Klik tanda panah di kolom nama bank, kemudian pilihlah bank yang Anda gunakan. Masukkan nomor rekening dan nama pemilik rekening. Jika nama pemilik restoran berbeda dengan pemilik nama restoran, silakan klik Verifikasi. 

Langkah 6: Mengisi Surat Kuasa Jika Pemilik Rekening dan Pemilik Bisnis Berbeda (Optional)

Masukkan nama pemilik sesuai dengan informasi di KTP dan nama pemegang rekening bank. Klik checkbox dan upload surat kuasa. Klik “Simpan”. 

Langkah 7: Mengisi Informasi Pajak 

Langkah terakhir adalah memasukkan informasi soal pajak restoran. Masukkan informasi tarif pajak PB1, tarif pelayanan dengan jumlah maksimal 10%. Klik simpan. Jika semua data sudah lengkap klik “Lanjut”. Lalu klik “Kirim Data Usaha”. 

Pendaftaran menjadi Go Food merchant telah selesai, dan data akan diproses oleh pihak Gojek. 

Kiat Bisnis Kuliner Online Agar Cepat Laris

Kuliner adalah sebuah bisnis yang sangat ketat. Hal ini tak lepas dari banyaknya pelaku usaha di bidang ini. Berikut ini adalah kiat agar bisnis kuliner online yang Anda kembangkan agar cepat laris: 

Berpromosi via Media Sosial 

Kiat pertama yang bisa Anda coba adalah berpromosi via media sosial. Salah satu media sosial yang cocok untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda adalah Instagram. Hal ini tak lepas dari karakter Instagram yang condong pada karakter visual.

Dengan menampilkan foto atau video makanan yang tampak “artistik” akan banyak disukai oleh audiens Instagram. Anda juga bisa menggunakan Instagram untuk beriklan. Selain iklan resmi yang disediakan Instagram, Anda juga bisa beriklan pada akun-akun yang memiliki banyak pengikut. Namun cara pemasaran yang satu ini harus disesuaikan dengan target pasar yang diinginkan. 

Baca Juga : Kiat Sukses Bisnis Kuliner Untuk Pemula 

Memberikan Diskon 

Salah satu cara dalam menarik konsumen, pada bisnis kuliner adalah memberikan diskon. Diskon ini bisa berupa potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu, atau diskon untuk menu baru yang diluncurkan. 

Memberikan diskon pada hari atau momen-momen spesial bisa juga menjadi pilihan. Yang paling umum biasanya pemberian diskon pada HUT RI dan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal. Pada momen tersebut, banyak sekali gerai makanan online yang menawarkan diskon untuk para konsumennya. 

Memberikan Gratis Ongkos Kirim 

Ada satu cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan. Yaitu memberikan penawaran gratis biaya kirim. Penawaran yang satu ini umumnya sangat disukai oleh para konsumen bisnis kuliner online karena lebih hemat.

Gratis ongkir dianggap dapat langkah penghematan oleh konsumen saat membeli makanan secara online. Anda bisa menawarkan program ini dengan persyaratan tertentu. Contohnya dengan jumlah pembelian minimal berhak menerima promo gratis ongkir. Hal ini tentu saja dapat saling menguntungkan kedua belah pihak. 

Penutup 

Menjadi mitra Go Food adalah salah satu cara agar bisnis kuliner yang Anda rintis bisa mendapatkan pelanggan yang lebih luas. Semoga Kanca Jejualan tidak bingung lagi bagaimana cara mendaftar Go Food merchant. 

Go digital sekarang juga dengan website toko online Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.  

 

Send Comment