Jika Anda memiliki situs web, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mendaftarkan nama domain Anda sendiri. Nama domain adalah nama seperti “jejualan.com” atau “idwebhost.com“, yang dapat Anda gunakan untuk merujuk ke situs web Anda. Perhatikan bahwa Anda tidak harus menjadi perusahaan atau organisasi untuk mendaftarkan nama domain. Setiap individu bisa melakukannya juga.

Pentingnya Nama Domain

Ada beberapa alasan bagus untuk memiliki nama domain:

    Jika Anda pernah mengubah web hosting Anda (lokasi fisik sebenarnya dari file situs web), nama domain Anda dapat tetap sesuai dengan situs. Pengunjung biasa atau pelanggan Anda yang mengetahui nama situs Anda tidak perlu diberi tahu tentang perubahan alamat web (juga dikenal sebagai “URL”), karena sejauh menyangkut mereka, situs tersebut masih di tempat yang sama. Mereka hanya akan mengetikkan nama domain Anda dan mereka akan dibawa ke lokasi baru secara transparan.

    Jika Anda menggunakan nama domain untuk bisnis, nama domain memberi Anda kredibilitas. Hanya sedikit orang yang mau berbisnis dengan perusahaan yang tidak memiliki nama domain sendiri.

    Jika Anda mendapatkan nama domain yang menggambarkan bisnis atau nama perusahaan Anda, orang dapat mengingat namanya dengan mudah dan dapat kembali ke situs Anda tanpa harus berkonsultasi dengan dokumen mereka.

    Jika Anda menginginkan sponsor yang baik (pengiklan) untuk situs web, nama domain biasanya sangat membantu. Ini cenderung memberi situs web Anda sebuah aura kehormatan.

Melakukan Pendaftaran

Mendapatkan nama domain melibatkan pendaftaran nama yang Anda inginkan dengan sebuah organisasi bernama ICANN melalui registrar nama domain. Misalnya, jika Anda memilih nama seperti “example.com”, Anda harus pergi ke registrar, membayar biaya pendaftaran yang harganya sekitar US $ 10 sampai US $ 35 untuk nama itu. Itu akan memberi Anda hak atas nama tersebut selama setahun, dan Anda harus memperbaruinya setiap tahun. Beberapa web hosting akan mendaftarkannya dan membayar namanya secara gratis (biasanya hanya web hosting komersial), sementara yang lain akan melakukannya untuk Anda tapi Anda harus membayar biaya pendaftaran.

Preferensi pribadi kami adalah mendaftarkan nama secara langsung dengan registrar nama domain daripada melalui web hosting. Mendaftar langsung dengan registrar nama domain memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa Anda terdaftar sebagai pemilik, kontak administratif dan teknis. Menjadi pemilik sangat penting. Jika orang lain menempatkan dirinya sebagai pemilik, dia selalu dapat memutuskan untuk mengenakan biaya selangit untuk penggunaan namanya nanti, dan hanya sedikit yang dapat Anda lakukan. Nama domain dapat hilang dengan cepat. Sebagian besar nama domain bagus yang deskriptif tentang produk dan layanan telah diambil. Jika Anda menginginkan nama domain untuk situs, kami sarankan Anda bertindak sekarang, atau hadapi kesedihan karena telah kehilangan nama itu nanti.

Petunjuk Langkah Demi Langkah

Jika Anda ingin mendaftarkan nama domain, inilah yang perlu Anda lakukan. Silahkan baca semuanya sebelum bekerja.     Pikirkan beberapa nama domain bagus yang ingin Anda gunakan. Pilih nama yang benar-benar tepat dan sesuai dengan bisnis. Jangan sampai memilih nama domain yang sudah menjadi merek dagang pihak lain karena akan menimbulkan masalah di jalur hukum.

Anda memerlukan kartu kredit atau akun PayPal untuk membayar domain. Ini adalah persyaratan umum dari kebanyakan registrar. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengklaim dan segera mendapatkan nama domain pada aplikasi.

Jika Anda sudah memiliki web hosting, dapatkan nama dari nameserver utama dan sekundernya. Jangan khawatir jika Anda tidak mengerti apa arti hal-hal ini. Simpan saja informasi di suatu tempat. Informasi biasanya dapat diperoleh dari FAQ atau dokumentasi lainnya di situs mereka, biasanya di bawah kategori seperti “nama domain” atau “DNS” atau “transfer nama domain” dan sejenisnya. Jika Anda tidak dapat menemukannya, kirim email ke mereka. Anda memerlukan informasi untuk mengarahkan nama domain Anda ke situs web setelah membeli domain.

Jika Anda tidak memiliki host web, Anda dapat selalu mengizinkan petugas registrar untuk ‘memarkir’ nama domain Anda di situs sementara yang khusus disiapkan untuk Anda. Dengan cara ini Anda dapat dengan cepat mengamankan nama domain sebelum terlambat dan dapat meluangkan waktu untuk menyiapkan aspek lain dari situs. Sejauh yang kami tahu, kebanyakan registrar secara otomatis memarkir domain secara default terlepas dari apakah Anda memintanya atau tidak. Beberapa registrar juga memberi Anda alamat email gratis di nama domain Anda sendiri saat diparkir di situs mereka, seperti sales@example.com (di mana “example.com” adalah domain Anda).

Send Comment