Youtube. Siapa yang tak kenal dengan platform video sharing yang satu ini. Sejak awal kemunculannya, Youtube telah mengubah cara pikir banyak orang bahwa mereka bisa menyiarkan diri mereka dan disaksikan banyak orang lainnya. Maka dengan cepat Youtube mendapatkan jutaan pengguna baru, sekaligus semakin banyak orang yang membuat video di sana. Youtube sendiri menyebut orang yang membuat video di platformnya sebagai content creator.

Sangat menarik untuk mengulik sebab kenapa semakin banyak orang yang ingin menjadi content creator di Youtube. Salah satu yang paling banyak menjadi motivasi adalah mendapatkan uang dari Google Adsense. Dan salah satu syarat agar seorang Youtuber – sebutan populer lainnya, mendapatkan uang adalah video tersebut ramai ditonton orang. 

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan tentang cara mendapatkan uang dari YouTube untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Harus YouTube? 

Ini adalah pertanyaan pertama yang harus Anda jawab. Mengapa harus YouTube yang digunakan untuk mendulang uang? Saat ini, Youtube telah menjelma menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia. Hanya kalah dari Google, yang mana adalah perusahan induk dari Youtube. * dari 10 pencarian video adalah video Youtube. Platform ini juga semakin cepat berkembang. Sebuah survey menyebut ada 500 jam video yang diunggah ke Youtube setiap menitnya. Sangat banyak, bukan? 

YouTuber, atau dalam hal ini dikenal dengan sebutan content creator, tidak dibayar untuk setiap video yang mereka upload. Video yang ada di YouTube, secara default juga tidak termonetisasi. Maka, agar dapat segera menghasilkan uang dari YouTube Anda harus mengaktifkan monetisasi di pengaturan akun YouTube Anda. Dari sana, Anda akan mendapatkan opsi untuk bergabung dengan YouTube Program Partner atau mendaftarkan video Anda sebagai konten premium. 

Menurut penelitian Forbes, ada dua cara yang bisa dilakukan sebuah kanal YouTube agar bisa menghasilkan uang, terlepas banyak atau sedikit subscriber yang mereka miliki. Potensi penghasilan seorang konten kreator tidak hanya ditentukan oleh jumlah pelanggan dan penayangan yang dimiliki. Namun juga tentang cara Anda berinteraksi dengan audiens. Namun sekali lagi, ini bukan berarti kalau jumlah subscriber tidak penting, tetap penting, ya, Kanca Jejualan. 

Faktanya adalah, banyak kanal YouTube yang menjual merchandise kepada para audiens mereka. Tentu saja, untuk sampai tahap ini, Anda harus menetapkan target audiens yang tepat.Tanpa mengetahui target audiens yang tepat, Anda tak bisa menghasilkan uang dari cara non iklan. 

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube 

Seperti mempelajari cara menghasilkan uang di Instagram atau blog, salah satu faktor kunci dalam monetisasi YouTube adalah jumlah audiens. Namun, Anda juga menambahkan sumber pendapatan lainnya, tak hanya dari iklan Google Adsense saja. Kami akan membahas lebih dalam di bagian selanjutnya artikel ini.

Berikut adalah cara-cara menghasilkan uang dari YouTube untuk pemula: 

1. Bergabung dengan YouTube Partner Program

Sumber pendapatan pertama yang bisa Anda dapatkan dari YouTube adalah iklan. Bila Anda ingin melakukan monetisasi video, bergabung dengan YouTube Partner Program adalah sebuah keharusan. Dua syarat utama untuk melakukan monetisasi video adalah telah memiliki minimal 1000 subscribers, dengan durasi tayang minimal 4000 jam selama satu tahun terakhir. 

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan monetisasi di YouTube? Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

– Login ke akun YouTube yang ingin di-monetisasi. 

– Klik ikon di bagian kanan atas layar Anda. 

– Klik YouTube Studio. 

– Pada bagian kiri menu, pilih Other Features > Monetization. 

– Baca dengan seksama sebelum menyetujui persyaratan YouTube Program Partner. 

– Buat akun AdSense baru, atau hubungkan dengan akun yang sudah ada,bila Anda memilikinya. 

– Menetapkan Preferensi Monetisasi

Setelah semuanya selesai, silakan kembali ke dashboard YouTube Studio Anda dan klik tab Analytics di bagian kiri halaman. Di sana, klik tab Revenue, Anda akan mendapatkan perkiraan berapa pendapatan Anda setiap bulannya. 

Satu hal yang harus Anda ingat adalah, jumlah tampilan yang Anda dapatkan tidak berhubungan dengan pendapatan yang akan Anda peroleh. Jika video Anda mendapatkan ribuan penayangan, tetapi tidak ada yang menonton atau mengklik iklannya, Anda tidak akan mendapatkan uang. 

Namun, dengan YouTube Premium, Anda tak perlu lagi menggantungkan sepenuhnya dari iklan untuk memperoleh pendapatan. YouTube Premium adalah keanggotaan berbayar, yang memungkinkan audiens untuk menonton dan mendukung pembuat konten favorit mereka tanpa iklan. Sebagai kreator, Anda tetap mendapatkan bayaran untuk konten yang ditonton oleh non member YouTube Premium. 

Kreator dibayar YouTube premium berdasarkan seberapa banyak member melihat konten mereka. Ini bisa menjadi sumber pendapatan lain yang bisa Anda hasilkan dari YouTube,selain dari iklan yang ada.

2. Berjualan Merchandise 

Cara mendapatkan uang dari YouTube selain dari iklan adalah berjualan merchandise. Banyak YouTuber yang melakukan cara ini sebagai sumber pendapatan sampingan mereka. Ada banyak produk yang bisa Anda jual lewat kanal YouTube. Mulai dari kaos, mug, topi, totebag, dan lain sebagainya. 

Percaya atau tidak, merchandise dapat meningkatkan engagement antara konten kreator dengan audiensnya. Dan karena kultur YouTube pada dasarnya adalah kedekatan antara kreator dengan audiens, tak ada salahnya untuk menggunakan cara ini. 

Baca Juga : Tips Jualan Laris Manis di Instagram 

3. Melakukan Crowdfunding Untuk Proyek-Proyek Kreatif

Saat uang menjadi penghalang untuk ide-ide Anda yang brilian, melakukan crowdfunding adalah cara terbaik untuk mewujudkannya. Anda dapat meminta audiens Anda untuk “urunan” untuk membiayai proyek sosial kreatif yang Anda lakukan. Salah satu contoh terbaik dari program crowdfunding adalah DOES University yang digagas musisi Erix Soekamti. 

4. Menjadi Endorser 

Banyak yang menganggap bahwa endorser memiliki kesamaan dengan buzzer. Padahal, sejatinya cukup berbeda. Terutama pada cara kerjanya. Menjadi seorang endorser, berarti Anda bertindak seperti brand ambassador sebuah produk tertentu. Dan untuk bisa menjadi endorser, Anda harus cukup dikenal dan memiliki pengikut yang banyak, yang bisa Anda pengaruhi.

Selain mendapatkan uang , seorang endorser akan mendapatkan produk yang dipromosikannya secara gratis. 

5. Melisensikan Content Anda ke Media

Jika kebetulan video yang buat mendadak viral, misalnya video lucu bersama teman-teman Anda bisa melisensikan video tersebut dengan imbalan uang. 

Biasanya acara-acara tv atau situs berita online akan menghubungi kreator untuk menanyakan, apakah boleh menayangkan video tersebut di tempat mereka. 

Penutup 

Menjadi YouTuber, kalau memang niat, bisa saja menjadi platform yang menjanjikan. Tak hanya niat, Anda juga dituntut untuk menghasilkan konten yang menarik kepada penonton. Dengan mengetahui cara menghasilkan uang dari YouTube untuk pemula, apakah Anda siap memulai saluran sendiri? 

 

Send Comment