marketing-twitter

Buatlah rencana anda untuk mendapatkan kembali traffic blog dan menghasilkan uang

Jika Anda ingin meningkatkan traffic blog dan menghasilkan uang, maka Anda perlu memikirkan blog sebagai tempat berbisnis. Kesuksesan bisnis merupakan pengembangan  atas rencana pemasaran yang menggambarkan keadaan pasar saat ini di mana melakukan bisnis, memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan, pesaing, dan audiens. Rencana pemasaran juga mengidentifikasi tujuan dan menyediakan jalan yang dipetakan tertulis untuk bagaimana tujuan tersebut tercapai.

Anda dapat membuat jenis rencana pemasaran yang sama untuk blog agar bisa memastikan bahwa Anda tetap berada di jalur untuk mencapai tujuan. Berikut adalah ikhtisar bagian penting dari rencana pemasaran yang harus Anda coba sertakan dalam rencana pemasaran blog Anda.

  • Definisi Produk

Produk Anda adalah konten blog Anda dan pengalaman yang dimiliki audiens saat berkunjung. Hal ini mencakup komentar dan percakapan, video, tautan, gambar, dan setiap bagian lainnya memberi nilai tambah pada waktu yang mereka habiskan di blog Anda. Jenis konten apa yang akan Anda publikasikan? Bagaimana konten Anda dapat membantu orang atau membuat hidup mereka lebih mudah atau lebih baik?

  • Definisi Pasar

Jelaskan pasar tempat Anda akan berbisnis. Apa blogging saat ini? Apa yang orang cari dan bisa Anda berikan lebih baik daripada blog/ situs lain? Apa bagian terdalam blog Anda dan bagaimana konten Anda diposisikan bisa melawan pesaing?

  • Analisis Pesaing

Identifikasi pesaing Anda untuk mencuri perhatian dan pendapatan iklan. Perlu diingat, pesaing bisa langsung mengunjungi blog dan website lain atau tidak langsung seperti profil Twitter. Kompetisi juga bisa berasal dari sumber offline. Apa kelebihan dan kelemahan pesaing Anda? Apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan pengunjung? Jenis konten apa yang mereka publikasikan? Adakah kesenjangan atau peluang yang belum terpenuhi oleh pesaing?

  • Mengenai Audiens

Siapa target audiens Anda? Konten seperti apa yang mereka sukai? Di mana mereka biasanya menghabiskan waktu online? Apa yang mereka sukai dan tidak? Luangkan waktu untuk mendengarkan apa kebutuhan mereka dan kemudian ciptakan konten beserta pengalaman untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Carilah peluang untuk menciptakan kebutuhan yang dirasakan dan kemudian isi melalui konten Anda.

  • Definisi Merek

Apa janji blog Anda kepada orang-orang? Apa proposisi nilai uniknya? Bagaimana posisinya relatif terhadap blog dan situs web yang kompetitif? Gunakan jawaban atas pertanyaan ini untuk mengidentifikasi citra merek, pesan, suara, dan kepribadian Anda. Elemen-elemen ini membentuk janji dari merek dan semua hal yang Anda lakukan terkait dengan blog Anda (dari konten ke promosi dan segala sesuatu di antaranya) harus secara konsisten. Dengan mengomunikasikan janji, konsistensi membantu membangun harapan, mengurangi kebingungan, dan meningkatkan loyalitas.

  • Strategi Harga

Akankah konten dan fitur blog Anda ditawarkan secara gratis atau menawarkan konten premium yang tersedia melalui keanggotaan, e-books, dan sebagainya?

  • Strategi Distribusi

Di manakah konten blog Anda akan tersedia? Anda bisa mensindikasikan blog Anda melalui layanan online dan offline. Anda juga dapat menampilkan feed Anda di blog/ situs lain maupun memberi umpan ke profil Twitter, Facebook, dan LinkedIn Anda.

  • Strategi Penjualan

Bagaimana Anda akan menemukan pembaca baru dan bagaimana Anda akan mengubah pembaca itu? Bagaimana Anda akan menjual ruang iklan di blog Anda?

  • Strategi Pemasaran

Bagaimana Anda mempromosikan blog Anda agar bisa mengarahkan traffic ke sana? Anda dapat meningkatkan saluran distribusi Anda, menulis postingan bagi pengunjung di blog lain, mendiversifikasi konten dan kehadiran online Anda, berbagi konten Anda melalui bookmark sosial dan jejaring sosial, dan banyak lagi. Optimalisasi mesin pencari juga bisa masuk ke bagian strategi pemasaran dari rencana pemasaran blog Anda.

  • Budget

Apakah Anda punya uang untuk diinvestasikan di blog Anda agar bisa membantu? Misalnya, Anda dapat membayar penulis untuk membuat konten tambahan untuk Anda atau Anda bisa menyewa perusahaan pengoptimalan mesin telusur untuk membantu Anda menulis konten yang lebih baik dan membangun tautan masuk. Anda juga dapat menyewa pakar media sosial untuk membantu Anda dalam penjangkauan blogger dan kampanye publisitas lainnya.

Ada banyak cara agar marketing Anda berhasil, cari segera agar keberhasilan berada di tangan Anda!

Send Comment