Apakah Anda memiliki blog? Atau mempunyai website statis? Jika jawabannya adalah “iya” entah untuk penggunaan personal atau malah untuk bisnis, Anda membtuhkan Google Analytics. Tetapi, sebelum menggunakan Google Analytics, tentu akan timbul pertanyaan lanjutan, “mengapa saya harus menggunakannya? Bagaimana cara menggunakan Google Analytics?

Dengan menggunakan Google Analytics, Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi penting  untuk perkembangan website Anda. Diantaranya adalah, berapa banyak orang yang mengunjugi website Anda, dari mana saja mereka berasal, umur, dan halaman apa yang paling populer di website Anda.

Juga berbagai informasi lain yang sangat berguna dan penting untuk para pemilik website. Dan Google Analytics adalah cara Anda untuk mengetahui lebih banyak perilaku pengunjung website.

Baca Juga: Bisnis Mainan Anak

Kamus singkat Google Analytics

cara menggunakan Google Analytics

Sebelum memulai lebih detail tentang cara menggunakan Google Analytics, alangkah baiknya jika Anda mengetahui istilah-istilah penting yang ada di Google Analytics.

  • Dimension – Dimension mendeskripsikan atribut atau karakter dari objek yang dapat memberi nilai yang berbeda. Browser, exit page, screen and session duration adalah dimensi yang secara default ada di Goole Analytics.
  • Metrik  – Metrik adalah elemen dalam Google Analytics yang menjelaskan data berisi angka atau rasio. Contoh metrik dalam Google Analytics adalah screenview, pages/session atau durasi tayang.
  • Session – Session atau sesi adalah waktu dari pengguna yang secara aktif berinteraksi dengan website, aplikasi, social media, dan lain sebagainya. Semua data yang ada terkait pengguna termasuk dalam sesi.
  • Bounce Rate – Bounce rate adalah persentase berapa lama yang dibuhkan pengunjung untuk keluar dari sebuah halaman website.
  • Goals – Goal atau tujuan mengukur seberapa sering pengunjung atau pengguna melakukan tidakan spesifik di website Anda.
  • Conversion – Conversion atau konversi adalah berapa kali Goals yang tercapai di website Anda.
  • Campaigns – Campaing memungkinkan Anda untuk menambahkan parameter ke URL manapun dari website Anda untuk mengumpulkan informasi tambahan tentang referral traffic Anda.

Cara Menggunakan Google Analytics

Untuk bisa menggunakan Google Analytics, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan. Dari mulai menyetting Analytics, hingga menjalankan kampanye pemasaran Anda. Berikut adalah cara set up Google Analytics:

  1.       Menyiapkan akun

cara menggunakan Google Analytics

Saat Anda membuat akun Google, seketika itu pula Anda bisa memiliki akses ke Google Analytics dan login ke dalamnya. Kemudian, Anda akan dihadapkan pada tiga tahapan untuk menyiapkan akun Anda.

Yang pertama tentu saja Anda harus membuat akun Google Analytics. Setelah klik tombol sign up, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi yang berkaitan dengan website Anda. Anda dapat membuat hingga 100 akun Google Analytics di bawah satu akun Google. Terdapat sekitar 50 website properties pada satu akun Google Analytics.

  1.       Instal Tracking Code

Setelah menyelesaikan pendaftaran akun Google Analytics, Anda akan mendapatkan Get Tracking ID. Akan ada popup Google Analytics yang berisi terms and conditions. Anda dapat klik setuju, kemudian Anda akan mendapatkan kode Google Analytics.

Ini harus terinstal di di tiap halaman pada website Anda. Instalasi sendiri tergantung pada tipe website yang Anda miliki. Setelah menginstal tracking code di website, Anda harus melakukan konfigurasi kecil tapi penting, yaitu Goal.

Anda bisa menemukan ini di tab Admin dan kemudian klik Goal dibawah kolon website. Goal menjelaskan pada Google Analytics ketiak sesuatu yang penting terjadi di website Anda.

  1.       Setup site search

Hal lain yang harus Anda lakukan secara cepat untuk segera mendapatkan data pengunjung website adalah melakukan pengaturan site search. Caranya, yang pertama adalah jalankan pencarian di browser Anda. Biarkan tab tersebut terbuka, kemudian pergilah ke admin Google Analytics.

Di kolom View, klik View setting. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Site Setting dan klik menu tersebut. Anda dapat memasukkan URL dari website yang tadi Anda buka. Kemudian kllik Save. Pengaturan ini mengizinkan Google Analytics melacak pencarian yagn di buat di website Anda.

  1. Menambahkan akun tambahan dan properties

Jika Anda ingin menambahkan akun Google Analytics yang baru, Anda bisa langsung ke tab Admin, kemudian klik menu drop down dibawah kolom Account, dan klik Create New Account link.

Kemudian untuk melakukan setting, Anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas.

  1. Melihat data Google Analytics

Saat Anda memulai Google Analytics, Anda akan mulai belajar segala hal tentang lalu lintas website Anda. Dan setiap kali login ke Google Analytics, Anda akan langsung masuk ke halaman laporan pemirsa Anda. Atau, jika Anda memiliki lebih dari satu website, Anda akan diminta untuk memilih salah satunya dan akan muncul laporan ikhtisar.

Mengapa menggunakan Google Analytics

cara menggunakan Google Analytics

Adakah dari Kanca Jejualan yang masih ragu untuk menggunakan Google Analytics? Jika masih ragu, berikut ini adalah alasan mengapa harus menggunakan Google Analytics:

  • Membantu mengetahui karakter pengunjung

Alasan menggunakan Google Analytics yang pertama adalah membantu mengetahui karakter pengunjung website Anda. Misalnya terkait demografi, perilaku, atau browser yang digunakan untuk mengakses website Anda.

  • Membantu memantau online campaign

Dengan derasnya persaingan di dunia marketing online, menjadi sangat penting untuk memantau online campaign yang sedang Anda lakukan. Anda dapat mengukur dan menganalisa apakah kampanye yang sedang Anda jalankan sukses atau tidak. Dan dengan Google Analytics, Anda bisa melakukan semuanya.

  • Memantau traffic sources

Setiap website pasti ingin jumlah traffic yang tinggi. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui dari mana sajakah traffic tersebut berasal. Dan Google Analytics punya kemampuan untuk itu.

  • Memantau konten website

Alasan menggunakan Google Analytics selanjutnya adalah karena tool ini mampu memantau perkembangan konten yang ada di website. Bagaimanapun konten adalah raja. Dengan mengetahui konten yang memiliki interaksi tinggi, seperti view, komentar, share, dan lainnya akan sangat berkontribusi terhadap strategi yang harus Anda lakukan selanjutnya.

  • Membantu menetapkan goal dan konversi

Setiap bisnis tentu memiliki tujuan yang harus dicapai. Google Analytics membantu Anda untuk menetapkan dan mengukur hal tersebut. Hal ini dapat Anda setting dengan cukup mudah di tab Admin Google Analytics.

Goal dapat berupa apapun. Tetapi umumnya jumlah social share di media sosial, email subscription, hingga pembelian produk.

Kesimpulan

Begitulah cara menggunakan Google Analytics. Kembangkan bisnis Anda sekarang dengan website toko online Jejualan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment