Salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan para pemilik website toko online adalah promosi di Facebook. Media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg memiliki pengguna dalam jumlah yang besar. Sehingga sangat layak digunakan sebagai platform jualan. 

Maka dari itu, penting untuk menjaga interaksi atau engagement di Facebook agar selalu tinggi. 

Namun, apa jadinya kalau engagement di Facebook menurun karena perubahan algoritma yang rutin terjadi? 

Tenang, tidak perlu panik, karena perubahan algoritma adalah cara Facebook yang ingin memberikan kemudahan pada penggunanya. 

Lantas, bagaimana cara agar engamenet selalu terjaga, bahkan meningkat? 

Tenang, pada artikel kali ini, kami akan mengajak Kanca Jejualan tentang cara meningkatkan engagement rate di Facebook. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Engagement Rate, Apa Itu? 

Sebelum membahas lebih jauh cara meningkatkan engagement rate di Facebook, tentu kamu harus mengetahui lebih dulu apa itu engagement rate. 

Engagement rate adalah sebutan yang sering digunakan di dunia digital marketing. Lebih spesifik lagi, digital marketing. Istilah ini sering dipakai untuk mengukur keterlibatan audiens di media sosial.

Baca Juga : Berapa Modal Bikin Coffee Shop? 

Facebook adalah salah satu media dengan pengguna terbanyak di dunia. Platform yang satu ini adalah tempat bagi banyak orang untuk melakukan banyak hal. Mulai dari berinteraksi dengan teman dan kerabat, mencari hiburan, hingga jual beli online. 

Tak heran kalau kemudian banyak yang menjadikan Facebook sebagai sarana yang ampuh untuk melakukan pemasaran. Para pelaku pemasaran dapat mengarahkan brand-nya ke audiens tertarget dengan parameter tertentu. 

Sangat penting bagi seorang pemasar di media sosial untuk memahami lebih banyak tentang engagement rate. 

Engagement rate dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan riset. Riset ini penting dilakukan agar marketer tahu apa yang diinginkan audiens, berdasarkan interaksi mereka terhadap sebuah konten. 

Hal ini bisa dinilai langsung dari postingan manakah yang mendapatkan engagement terbanyak atau paling sedikit. 

Cara Meningkatkan Engagement di Facebook 

Engagement sangat penting bagi siapa saja yang menggunakan Facebook sebagai tempat untuk promosi. Tanpa engagement yang bagus, tentu, pesan yang ingin disampaikan marketer akan sulit sampai ke pasar yang ditargetkan. 

Berikut cara meningkatkan engagement rate di Facebook yang harus kamu tahu: 

1. Posting Konten Secara Terjadwal di Waktu Terbaik 

Mungkin bagi sebagian orang, memposting konten secara terjadwal adalah hal yang remeh. Meski begitu, hal ini rupanya sangat penting bagi Facebook. 

Semakin banyak interaksi yang diterima sebuah postingan, Facebook akan mengganjarnya dengan intensitas ke tab pencarian. Bukan cuma terjadwal, namun juga pada waktu terbaik. 

Yang dimaksud waktu terbaik di sini adalah waktu di mana audiens sedang aktif-aktifnya. Dengan memposting di waktu terbaik, peluang untuk mendapatkan engagement rate tinggi akan semakin besar. 

Untuk itu, perlu perencanaan konten yang baik. Kamu bisa menggunakan tools penjadwalan postingan. Praktis, dan sangat mudah. Jadwal postingan beres, kamu bisa lebih fokus untuk berinteraksi dengan audiens. 

2. Konten yang Relevan dan Berorientasi Audiens

Kanca Jejualan, salah satu kesalahan yang masih banyak dilakukan oleh brand adalah terlalu fokus pada diri sendiri. Jika setiap hari memposting satu hal yang sama, yang berkaitan dengan produkmu, bukan tidak mungkin audiens akan bosan. 

Maka dari itu, penting untuk membuat konten yang juga relevan dengan audiens. Misalnya saja, kamu bisa membuat konten khusus untuk momen-momen istimewa yang diperingati banyak orang. 

Dengan membuat konten yang relevan dengan apa yang sedang dibicarakan orang, postingan yang kamu buat bisa saja mendapatkan perhatian lebih. Buatlah konten yang menarik dan unik. 

Misalnya, kamu adalah reseller sepatu online dan bertepatan dengan momen HUT RI. 

Kamu bisa mengajak audiensmu untuk bangkit bersama mengisi momen kemerdekaan. 

3. Melakukan Analisa 

Melakukan evaluasi juga sangat penting jika kamu ingin meningkatkan engagement rate di Facebook. Salah cara terbaik untuk mengevaluasi konten yang pernah dibuat, tentu saja dengan analisis data. 

Untuk melakukan analisis data, kamu bisa menggunakan tools Facebook Analytics. Tools yang satu ini akan menyajikan data-data, manakah konten-mu yang paling banyak dijangkau. 

4. Perhatikan Aspek Visual Konten 

Berbeda dengan platform “saudaranya”, Instagram yang menonjolkan pada aspek visual, Facebook memang lebih umum. Tetapi tentu saja ini bukan alasan untuk mengabaikan aspek visual. 

Karena bagaimanapun, visual yang bagus dapat memancing minat audiens untuk berinteraksi dengan sebuah postingan. Mengambil gambar dari situs stok foto, sebenarnya tidak salah. Yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan gambar tersebut. Kamu bisa menggunakan gambar yang bebas lisensi. Tapi jangan lupa, berikan kredit untuk sang pemilik gambar. 

Sebenarnya, akan lebih bagus kalau menggunakan gambar sendiri. Kamu bisa lebih bebas untuk berkreasi. Tetapi kalau proses produksi foto sendiri dirasa merepotkan, menggunakan foto stok adalah pilihan terbaik. 

5. Membalas Komentar Audiens

Salah satu cara yang dipercaya dapat meningkatkan engagement brand dengan audiens, adalah dengan membalas komentar mereka. 

Alasan kenapa brand harus membalas komentar audiens karena dapat meningkatkan interaksi secara signifikan. 

Dan lagi, audiens cenderung mendapatkan respek dari brand ketika komentarnya dibalas. Audiens merasa, kehadiran mereka dihargai. Pun dengan brand, bukan tidak mungkin untuk makin dicintai. 

  1. Buat Konten Postingan yang Beragam 

Ada banyak tipe konten yang bisa dieksplorasi di Facebook. Karena itu, sebisa mungkin hindari penggunaan jenis konten yang sama dalam waktu berdekatan. Berikut tipe-tipe konten yang manjur menarik audiens: 

  • Cerita inspiratif
  • Kuis
  • Konten Tutorial
  • Opini 

Sebisa mungkin, buatlah konten yang original. Hindari juga kata-kata clickbait. Tetapi kalau sebatas mengundang rasa penasaran, ya masih boleh, lah untuk digunakan. 

7. Memberikan CTA di Postingan 

Karena salah satu tujuan menggunakan Facebook adalah mendapatkan engagement rate tinggi, maka penting untuk memberikan tombol CTA di bagian akhir postingan. Cara yang paling mudah dan cepat, tentu saja dengan menyertakan pertanyaan di bagian akhir konten. 

Bisa juga dengan melempar pertanyaan di kolom komentar. Audien Facebook cenderung cepat merespon apa yang terjadi di kolom komentar. Sehingga, menggunakan CTA di kolom komentar bisa jadi pilihan. 

Penutup 

Untuk kamu yang sedang berbisnis online, sosial media seperti Facebook dapat sangat membantu. Karena itu, penting untuk memperhatikan engagement rate di Facebook. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment