Bagi para pebisnis online, meningkatkan penjualan secara terus menerus adalah salah satu tujuan utama. Baik pebisnis berskala kecil maupun yang skala besar. Para pebisnis dan pengusaha yang sebelumnya hanya mengandalkan penjualan offlline, perlahan kini bergeser, mulai merambah ke dunia online. Dan berbagai cara ditempuh untuk mengetahui cara meningkatkan penjualan online tersebut.

Apalagi di era internet seperti yang kita alami pada saat ini. Tidak bisa tidak, internet dan digitalisasi telah banyak merubah peradaban manusia. Termasuk cara berbisnis. Hadirnya internet seolah mendobrak batasan-batasan yang mungkin dialami oleh orang yang berbisnis sebelum adanya internet. Termasuk untuk meningkatkan penjualan online. Anda pun bisa meningkatkan penjualan online bahkan dengan modal yang minim sekalipun.

Salah satu cara terbaik untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan masuk ke platform digital. Seperti membuat toko online, berjualan di ecommerce, atau via media sosial.

Banyak pebisnis yang berkata bahwa toko online adalah investasi terbaik untuk bisnis adalah membuat website toko online. Dengan website toko online, dapat membuka berbagai kesempatan dan peluang baru bermunculan.

Terlebih, sekarang, membuat toko online cukup mudah dilakukan. Dan Anda harus bisa membedakan perbedaan antara website toko online dan platform ecommerce biasa. Jika Anda ingin membuat toko online berbasis website, sekarang bahkan Anda bisa membuatnya cuma dalam 20 detik. Dengan Jejualan, tak perlu waktu lama bagi Anda untuk mendapatkan website toko online dan memajang produk Anda disana.

Bisnis online dipercaya dapat memberikan pemasukan yang lebih banyak. Ya, memang pada awalnya akan membutuhkan usaha ekstra saat membangung toko online yang bagus. Tetapi jika semuanya sudah jelas cara kerjanya, Anda akan lebih mudah saat mengelolanya.

Berapakah Anggaran yang Dibutuhkan Untuk Membangun Website Toko Online?

Cara meningkatkan penjualan online

Membangun website toko online bisa dibilang lebih murah daripada membangun toko offline. Pada toko offline, Anda harus mengeluarkan banyak pos. Misalnya, untuk membayar biaya sewa tempat jika Anda tidak punya tempat sendiri, belum lagi biaya listrik, air, dan lain sebagainya. Namun ketika menjalankan toko online, Anda bisa menghemat berbagai biaya operasional tersebut. Tapi bagaimanapun, toko offline juga perlu Anda miliki untuk membuktikan keberadaan Anda.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Membuat Toko Online Sendiri

Dengan memiliki website toko online, selain hemat biaya, manfaat lain yang akan Anda dapatkan adalah jangkauan pelanggan yang lebih luas. Toko online akan memudahkan Anda mendapatkan pelanggan dari mana saja, bahkan dari tempat yang jauh sekalipun. Tidak terbatas pada satu area atau lokasi saja. Transaksi pun jadi lebih mudah, praktis, dan efisien.

Apabila Anda memiliki informasi yang ingin disampaikan pada pelanggan, misalnya penawaran diskon, juga lebih mudah disebarkan secara online. Akses informasi yang begitu cepat akan memudahkan pelanggan untuk tetap terhubung dengan Anda. Yang harus Anda pikirkan selanjutnya adalah bagaimana caranya bersaing untuk meningkatkan penjualan toko online.

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Berbagai kemudahan yang ditawarkan bisnis online membuat banyak orang berlomba-lomba masuk ke kolam persaingan. Dan untuk memenangkan persaingan, Anda membutuhkan strategi-strategi, cara meningkatkan penjualan online. Apa saja cara meningkatkan penjualan online tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Membuat paket bundling untuk memikat pembeli

Cara meningkatkan penjualan online

Cara meningkatkan penjualan online yang pertama adalah membuat bundling paket untuk ditawarkan pada konsumen. Apalagai, konsumen cenderung senang dengan penawaran yang memberikan value for money terbaik untuk mereka.

Strategi bundling telah diterapkan oleh berbagai jenis bisnis pada berbagai skala. Sehingga sudah terbukti sebagai salah satu cara promosi yang paling efektif.

Ketika membuat paket bundling, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, pastikan produk-produk yang Anda jual memang memiliki nilai lebih untuk pelanggan. Tidak ada salahnya menyatukan dua produk unggulan dengan harga sedikit murah untuk meningkatkan penjualan.

Atau, bisa juga Anda menyatukan produk unggulan dan non unggulan dalam satu paket. Ini penting dilakukan untuk memastikan agar tidak ada produk yang tidak terjual. Taktik ini lazim dilakukan bisnis toko ritel. Contoh yang paling mudah ditemukan pada minimarket berjejaring yang rutin memperbarui stok barang agar tidak rusak.

2. Berpromosi via media sosial

Tidak bisa tidak, karena Anda berkompetisi di dunia online, sudah menjadi keharusan untuk gencar mempromosikan barang dan jasa yang Anda miliki menggunakan media sosial. Jadi, walaupun Anda fokus dengan toko online ataupun ecommerce, tetap membutuhkan media sosial sebagai sarana berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

Agar promosi Anda di media sosial dapat berjalan baik, buatlah konten yang menarik di media sosial Anda. Tanpa konten yang menarik, maka jumlah kunjungan ke media sosial Anda tidak akan bisa optimal, sehingga akan sulit untuk meningkatkan jumlah pengikut. Pastikan konten yang Anda buat cocok dengan target pasar Anda. Karena jika tidak, akan sia-sia belaka.

3. Menjalankan strategi word of mouth

Cara meningkatkan penjualan online

Word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu strategi penjualan online yang tak kalah ampuh. Promosi dari mulut ke mulut berbeda dengan misalnya, berpromosi menggunakan media sosial. Promosi dari mulut ke mulut akan terasa lebih dekat.

Hal ini tak lepas dari rekomendasi seseorang, terutama yang sudah dikenal akan terasa lebih dapat dipercaya dari pada iklan-iklan promosi yang biasa kita temui. Untuk memulainya, Anda bisa menciptakan sebuah perbincangan dengan memberikan contoh produk ke orang terdekat Anda.

4. Tunjukkan testimoni dari konsumen yang pernah membeli

Cara meningkatkan penjualan online yang tak kalah penting adalah dengan menunjukkan testimoni dari konsumen lain yang pernah membeli produk Anda. Terlebih lagi jika Anda berhasil mendapatkan testimoni pembeli dari kalangan tokoh publik, maka akan semakin mudah untuk meyakinkan pasar untuk membeli produk Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus mulai mengumpulkan testimoni dari pembeli tersebut. Testimoni cukup penting karena dapat meyakinkan konsumen baru yang belum yakin dengan kualitas produk Anda.

5. Menerapkan strategi FOMO

FOMO adalah singkatan fear of missing out. Artinya takut ketinggalan. Fear of missing out adalah sebuah istilah psikologis yang menggambarkan perilaku manusia yang takut jika ketinggalan tren atau hal-hal yang menyenangkan.

Anda bisa memanfaatkan perilaku tersebut sebagai cara meningkatkan penjualan online. Anda perlu membangun kegelisahan calon konsumen Anda dengan meyakinkan mereka bahwa produk Anda sangat langka.

Kesimpulan

Meningkatkan penjualan adalah pekerjaan yang menantang. Tinggal bagaimana Anda menemukan strategi yang tepat sebagai cara meningkatkan penjualan online.

Ingin membuat toko online Anda sendiri? Jejualan punya banyak pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jejualan, buat toko online cuma 20 detik.

 

Send Comment