Belajar cara menjadi wedding organizer sangatlah penting bagi Anda yang ingin mendalami bisnis populer tersebut. Di kota besar seperti Jakarta, usaha wedding organizer sudah tidak asing lagi. Bisnis ini juga sudah sangat menjanjikan dan saling bersaing dalam harga dikarenakan banyaknya orang yang memanfaatkan jasa ini. Menjadi seorang wedding organizer tentu bukanlah tugas yang mudah karena melibatkan lebih dari sekedar merencanakan pernikahan saja. Anda harus memahami aspek bisnis dari layanan Anda dan belajar untuk mengatur waktu agar mendapatkan keuntungan lebih. Selain itu, Anda juga akan menjadi wajah dari bisnis dan perwakilan bisnis Anda sendiri.

Cara menjadi wedding organizer tentu akan terlihat mudah jika Anda benar-benar ingin mendalami skill yang harus dimiliki oleh profesi tersebut. Ketika bisnis dan keahlian tumbuh, Anda mungkin akan mulai merencanakan beberapa pernikahan pelanggan sekaligus. Hal yang sangat penting di sini adalah berusaha memberikan yang terbaik, perhatian pribadi untuk setiap pasangan ketika merencanakan hari besar mereka, tanpa kehilangan kemampuan Anda.

cara menjadi wedding organizer

cara menjadi wedding organizer

Sekilas Tentang Wedding Organizer

Wedding organizer adalah penawaran suatu jasa yang secara khusus membantu calon pengantin dan keluarga dalam merencanakan rangkaian acara pernikahan sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan. Tugas utama wedding organizer adalah menyusun jalannya acara dimulai dari akad nikah, pelaminan, catering, rias pengantin, hingga dokumentasi. Dalam hal ini, pekerjaan wedding organizer merupakan sebuah pekerjaan yang cukup menantang, anggota harus memiliki kepribadian yang humble, cepat tanggap dan dapat diandalkan.

Jenis usaha wedding organizer juga merupakan bisnis yang memiliki potensi yang luar biasa. Pernikahan merupakan moment yang sakral dan orang-orang tentunya menginginkan moment yang sakral ketika melangsungkannya. Bagi yang sibuk, tentu akan membutuhkan jasa wedding organizer. Itulah mengepa banyak orang yang terjun ke dunia bisnis tersebut.

Selain itu wedding organizer dituntut untuk terbiasa dalam me-manage waktu dan bergerak cepat. Pekerjaan wedding organizer diwajibkan untuk seprofesional mungkin karena jika tidak hal ini juga akan mempengaruhi masa depan orang yang berkarir sebagai wedding organizer. Jika klien merasa tidak puas maka wedding organizer tidak memiliki citra yang baik dan jumlah klien pun akan menurun.

 

Bagaimana Cara Menjadi Wedding Organizer Profesional?

Bagi Anda yang berkeinginan menbukan usaha di bidang wedding oragnizer, maka sangat penting untuk berusaha memberikan yang terbaik bagi klien. Lalu bagaimana cara menjadi wedding organizer yang profesional? Berikut cara mudah agar Anda bisa menjadi seorang wedding organizer yang profesional:

cara menjadi wedding organizer

cara menjadi wedding organizer

1. Creative dan Open Minded

Pemikiran terbuka membuat Anda sukses dalam berinteraksi dengan banyak orang dan dalam menghadapi berbagai situasi. Seperti halnya dalam bisnis wedding organizer. Segala sesuatu apabila dilakukan dengan kreatif dan dengan dilandasi pemikiran yang terbuka akan menemui hasil berupa kesuksesan. kreativitas pola pikir yang terbuka sangat menunjang keberhasilan Anda karena akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki keinginn yang berbeda-beda dan bagaimana kita dapat mengakomodasi keinginan mereka? Di sinilah kreativitas ini diperlukan.

2. Tenang dalam segala kondisi

Dalam menjadi perencana pernikahan dari pengantin, maka Anda harus memiliki sifat yang selalu tenang dalam kondisi apapun. Segala aspek psikologis harus diutamakan. Terutama ketenangan ketika terdapat masalah. Jika ada “bencana” dalam perencanaan atau saat berlangsungnya pernikahan, Anda harus mampu tetap tenang di tengah “bencana” tersebut. Seorang wedding planner harus selalu memiliki rencana B hingga Z dan siap beraksi dalam berbagai kondisi darurat.

3. Mampu menjadi negotiator yang handal

Meski terlihat mudah, namun menjadi seorang wedding organizer harus mempu menjadi negotiator yang handal. Pengantin nantimnya akan mengandalkan Anda untuk memesan bunga, menyewa band dan fotografer, merekomendasikan katering, dan membantu menemukan tempat untuk resepsi pernikahan. Dalam hal ini Anda harus dapat menemukan layanan terbaik untuk harga terendah. Hal ini menjadi lebih mudah jika Anda telah reputasi baik dan memiliki hubungan profesional dengan vendor dan tempat.

cara menjadi wedding organizer

cara menjadi wedding organizer

4. Memiliki pengelolaan financial yang baik

Pengelolaan keuangan yang baik harus sangat diperhatikan. Memulai bisnis wedding planner mewajibkan dapat mengelola pengeluaran Anda sendiri dan tetap berpegang pada anggaran, serta bertanggung jawab untuk uang orang lain dan anggaran.  Hal ini nantinya akan membantu lancarnya dalam bisnis wedding organizer. Maka dari itu sangat penting bagi Anda dalam memilih tim yang kompeten di bidang Financial.

5. Mampu mengelola segalanya dengan baik

Ketika Anda sudah terjun di dunia wedding organizer, maka Anda harus maksimal jika bisnis Anda ingin dikenal banyak orang. Seorang konsultan pernikahan bertanggung jawab untuk hampir setiap aspek dari resepsi pernikahan seperti tempat, tema, bunga, makanan, minuman, pakaian, fotografi, bulan madu, dan rincian lain dari pernikahan. Anda juga harus mampu mengelola semua pesanan, tanggal kontrak, dan tenggat waktu yang tentunya membutuhkan sejumlah besar organisasi dan perhatian terhadap detail.

6. Mampu menjaga rasa humor

Semua calon pengantin akan selalu merasa bimbang atau emosional dalam menghadapi hari pernikahannya. Di sini Anda harus memiliki selera humor yang baik untuk menjaga emosional pengantin. Anda harus pandai memberikan solusi terbaik dengan menjadi orang yang humble dan humoris agar klien lebih nyaman dalam memakai jasa Anda.

7. Selalu Up To Date dengan Mode masa kini

Inilah tantangan yang harus Anda hadapi dalam menjadi seorang wedding organizer. Anda harus memiliki selera mode seperti selera yang baik dalam musik, dan selera yang pas tentang warna, bunga, dan tema yang diinginkan calon mempelai. Seorang wedding organizer juga harus mampu bersaing dengan trend pengantin terbaru dan mode, tujuan bulan madu, dan tentu saja beragam pernikahan tradisional. Buatlah konsep yang berbeda dari yang lain sehingga jasa wedding organizer Anda lebih unggul dari yang lain.

cara menjadi wedding organizer

cara menjadi wedding organizer

Kemampuan cekatan dan sejenisnya akan sangat dibutuhkan oleh wedding organizer. Di sini kekompakan tim merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap anggota wedding organizer. Karena itulah sifat terbuka dan mudah bergaul adalah kepribadian yang tepat untuk menjadi bagian dari tim wedding organizer. Sebagai wedding organizer yang profesional harus bisa menghadapi berbagai masalah di setiap situasi terutama saat menjelang resepsi pernikahan klien.

Awal dari bisnis wedding organizer Anda sendiri akan menjadi pengalaman belajar yang baik. Tidak ada yang tahu tentang segala sesuatunya, dan praktek yang terus menerus akan membuatnya sempurna. Itulah cara mudah menjadi wedding organizer yang profesional. Anda yang ingin terjun ke jasa perencanaan pernikahan bisa mencobanya. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment