Menulis judul berita atau headline yang menarik perhatian untuk sebuah situs web memerlukan lebih banyak perencanaan dan biasanya lebih dari dua kata. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara dalam menulis headline terbaik untuk website Anda.

  1. Fokus pada Kata-kata dan Frase Deskriptif

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat headline adalah pemilihan kata-kata dan frase deskriptifnya. Membuat headline untuk website tentu berbeda dengan headline yang terdapat di media cetak. Pada media cetak, biasanya mereka menggunakan kata-kata yang heboh dan tajam. Sedangkan untuk headline dalam website, Anda perlu mengambil kata-kata yang memiliki inti dan deskriptif.

Perlu diingat bahwa headline Anda tidak harus terhubung dengan foto atau dikirim secara otomatis ke situs jejaring sosial, Anda perlu menulis sesuatu yang dapat berdiri sendiri. Dengan pemilihan kata-kata yang tepat dan deskriptif, Anda dapat menarik minat pembaca untuk mengklik dan membacanya lebih lanjut.

2. Gunakan Search Engine Optimization Saat Menulis Headline

Optimalisasi mesin pencari adalah alasan lain untuk menulis judul yang lebih panjang daripada hanya dua kata. Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya menggunakan frase kata kunci Anda untuk membantu pembaca menemukan cerita Anda. Saat menulis berita utama untuk web, tujuan Anda harus selalu menampilkan cerita Anda di halaman pertama hasil mesin pencari. Ada banyak faktor yang berhasil, namun menulis headline yang berisi kata kunci untuk cerita Anda adalah faktor awal yang perlu dilakukan.

Misalnya headline Anda adalah ‘Roxanne Smith Memenangkan Pertandingan Bulu Tangkis. “Roxanne Smith,” “Memenangkan” “Pertandingan” dan “Bulu Tangkis” adalah semua istilah yang akan diketahui dan diunduh oleh mesin telusur. Itu juga kata-kata yang kemungkinan akan dicari oleh pengguna mesin telusur di kotak telusur. Cantumkan semuanya dan sertai dengan cerita menarik Anda, maka mesin telusur akan bekerja untuk Anda dan meningkatkan pengunjung yang datang.

3. Gunakan Nomor dan Data Tertentu Pada Headline

Sebuah judul atau headline akan menyumbang sekitar 50% dari efektivitas sebuah posting website Anda. Jika sekali saja Anda gagal untuk membuatnya banyak di klik, maka selanjutnya akan sulit pula untuk mendapatkan perhatian pembaca. Untuk itu, Anda bisa menyertakan sebuah data tertentu yang lebih spesifik ke dalam headline.

Hal tersebut merupakan cara yang efektif untuk membuat konten Anda lebih menarik bagi pembaca. Menurut Neilpatel.com, sebuah headline yang menyertakan data spesifik akan menghasilkan 73% peningkatan interaksi pembaca agar menyelesaikannya hingga akhir. Mengapa sebuah angka pada headline dapat mendongkrak klik pada konten Anda?

Hal ini dikarenakan, nomor di tengah kata-kata lain yang berupa huruf akan memberikan pengaruh besar pada otak kita. Otak akan membaca lebih cepat ketika diberikan sebuah angka-angka tersebut. Selain menggunakan data spesifik menggunakan persen, menggunakan angka pada headline ternyata juga memberikan dampak yang luar biasa.

Jika Anda perhatikan banyak headline yang menampilkan angka-angka ganjil, pernakah Anda berpikir mengapa mereka menggunakan angka-angka ganjil? Menurut ContenMarketingInstitute.com, otak tampaknya telah percaya angka ganjil lebih mempunyai efektivitas ampuh. Nomor ganjil juga tampaknya mampu membantu orang mencerna dan mengingat informasi dengan lebih mudah.

Jika Anda membuat sebuah konten berupa panduan atau langkah demi langkah, maka jangan membuatnya lebih dari sembilan langkah. Karena, otak manusia biasanya mengalami kesulitan untuk memproses lebih dari sembilan langkah yang panjang.

Menulis berita utama yang efektif untuk web membutuhkan beberapa pemikiran. Tapi dengan hanya sedikit latihan, Anda dapat meningkatkan statistik situs Anda dengan membangun berita utama yang menarik namun menarik yang dapat menjual cerita ke mesin pencari dan pembaca Anda.

Send Comment

Captcha *