Cara mudah mendapatkan pinjaman menjadi sebuah hal yang penting ketika anda mulai memutuskan untuk membuka suatu usaha. Dalam hal ini, tentu ada banyak cara dan penerapan yang bisa anda lakukan. Dalam rangka mendapatkan uang dari usaha kecil tersebut, tentunya beberapa cara perlu anda terapkan didalamnya. Pada saat anda mampu melakukan semuanya dengan baik, sudah pasti hasil besar akan bisa anda dapatkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa modal adalah sebuah kendala utama seseorang dalam melakukan usaha. Mereka punya ide dan skema bisnis yang sangat baik, sayangnya itu semua terhalang oleh yang namanya modal.

Di satu sisi cara mudah mendapatkan pinjaman juga sebetulnya tidak rumit, hanya saja anda merasa khawatir, cemas dan bingung bagaimana harus memulainya. Lalu anda juga terkadang akan berpikir dimanakah anda akan bisa mendapatkan modal untuk sukses. Dari sinilah bisa anda lihat bahwa pendanaan menjadi sesuatu yang sangat krusial yang akan menentukan apakah anda bisa segera take action dalam bisnis tersebut atau tidak. Jika berhasil, tentu saja akan banyak yang nantinya bisa anda temukan didalamnya. Untuk lebih jelasnya tentang cara mudah mendapatkan pinjaman, simak selengkapnya berikut ini:

1. Memiliki Riwayat Kredit Yang Bagus

Satu hal yang pasti dalam cara mudah mendapatkan pinjaman tersebut adalah memiliki riwayat kredit yang bagus. Pada saat anda memiliki riwayat kredit yang bagus, maka di situlah anda akan mampu mendapatkan pinjamnan dengan mudah. Riwayat kredit yang bagus di sini adalah apakah anda pernah menunggak pembayaran atau tidak, lalu apakah anda punya catatan hitam dalam membayar pinjaman, dan lain sebagainya. Jadi upayakan untuk tidak memiliki catatan hitam semacam ini.

Lebih beruntung lagi jika ini adalah kali pertamanya anda meminjam modal. Karena anda akan berpeluang lebih besar untuk mendapatkan pinjaman itu sendiri. Dalam hal ini anda bisa melihat bahwa hal tersebut bisa anda lakukan dan terapkan dengan cara yang signifikan. Jadi ini adalah poin penting yang harus anda perhatikan terlebih dahulu.

2.  Memanfaatkan KTA Fintech

Jika anda merasa bahwa pinjam uang di bank cukup rumit karena banyaknya persyaratan kredit yang harus dipenuhi. Belum lagi pengajuan anda tidak bisa segera di ACC karena harus melalui berbagai proses, mulai dari audit dan lain sebagainya, maka alangkah baiknya jika anda memanfaatkan KTA Fintech.

Kehadiran Fintech itu sendiri akan sangat berguna bagi anda dalam rangka memberikan penawaran pinjaman kredit dengan syarat dan ketentuan yang notabene lebih mudah ketimbang bank. Dari sinilah anda nantinya akan bisa mendapatkan sumber pembiayaan yang lebih mudah, dan bisa dijangkau oleh pengusaha kecil. Anda pun akan bisa lekas dan segera mendapatkan pendanaan tersebut dengan mudah, cepat dan transparan.

3.  Modal Ventura

Cara mudah mendapatkan pinjaman berikutnya juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan modal ventura. Apakah itu modal ventura? Modal ventura adalah sebuah metode dimana anda akan bisa mendapatkan pinjaman di bank tanpa jaminan. Tentu saja ini adalah sesuatu yang sangat menarik. Ini akan menjadi sebuah pilihan tepat bagi pengusaha kelas mikro.

Pada saat anda kebingungan dengan mencari layanan pinjaman di bank yang notabene anda harus memiliki aset yang nantinya digunakan sebagai jaminan, modal ventura siap memberikan kepada anda bantuan modal untuk usaha, tanpa perlu harus dipusingkan dengan menyediakan jaminan yang ada didalamnya.

4. KUR Bunga Rendah

Opsi lainnya bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan KUR bunga rendah. Ini adalah salah satu pilihan yang bias anda coba dalam rangka mendapatkan pemasukan yang anda butuhkan didalamnya. Keunggulan dari KUR ini sendiri bisa dilihat dari suku bunga pinjamannya yang santgat rendah. Bahkan Pemerintah juga turut serta memberikan subsidi bunga atas pinjaman berjenis KUR ini.

Dari sinilah anda akan bisa melihat bahwa KUR menjadi cara mudah mendapatkan pinjaman yang tepat untuk alternatif. Satu hal yang pasti jika ingin mengajukan pinjaman terhadap KUR, anda juga harus memenuhi sejumlah persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak pemberi pinjaman itu sendiri. Pelajari terlebih dahulu persyaratan-persyaratannya apa saja supaya kelak pengajuan anda bisa disetuji dengan baik.

5. Meminjam Lewat P2P Lending

Ini merupakan salah satu inovasi Fintech yang sangat luar biasa, yaitu pinjaman lewat Marketplace. Dalam hal ini istilah tersebut terkenal dengan sebutan P2P Lending. Ada sejumlah platform yang bisa dipilih oleh para pengusaha kecil agar bisa mendapatkan modal yang diinginkan, antara lain sebagai berikut:

  • Investree: Ini adalah lembaga yang berfokus pada pembiayaan tagihan atau terkenal dengan sebutan invonice financing. Tidak ada jaminan yang diperlukan untuk memperoleh pinjaman yang satu ini.
  • Modalku: Berikutnya adalah lembaga Modalku yang menawarkan pinjaman ke merchant yang ada di eCommerce, misalnya di Tokopedia dan lain sebagainya. Tidak ada jaminan yang diperlukan dalam pinjaman satu ini.
  • Amartha: Ini merupakan bentuk pinjaman kepada kumpulan atau grup lending. Anda juga bisa memilih tipe yang satu ini.

6. Koperasi Kredit Union

Jika anda ingin memilih opsi lainnya, anda akan bisa mendapatkannya lewat koperasi Credit Union. Ini adalah salah satu pilihan jenis pinjaman yang bisa anda maksimalkan dengan baik supaya mampu mendapatkan hasil yang cepat dan tepat sesuai dengan yang anda butuhkan. Salah satu syarat yang harus anda penuhi antara lain anda harus menempatkan pinjaman terlebih dahulu. Kemudian, jika sudah memenuhi syarat tersebut, anda bisa mengajukan pinjaman yang diinginkan.

7. Lengkapi Dokumen Dan Persyaratan Yang Diperlukan

Dalam tahap yang lebih detail, tentu saja anda perlu untuk melengkapi dokumen dan pesyaratan yang diperlukan supaya pengajuan yang anda berikan tersebut bisa diterima dengan baik. Jika ada syarat dokumen yang harus dipenuhi, anda sebagai pihak peminjam juga harus menyediakannya dengan tepat. Dari sinilah anda akan merasakan sendiri manfaat signifikan yang bisa anda temukan didalamnya itu sendiri. Semuanya itu akan mampu menghadirkan kepada anda sesuatu yang tepat dan anda butuhkan didalam nya.

Sebetulnya tidak ada ribet dalam hal ini karena pada dasarnya semua persyaratan yang dibutuhkan tersebut juga tidak susah untuk didapatkan. Jangan mudah terbawa arus kecemasan diri anda sendiri bahwa mendapatkan modal itu sulit. Anda harus memiliki mindset bahwa cara mudah mendapatkan pinjaman itu ada. Kemudian, satu hal yang tak kalah pentingnya, gunakan uang pinjaman tersebut dengan bijak dan benar-benar dipakai untuk keperluan menjalankan bisnis anda saat ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang cara memperoleh pinjaman yang anda butuhkan. Dengan penerapan tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat dan keuntungan yang akan bisa anda peroleh didalamnya. Anda bisa segera menjalankan bisnis tanpa perlu terkendala modal lagi.

Baca Juga: Cara Promosi Cuma Berbekal Kreativitas Dan Waktu

Send Comment