Pemasaran adalah salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya pemasaran, produk yang telah Anda buat tidak akan diterima dengan semestinya oleh pasar. Tanpa adanya penjualan, bisnis yang Anda jalani bisa gulung tikar, alias bangkrut. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang jitu sangat diperlukan agar produk bisa diterima dan dibeli oleh masyarakat sebagai sasaran produk Anda. Dan pemasaran sangat berkaitan dengan cara promosi produk.

Salah satu faktor penentu sukses pemasaran adalah cara promosi produk. Cara promosi produk menjadi salah satu fokus utama para pebisnis dimanapun berada. Terlebih di era yang serba digital seperti saat ini. Mayoritas pebisnis atau pelaku usaha berbondong-bondong untuk memasarkan bisnis secara online. 

Ada banyak platform yang bisa digunakan sebagai media promosi. Terutama di dari sisi media digital. Mulai dari website, mesin pencari, dan media sosial. Salah satu media sosial yang banyak digunakan sebagai media promosi adalah Instagram. 

Kanca Jejualan, pada artikel ini, kami akan membagikan pada Anda tentang 12 cara promosi di Instagram untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai selesai. 

Instagram Sebagai Media Promosi 

Berjualan online mungkin tak semudah yang banyak dipikirkan oleh orang kebanyakan. Namun, jualan online juga tak selamanya repot seperti pandangan banyak orang. Asal mengetahui ilmunya, semua orang bisa menjadi pedagang online. Apalagi pasar online Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu.

 Dengan hal ini, pertumbuhan pasar online menjadi sangat besar. Apalagi di masa-masa yang rentan seperti ini, dimana orang-orang harus lebih kreatif dalam menemukan peluang-peluang baru. Ini tentu saja akan membuat persaingan, tetapi banyak hal yang akan Anda dapatkan. Seperti pengalaman, dan tentunya, ilmu jualan yang akan sangat berguna ketika Anda memutuskan fulltime jualan online.

Dan salah satu tools yang dapat digunakan untuk jualan online adalah jualan lewat Instagram. Hari ini, siapa yang tak kenal dengan media social bernama Instagram. Instagram hadir dengan berfokus sebagai social media berbagi foto pada awalnya. Hingga kini, Instagram menjelma menjadi aplikasi dengan pengguna aktif terbanyak kedua di dunia setelah Facebook. Saat ini penggunanya telah melewati angka 700 juta akun di seluruh dunia. 

Cara Promosi di Instagram Untuk Pemula 

Lantas, bagaimana cara promosi di Instagram? Berikut ini adalah cara promosi di Instagram untuk pemula: 

Melengkapi Profil Instagram 

Untuk menambahkan kepercayaan dari pengguna Instagram, pastikan profil Anda sudah diisi dengan informasi yang lengkap dan jelas. Ada beberapa teknik untuk memaksimalkan profil Instagram agar lebih terpercaya. Berikut ini adalah tips singkat tentang profil membuat profil Instagram yang harus Anda tahu: 

  • Menggunakan username yang singkat, padar, mudah dicari, dan diingat orang. 
  • Memberikan kata kunci. 
  • Menggunakan foto profil terbaik. 
  • Memberikan deskripsi singkat. 
  • Gunakan emoji agar lebih baik. 
  • Berikan kalimat call to action terbaik. 
  • Menambahkan link website. 

Menentukan Tema Feed Instagram 

Feed Instagram bisa menjadi ciri khas sebuah akun bisnis. Berikan waktu untuk melakukan interaksi dengan pengikut dengan membagikan konten-konten edukasi yang bermanfaat kepada pengunjung. Tujuannya tak lain agar pengikut dijejali konten-konten jualan. 

Membuat Postingan Secara Konsisten 

Manfaat membuat postingan Instagram secara konsisten adalah agar mudah terlihat oleh pengikut, sehingga bisa terjadi interaksi antar brand dan pengikutnya. Interaksi ini diharapkan dapat berubah menjadi konversi penjualan langsung dari pengikut. Selain itu, dengan sering mengupload konten dapat menjadikan branding Anda semakin kuat.

Menggunakan Hashtag

Tahukah Anda, bahwa hashtag di Instagram memiliki fungsi untuk memudahkan orang ketika melakukan pencarian. Dengan menggunakan hashtag atau tagar, postingan Anda akan lebih mudah ditemukan oleh orang lain. 

Tetapi satu hal yang harus Anda catat adalah, gunakan hashtag sewajarnya saja. Dan pastikan juga hashtag yang Anda gunakan, relevan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Membangun Relasi dengan Akun yang Relevan dengan Bisnis 

Untuk mulai menjalin relasi dengan akun lain, Anda bisa memfollow pada akun Instagram yang sejenis dengan akun Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar pada setiap postingannya. Namun yang harus Anda ingat, jangan sampai melakukan spamming komentar. Anda bisa menggunakan teknik soft selling. 

Jangan Lupa Menyertakan Shortlink Produk

Dibandingkan platform sosial media lainnya, Instagram adalah satu-satunya sosmed yang tidak dapat menyertakan tautan pada caption ataupun kolom komentar. Maka, solusinya adalah menggunakan shortlink. Shortlink berfungsi untuk memperpendek tautan sehingga lebih mudah diingat. 

Baca Juga : 3 Langkah Mudah Membuat Facebook Shop

Cara lainnya, Anda bisa memasang tautan produk di halaman profil Instagram. Jadi, ketika ada yang memberikan pertanyaan di kolom komentar, Anda bisa mengarahkan ke halaman bio atau profil Anda. 

Memberikan Diskon Untuk Pengikut Setia

Memberikan diskon, adalah salah satu strategi promosi yang sangat lumrah ditemui pada akun-akun Instagram Bisnis. Misalnya, jika orang ingin mendapatkan diskon spesial dari Anda, mereka harus follow akun Instagram Anda, dan klik tombol like, tag teman di kolom komentar, serta membagikan postingan tersebut. Dan cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan pengikut sekaligus engagement. 

Membagikan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan adalah salah satu cara yang banyak dipilih pebisnis online untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Agar tidak merusak tampilan feed, Anda bisa mencantumkan testimoni pelanggan di fitur Instastory. 

Share, Share, Share

Untuk memaksimalkan promosi di Instagram, Anda bisa menggunakan sosial media lain atau website untuk membagikan akun Instagram yang Anda miliki. Tujuannya tak lain adalah agar mengarahkan orang-orang untuk mem-follow akun Instagram yang Anda kelola. 

Endorsement

Endorsement adalah salah satu strategi pemasaran online yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Alasan utama pemilik bisnis untuk menggunakan strategi endorsement adalah untuk mempromosikan produk yang mereka jual dan agar penjualan meningkat. 

Jika Anda tertarik untuk meng-endorse para influencer, Anda harus mempersiapkan dana yang cukup bervariasi. Dari ratusan ribu rupiah, hingga jutaan rupiah. Bahkan tak sedikit influencer yang mematok harga endorsement hingga puluhan juta. 

Paid Promote

Paid promote, secara umum cukup mirip dengan endorsement tapi sebenarnya cukup berbeda. Bila endorsement memanfaatkan selebgram untuk berpromosi, paid promote lebih pada akun-akun Instagram yang memang memberikan ruang atau slot promosi di Instagram mereka. 

Beriklan Menggunakan Instagram Ads

Cara promosi di Instagram yang terakhir adalah dengan beriklan. Dan beriklan di Instagram Ads, adalah salah satu cara yang biasa digunakan untuk berpromosi. Umumnya, di bagian atas postingan Instagram Ads ada keterang “sponsored”. 

Untuk bisa memasang iklan di Instagram, Anda harus menggunakan Facebook Business Manager atau FBM. Dengan FBM, Anda bisa mengatur format iklan sesuai dengan keinginan Anda. 

Penutup

Dengan pengguna aktif sebanyak 700 juta akun, maka tak dapat diragukan lagi bahwa Instagram telah mengalami banyak perubahan. Dari sebuah platform media sosial semata, hingga menjadi salah satu alat bisnis yang sangat populer.Semoga artikel ini dapat memberi inspirasi untuk Anda tentang cara promosi di Instagram untuk pemula. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment