online shop

Seiring berkembangnya teknologi internet di Indonesia, memunculkan banyak sekali startup e-commerce. Mereka membangun toko online yang menjual produk sangat lengkap seperti mall dengan kelebihannya masing-masing, tujuannya adalah untuk mewadahi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara mudah dan cepat tanpa repot hanya cukup di depan laptop, tab atau smartphone selama perangkat tersebut terhubung dengan internet.
Banyaknya toko online yang kini menjamur di Indonesia membuat kita perlu waspada dan berhati-hati dalam memilih toko online terbaik. Tidak jarang saat ini toko online yang hanya mengambil keuntungan dengan cara menipu pelanggannya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa cara tepat untuk memilih toko online terbaik.

1.    Memastikan Websitenya Profesional

Salah satu cara memilih toko online terbaik adalah dengan melakukan pengecekan pada website yang dimiliki. Website dari toko online yang dikelola secara profesional oleh ahlinya akan mudah ditemukan di mesin pencari. Anda bisa melihatnya secara langsung apakah tampilannya baik dan tidak abal-abal. Pastikan semua fasilitas yang ditawarkan memudahkan konsumen dalam berbelanja.

2.    Fasilitas Pembayaran yang Aman

Fasilitas yang diberikan harus mencakup pembayaran yang aman, artinya data-data yang akan Anda berikan dapat dijaga dengan baik. Biasanya, tawaran pembayaran juga lebih beragam mulai dari transfer, ATM, hingga kartu kredit dan COD untuk wilayah-wilayah tertentu.

toko online

3.    Memiliki Nomor Telepon Fixed Phone

Nomor telepon toko online umumnya berupa nomor telepon yang berjenis PSTN. Meskipun ini bukan menjadi patokan utama, tetapi dengan adanya fixed phone ini mengindikasikan bahwa toko online tersebut memiliki alamat jelas sehingga mudah dilacak keberadaannya. Dengan begitu, maka kredibilitas toko online tersebut dapat dipertimbangkan.

4.    Memiliki Track Record yang Baik

Cara mudah untuk mengetahui rekam jejak dari toko online adalah Anda bisa melihat komentar atau review dari orang-orang yang pernah mengunjunginya. Selain itu Anda juga bisa dengan mencari tahu umur dari domain atau websitenya. Anda juga bisa mengeceknya menggunakan Google Rank.

5.    Tawaran Harga Realistis

Toko online terbaik akan memberikan tawaran harga realistis, meskipun ada diskon atau potongan harga. Harga jualnya yang diberikan akan hampir sama dan bukan termasuk bentuk penipuan yang membuat konsumen harus membayar biaya tambahan lain.

6.    Memberikan Jaminan

Jaminan adalah salah satu hal yang penting saat melakukan jual beli untuk menjamin kondisi dan ketahanan produk. Toko online yang memberikan jaminan artinya memiliki tanggung jawab jika seandainya barang yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang dipesan. Baik dalam hal pilihan warna, bentuk, atau apapun yang tidak sesuai. Harus ada ganti rugi yang diberikan dengan pengiriman barang baru kepada konsumen.

7.    Adanya Customer Service yang Dapat Dihubungi

Biasanya toko online yang terbaik selalu mempunyai customer service yang setiap saat dapat membantu para konsumen yang tengah mencari keperluan. Maka dari itu, pastikanlah Anda memilih toko online terbaik yang mempunyai customer service dalam melayani setiap konsumennya. Dan untuk mengantisipasi kasus penipuan, maka alangkah lebih baik jika Anda menanyakan dengan siapa Anda berkomunikasi dan mencatat nomor telepon perusahaan yang digunakan.
Demikianlah beberapa cara tepat dalam memilih toko online terbaik. Jika Anda sendiri ingin menjalankan toko online untuk menjadi yang terbaik maka Anda bisa menggunakan Jejualan. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang handal dan terpercaya. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


8 − = four