Metode smart goals yang diterapkan dengan baik akan mampu menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi anda, khususnya dalam rangka mencapai target yang diinginkan dengan mudahnya. Apa itu SMART? SMART adalah singkatan dari Specific Measurable Achieveable Relevant dan Timebound. Dalam prakteknya, tentu metode smart goals ini akan bisa membantu anda lebih mudah dalam menyusun rencana di depan, serta membantu anda untuk bisa sukses dalam membangun bisnis dan menghadapi persaingan di era global ini.

Pada kenyataanya, metode smart goals ini sudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan besar yang ada di dunia. Adnaya metode yang satu ini bisa dengan begitui mudah membantu mereka dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan dengan mudah. Pada akhirnya hal tersebut menjadi sebuah tujuan utama yang penting dalam penerapan hal yang satu ini. Di satu sisi, perencanaan juga adalah bagian yang paling krusial supaya anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan signifikan untuk jangka panjang. Beriku adalah bagaimana cara menerapkan metode smart goals tersebut untuk mencapai apa yang diinginkan dalam kehidupan anda.

Specific (Spesifik Atau Khusus)

Ketika anda ingin menerapkan metode smart goals, maka tahapan awalnya adalah memahami secara spesifika apa sebenarnya target yang ingin anda capai tersebut. Untuk lebih mempermudah dalam menerapkan hal ini, anda bisa mencoba untuk membaginya dalam bentuk target umum dan juga target spesifik. Untuk target umum, anda bisa mencoba untuk memikirkan apa pilihan investasi yang rencananya akan anda pilih untuk jangka panjang. Sementara, target spesifik bisa anda tentunya dengan lebih detail lagi, misalnya sudah memiliki rumah sendiri untuk 5 tahun mendatang.

Dengan adanya skema tersebut, maka hal tersebut akan membentuk pola pikir dan semangat yang anda butuhkan dalam rangka mencapai hasil yang diinginkan dengan mudah. Pada penerapannya memang hal ini adalah sesuatu yang sangat penting. Adanya target semacam ini juga secara tidak langsung akan bisa membantu anda dalam meraih dan mencapai semua hasil yang anda butuhkan dan inginkan dengan mudahnya.

Measurable (Terukur)

Apa yang harus terukur dalam hal ini? Tentu saja anda juga harus melakukannya secara spesifik, yaitu dengan menentukan tujuan spesifik apa yang sudah anda buat dan ciptakan sejauh ini. Apakah semuanya sudah berjalan sesuai dengan yang anda inginkan. Atau masih ada beberapa hal yang harus anda persiapkan lagi? Semuanya itu harus memiliki parameter yang jelas. Anda harus melihat semuanya berdasarkan fakta-fakta yang ada didalamnya.

Sehingga pada aplikasinnya nanti, anda akan bisa tahu apa saja langkah-langkah real yang harus diterapkan agar semuanya bisa anda capai dengan tepat dan juga mudah. Misalnya jika anda memiliki target untuk membeli rumah seharga Rp 500 juta dalam waktu 5 tahun, maka setidaknya uang yang harus anda sisihkan per bulannya adalah sekitar 9 juta untuk bisa mencapai nominal yang diinginkan tersebut.

Achievable (Bisa Dicapai)

Yang juga tak kalah pentingnya dalam metode smart goals tersebut adalah bagaimana anda menentukan sesuatu yang achievable atau bisa diraih dengan mudahnya. Anda harus menentukan target yang realistis. Jadi jangan membuat target yang menurut anda mustahil untuk dicapai dengan cara yang kurang realistis. Misalnya anda ingin membeli mobil Lambhorgini dalam waktu 1 tahun, sementara income anda hanya Rp 10 juta per bulan. Bagaimana mungkin anda bisa menerapkan itu semua dengan baik? Jadi mulailah dengan memikirkan sesuatu yang achievable atau bisa anda raih dengan mudahnya.

Relevant (Sesuai)

Anda juga harus memahami dengan baik metode smart goals yang akan anda lakukan tersebut apakah sudah relevan dengan target tersebut atau tidak. Misalnya anda ingin menyisikan uang untuk dana tabungan anak anda dalam beberapa tahun ke depan. Tentu saja anda harus setidaknya menentukan berapa kira-kira peningkatan tabungan tersebut setiap bulan.

Jika diasumsikan bahwa biaya pendidikan anak selalu meningkat 15% per tahunnya, maka ketika anda berinvestasi, maka setidaknya imbal hasil minimal yang harus bisa anda dapatkan adalah 15% pula untuk setiap tahunnya. Dengan cara inilah maka adna pun akan bisa mendapatkan dan menemukan hasil yang dibutuhkan tersebut dengan cara dan penerapan yang tepat. Pada akhirnya, ini akan sangat relevan dan juga signifikan penerapannya dalam rangka mendapatkan hasil yang anda butuhkan didalamnya itu sendiri. Manfaat dalam jangka panjang pun juga akan bisa anda capai dan peroleh dengan mudah.

Timebound (Batas Waktu)

Hal dalam metode smart goals yang juga tak kalah pentingnya adalah batas waktu atau Timebound. Dalam hal ini, anda bisa menentukan batasan waktu yang akan bisa anda lakukan untuk mencapai goal tersebut. Dengan adanya batasan waktu ini, setidaknya anda akan fokus pada mempersiapkan diri sedini mungkin sebelum hal yang anda inginkan tersebut bisa dicapai. Hal ini akan memacu anda untuk berjuang dengan lebih giat lagi untuk rencana jangka panjang yang anda inginkan.

Misalnya, anda memiliki rencana ingin memperoleh portofolio investasi dalam 3 tahun ke depan, maka setidaknya anda harus sudah melakukan persiapan yang matang sejak sekarang untuk memperoleh portofolio investasi tersebut sebelum waktu yang ditetapkan telah datang. Dari sinilah dengan adanya persiapan tersebut maka hasil yang nantinya anda raih dan ingin dicapai pun juga akan terlaksana dengan mudah.

Poin Penting Dalam Penerapan Metode Smart Goals

Memang terlihat tidak mudah, tapi anda akan bisa mendapatkan dan mencapai hasil yang dibutuhkan tersebut selama mengetahui bagaimana cara menerapkan itu semua dengan metode yang tepat dan baik. Dari sini anda pun akan mampu memperoleh dan merasakan hasil yang jelas nyata dan bisa anda capai dengan mudah didalamnya.

  • Mulailah segala sesuatu dari hal yang kecil terlebih dahulu, misalnya dengan melakukan pendanaan terhadap platform yang berjenis P2P Lending.
  • Tentukan juga target anda secara spesifik terkait dana yang sudah anda lakukan tersebut. Jangan lupa untuk kedepannya, anda juga harus mengukur imbal hasil dari pendanaan itu sendiri.
  • Tentukan terlebih dahulu berapa nominal modal yang setidaknya harus terkumpul agar portofolio yang anda inginkan tersebut bisa tercapai dengan mudah.
  • Jika anda ingin menerapkan investasi yang tepat, sudah pasti anda tidak boleh sembrono dan harus benar-benar selektif dalam menentukan mana opsi yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Jangan sampai salah dalam menerapkannya karena ini akan berimbas pada sesuatu yang fatal dan tidak anda inginkan.
  • Terapkan metode smart goals di atas dengan sangat disiplin dan juga terukur. Jika anda bingung, anda juga bisa meminta bantuan atau berkonsultasi pada ahli keuangan untuk menerapkan hasil yang lebih baik lagi.

Kesimpulannya, terapkan metode smart goals ini dalah kehidupan sehari-hari dan anda pun akan melihat hasilnya yang sangat luar biasa di masa mendatang.

Baca Juga: Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja

Send Comment