Usaha kecil mikro atau UKM memiliki peran yang signifikan dalam menggerakan roda perekonomian yang ada di Indonesia. Ada beberapa jenis UKM yang ada di Indonesia, yakni usaha kecil, usaha mikro dan usaha menengah. Usaha mikro merupakan usaha produkti yang memiliki aset dengan nilai Rp 50 juta, dan mampu menghasilkan omzet hingga Rp 300 juta. Sementara usaha kecil adalah usaha produktif dengan aset berkisar 50 sampai 500 juta Rupiah, dengan omzet yang dihasilkan mencapai Rp 300 juta sampai Rp 2,5 Miliar.

Terakhir, usaha menengah adalah usaha produktif yang memiliki aset berkisar Rp 500 juta hingga Rp 100 miliar,  dengan omzet mencapai Rp 2,5 Miliar sampai 50 miliar. Dari sini anda bisa melihat bahwa usaha kecil mikro memang berperan cukup besar dalam pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia karena angkanya yang fantastis tersebut. Pertanyaanya, pilihan usaha kecil mikro apa yang paling bagus untuk bisnis anda? Berikut adalah beberapa inspirasi UKM yang bisa anda pilih.

Bisnis Kuliner

Ide Usaha Kecil Mikro Yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

jejualan.com

UKM yang satu ini memang sedang populer saat ini. Banyak sekali orang-orang berbagi di social media tentang produk makanan lezat yang mereka beli. Bahkan hal ini menimbulkan kesan kebanggaan tersendiri bagi mereka mengupload kuliner lezat tersebut di social media, kemudian banyak komentar berdatangan dari segala penjuru. UKM yang satu ini juga tak hanya populer di kalangan millenials muda, tapi juga anak-anak dan Gen-Z. Apabila anda tinggal di kota besar atau letak yang strategis, sudah pasti anda bisa membuka sebuah bisnis kuliner terbaik untuk memberikan kepuasan kepada banyak orang dan juga semua yang anda butuhkan didalamnya. Produk makanan yang lezat seperti pizza, martabak, steak, dan lain sebagainya bisa menjadi opsi yang menjual karena sedang trending saat ini.

Bisnis Fashion

Usaha kecil mikro dalam bidang fashion bisa menjadi pilihan yang tepat karena perkembangan fashion selalu up to date setiap saat. Bisnis yang anda miliki pun akan berpotensi menjadi incaran banyak pelanggan. Pasalnya, mereka bisa mendapatkan produk pakaian yang up to date melalui toko online anda tersebut. Di sini anda bisa menjual berbagai macam produk fashion, tak hanya pakai saja, tapi juga bisa aksesoris, sepatu, celana, jam tangan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjual dengan berbagai pilihan merk yang populer ada di Indonesia. Jika usaha kecil mikro ini sukses, maka anda akan berpeluang menjual produk yang anda miliki tak hanya di kancah lokal tapi juga internasional.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Facebook Marketing

Bisnis Perawatan Kecantikan

Bisnis perawatan kecantikan juga mampu menjadi opsi yang tepat untuk UKM yang anda jalankan. Pasalnya, jenis bisnis yang satu ini memiliki potensi yang bagus untuk semua usia, terutama kaum hawa. Disini anda bisaa menjajakan produk perawatan kecantikan dari berbagai merk. Sejumlah industri seperti salon kecantikan, perawatan wajah, program diet, dan lain sebagainya bisa anda pilih sekarang juga. Bisnis ini akan semakin sukses jika anda benar-benar bisa memberikan produk terbaik dengan bahan alami atau gaya promosi yang menjual.

Bisnis Usaha Kecil Mikro Furniture

Usaha kecil mikro lainnya yang bisa anda bangun adalah furniture. Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis yang satu ini juga berkembang sangat pesat di Indonesia. Bahkan di mall-mall ada banyak sekali toko yang menjual perabotan rumah tangga dengan berbagai kualitas tersebut. Tak hanya menjual furniture melalui toko fisik saja, tapi anda juga bisa menjual perabotan tersebut via internet atau online. Jadi tak ada yang perlu anda cemaskan lagi. Selain itu, bisnis furniture ini juga akan cepat berkembang pesat jika anda menjajakan produk tersebut via marketplace atau e-commerce. Keuntungan yang didapat bisa lebih banyak.

Bisnis Penginapan

Ide Usaha Kecil Mikro Yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

jejualan.com

UKM yang satu ini juga menjadi pilihan bisnis yang paling banyak digunakan. Jenis usaha kecil mikro di bidang penginapan paling sering dicari di tempat-tempat wisata yang strategis.  Banyak orang yang memilih untuk berlama-lama saat berkunjung ke tempat wisata. Anda pun bisa menjadi salah satu orang yang menyediakan tempat tersebut kepada pelanggan. Dengan tarif yang kompetitf dan tempat penginapan yang nyaman, sudah pasti banyak keuntungan yang akan bisa diperoleh dari bisnis yang satu ini. Selain itu, jika property tersebut sudah menjadi milik anda secara resmi, maka bisnis ini bisa mendatangkan passive income kepada anda.

Bisnis Fotografi

Pilihan usaha kecil mikro lainnya yang bisa anda pilih adalah layanan foto dan video. Bagi anda yang sanggup mengopersaikan kamera DSLR atau kamera-kamera professional lainnya, alangkah baiknya jika anda membuka UKM yang satu ini. Disini anda bisa membuka jasa foto untuk pernikahan, wisuda, ulang tahun dan lain sebagainya. Kenapa memilih UKM ini? Pasalnya fotografi adalah bidang usaha yang akan selalu mendapatkan banyak pelanggan dan juga digunakan oleh banyak orang. Anda bisa mempromosikan bisnis yang anda buat ini melalui internet, social media, dan juga membuka toko fisik secara langsung. Orang pun akan berbondong-bodong datang kepada anda.

Bisnis Marketing

Pilihan Usaha kecil mikro lainnya yang juga tak kalah menguntungkan adalah agen marketing atau Digital Marketing Agency. Jika anda sangat ahli dalam bidang content writing, SEO, Copywriting, dan lain sebagainya, maka bisnis yang satu ini sangatlah disarankan! Anda akan bisa mendapatkan kemudahan untuk menciptakan bisnis yang benar-benar sesuai kebutuhan pelanggan anda. Banyak orang yang membutuhkan strategi tepat dalam menjalankan bisnis. Bila anda adalah orang yang ahli dalam bidang ini, sudah pasti hal tersebut akan mendatangkan kepada anda lebih banyak keuntungan.

Bisnis Perlengkapan Bayi

Ide Usaha Kecil Mikro Yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

jejualan.com

Membuka UKM yang menjual perlengkapan bayi juga bisa menjadi ide bisnis yang cukup brilian. Pasalnya, produk yang satu ini juga bersifat berkelanjutan atau selalu terus ada dan dibutuhkan sampai kapanpun. Selain itu, anda juga bisa membangun sebuah bisnis yang memudahkan para pelanggan menemukan produk bagi bayi mereka misalnya popok, mainan bayi, baju bayi, botol susu, dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan satu dari pilihan bisnis Usaha kecil mikro diatas, maka anda akan berpeluang untuk menjadi seorang pebisnis atau pengusaha yang sukses. Kini anda akan bisa membuka sendiri toko online yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Anda pun akan mampu membuka sebuah usaha yang mendatangkan lebih banyak keuntungan dan punya peluang besar dikembangkan di masa depan. Pada awalnya, butuh perjuangan dalam menjalankan bisnis ini. Apalagi jika anda adalah pemula. Jika sudah demikian, bangunlah koneksi sebanyak mungkin dan belajarlah banyak hal tentang jual beli barang. Ikut dengan berbagai seminar juga bisa menjadi ide yang sangat brilian. Anda akan bisa mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang cara meningkatkan omzet dalam bisnis. Anda pun bisa menjadi pengusaha UKM yang sukses.

Send Comment

Captcha *