Memilih bisnis Ebook nampaknya semakin banyak minatnya dari berbagai kalangan. Akan tetapi, beberapa orang masih ragu untuk memulainya karena berbagai alasan. Salah satu model dari bisnis online adalah pemasaran produk secara digital. Bentuk-bentuk dari produk digital, salah satunya adalah Ebook. Membuat Ebook juga bisa dibilang cukup mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Bagi beberapa orang, bisnis Ebook adalah bisnis yang sangat menjanjikan dan memiliki peluang yang bagus di masa depan.

Bisnis Ebook sangat memudahkan banyak kalangan. Hal ini karena Anda bisa memasarkannya di marketplace maupun di website Anda pribadi. Semua orang bisa mulai berbisnis Ebook asal ada keahlian khusus yang Anda miliki. Melalui Ebook, Anda bisa menjual keahlian tersebut. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengemas keahlian Anda dalam bentuk panduan dan dijadikan Ebook agar bisa langsung dijual. Hasil dari jualan Ebook pun juga sangat besar. Bahkan Anda bisa menghasilkan hingga ratusan juta. Gimana, tertarik tidak?

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis Ebook?

Memulai bisnis Ebook tidak selamanya harus memiliki keahlian khusus. Bagi Anda yang belum menginginkan membuat Ebook dengan keahlian Anda, maka Anda bisa memulai bisnis Ebook dengan menjual Ebook orang lain. Di sini Anda bisa memanfaatkan sosial media dan berbagai macam cara marketing di internet. Dengan begitu Anda sudah bisa menghasilkan uang dari bisnis ebook.

Bisnis Ebook

Bisnis Ebook

Lalu bagaimana cara memaksimalkan bisnis Ebook? Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan;

1. Persiapkan Ebook yang ingin Anda jual

Ebook adalah buku elektronik. Dikatakan buku elektronik karena susunan dari halaman dan lainnya menyerupai buku, yaitu terdapat pengantar, daftar isi, pembahasan dan lainnya. Meskipun beberapa Ebook membahas suatu materi dengan lebih santai tanpa terkesan seperti buku. Untuk memaksimalkan penjualan, sebaiknya pilih tema khusus untuk Ebook Anda.

2. Ubah format agar lebih ringan

Cara membuat Ebook cukup mudah. Anda hanya perlu menuliskan di ms.word terlebih dahulu maupun software olah kata lainnya kemudian di konversi menjadi PDF. Mengapa harus PDF? Karena PDF dinilai lebih ringan sehingga memudahkan para pembaca. Selain itu format PDF juga lebih ringan dan universal.

3. Maksimalkan dalam menulis profil Ebook

Menulis Ebook bisa dimulai dari profil penulis. Untuk itu maksimalkan penulisan profil Anda pada Ebook dan pembahasan apa saja yang akan didapatkan dari ebook tersebut. Semakin terstruktur dalam tahapan belajar tentu akan semakin baik. Bisnis Ebook juga bisa dilakukan oleh semua pemilik keahlian dan tidak harus selalu keahlian di bidang internet marketing atau yang berhubungan dengan komputer. Anda dapat memulai bisnis Ebook sesuai dengan keahlian yang Anda miliki seperti keahlian budidaya, membuat busana, menanam dan lain sebagainya.

4. Membuat website

Membuat website tentu tidaklah sulit. Anda hanya perlu membuat sebuah halaman yang bertuliskan, siapa diri kita (sebagai pemilik bisnis Ebook), apa saja yang akan mereka dapatkan dari membeli Ebook ini, kenapa mereka harus membeli Ebook Anda dan halaman penting lainnya. Memiliki website juga bisa digunakan untuk promosi dan memudahkan orang lain tahu apa yang nantinya akan Anda bahas pada Ebook.

Hal penting lainnya dalam memiliki website untuk promosi adalah adanya testimoni dari pelanggan. Memiliki testimoni untuk bisnis Ebook sangatlah penting agar meningkatkan konversi penjualan. Bagi Anda yang belum memiliki testimoni, Anda bisa menawarkan produk tersebut gratis kepada orang-orang terdekat, minta pendapat mereka mengenai Ebook yang sudah Anda buat.

5. Pilih teknik promosi yang tepat

Selain memanfaatkan website untuk promosi, Anda juga bisa memilih promosi lain seperti menjualnya di marketplace maupun melalui sosial media. Saat ini bisnis Ebook bisa lebih mudah untuk sukses karena terdapat marketplace khusus produk digital yang tentunya sudah ada di Indonesia.

Jika kualitas Ebook yang Anda jual sangatlah baik, maka akan banyak orang membantu mempromosikan bisnis Anda. Tentu saja mereka akan mendapatkan komisi sekian persen dari Anda. Memanfaatkan marketplace juga akan jauh lebih cepat dan menguntungkan bagi Anda dalam menjalankan bisnis Ebook.

Bisnis Ebook

Bisnis Ebook

Apa saja keunggulan menjalankan bisnis Ebook?

Semakin hari bisnis Ebook akan memiliki banyak pesaing. Dan yang sering menjadi pertanyaan di sini adalah, sebenarnya apa saja keunggulan dari menjalankan bisnis ini? Berikut keunggulan bagi pelaku bisnis maupun konsumen;

Bagi Pelaku Bisnis

Modal yang kecil

Modal yang kecil ini akan sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis. Terlebih jika mereka pandai dalam membuat kualitas tulisan sehingga isinya langsung sampai ke hati para pembaca.

Proses distribusi yang mudah

Kemudahan dalam mendistribusikan produk ini tentunya juga menjadi poin plus bagi para pelaku bisnis. Mereka tidak perlu harus mengeluarkan ongkos kirim karena nantinya pelanggan hanya perlu mengunduhnya saja. Untuk pengiriman sendiri bisa dilakukan melalui Email dan media elektronik lainnya.

Keuntungan yang bisa dibilang 100%

Percaya tidak jika bisnis ini bisa memberikan keuntungan hingga 100%? Hal ini karena sudah pasti Anda tidak mengeluarkan modal untuk pengiriman dan sebagainya sehingga hanya menunggu uang masuk hasil dari promosi yang sudah Anda jalankan.

Penjualan yang bisa diatur dengan mudah

Dalam berbisnis Ebook, Anda bisa mengatur secara autopilot sehingga Anda tinggal menunggu hasil dari jualan Ebook. Meski begitu, promosi tetap harus jalan.

Bisnis Ebook

Bisnis Ebook

Membuka peluang kerjasama dari berbagai pihak

Sekarang ini semakin banyak masyarakat yang melek digital sehingga banyak peluang kerjasama dalam menjalankan bisnis ini.

Bisa menetapkan harga sendiri

Banyaknya peminat Ebook dikarenakan harga jual Ebook yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga buku cetak. Jadi Anda bisa mematok harga Ebook sendiri tanpa harus terikat dengan penerbit.

Bisa dilakukan secara parttime

Bisnis ini bisa dikerjakan secara part time atau paruh waktu sehingga bisnis ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan. Anda yang memiliki kesibukan lainnya seperti bekerja atau masih sekolah, tentunya bisa mengatur waktu untuk dikerjakan kapan saja.

Bagi Konsumen

File yang mudah disimpan

Ebook tentunya akan memudahkan bagi pembeli dan yang pasti tidak memakan tempat karena Anda bisa menyimpannya di CD maupun hardisk.

Bisnis Ebook

Bisnis Ebook

Lebih murah jika dibandingkan dengan buku cetak

Berhubung pembuatannya juga tidak perlu dicetak, maka harganya juga lebih murah karena tidak mengeluarkan biaya produksi.

Pembelian yang mudah

Untuk membeli Ebook, konsumen tentunya tidak perlu datang ke toko buku karena cukup mengunduhnya melalui Email. Setelah pembayaran dilakukan, maka konsumen bisa langsung download dan tak perlu datang langsung ke penjualnya.

Bisnis Ebook kini semakin banyak peminatnya karena kemudahan dalam memulainya. Itulah cara paling mudah memulai bisnis ini. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment