business plan

Ada kesempatan besar bagi semua orang untuk membawa bisnis online ke tingkat yang lebih tinggi dan memperluas jangkauan produk. Tapi jika kita memiliki toko dan menjalankan bisnis secara offline, maka membawanya ke ranah online adalah pilihan tepat, karena bisa membantu meningkatkan bisnis menjadi lebih baik. Ada beberapa tips dan praktik terbaik ketika kita memutuskan untuk ‘go online’ pada bisnis lokal, tentunya dengan pertimbangan dan strategi pemasaran yang matang.

1. Memiliki lokasi/alamat fisik

Mungkin kita akan terkejut dengan berapa banyak toko online yang berpura-pura memiliki toko fisik, tetapi sebenarnya hanya menggunakan alamat palsu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Ini merupakan kesalahan besar!. Beberapa hits untuk lokal traffic terbesar tahun lalu rata-rata berasal dari penggunaan alamat palsu dalam upaya pemasaran mereka. Oleh karena itu, Google segera meluncurkan update algoritma Pigeon yang befokus pada hasil pencarian lokal. Ditambah bagaimana jika pelanggan pergi ke toko kita tapi dengan alamat palsu dan tidak menemukan apa-apa? Itu bukanlah cara terbaik untuk mulai membangun hubungan baik dengan pelanggan, selain itu kita juga bisa kehilangan penjualan.

2. Masukan alamat fisik toko ke situs peta online

Jika kita telah benar-benar memiliki alamat fisik, saatnya untuk membuat lokasi fisik agar bisa diakses secara online. Kita bisa mendaftar di Google Business Page, Google Places dan Yahoo Maps. Masukan alamat fisik lengkap toko kita dengan beberapa kutipan/deskripsi singkat, tapi ingat jangan berlebihan. Hanya dengan mendaftarkan alamat fisik dibeberapa situs diatas bisa membantu pelanggan dengan mudah menemukan situs kita.

3. Tetap konsisten kutipan atau daftar direktori lokal

Ketika kita mendaftarkan alamat fisik pada peta online dan kutipan, ingat untuk tetap konsisten dengan apa yang kita tuliskan. Gunakan alamat yang benar, jam kerja, dan nomer telepin lokal. Hal ini juga berlaku untuk akun sosial media.

4. Sertakan lokasi pada landing page tag dan konten

Hal ini bisa mencakup halaman utama, halaman contact kami, halaman tentang kami, halaman kategori, dan halaman landing pages khusus PPC. Misalnya, kita menggunakan kata kunci Specialty Pet Care Products serta lokasi di Austin, Texas pada tag judul.

local-search-serp

5. Membangun review secara alami

Aktifkan review di situs ecommerce dan dapatkan review untuk bisnis kita dari situs seperti Facebook for Business dan Yelp. Reviews tidak hanya membantu membangun konten dinamis, tetapi juga memiliki history berupa track record yang terbukti bisa meningkatkan konversi. Ingatlah, biarkan pengunjung datang dengan sendirinya dan mintalah mereka secara baik-baik untuk memberikan reviews dengan tanpa memberikan iming-iming imbalan apa pun.

Itulah 5 tips online marketing yang jitu untuk bisnis lokal. Jika kamu bisa benar-benar mempraktekkan tips ini, bukan tidak mungkin kamu akan yang pertama sukses dalam marketing campaign. Agar lebih mendukung bisnismu baca juga Ketahui 3 Trend Content Marketing Untuk Ecommerce 2015.

Semoga bermanfaat.

Send Comment


5 + two =