Instagram, saat ini telah menjadi sebuah platform yang sangat powerful untuk strategi digital marketing. Hanya saja, banyak pebisnis yang sekedar menggunakan, tanpa mengetahui hal-hal lain yang berkaitan di dalamnya. Seperti report data, dan juga hasilnya yang seharusnya dapat menjadi acuan untuk strategi marketing selanjutnya. 

Kini, siapa yang tak kenal dengan media social yang satu ini. Berfokus sebagian social media berbagi foto pada awalnya, kini Instagram menjelma menjadi aplikasi dengan pengguna aktif terbanyak kedua di dunia setelah Facebook. Saat ini penggunanya telah melewati angka 700 juta akun di seluruh dunia.

Dan dengan jumlah pengguna yang sangat banyak itu, bermunculan berbagai peluang baru untuk berbisnis. Tunggu dulu. Berbisnis menggunakan Instagram? Memang bisa? Tentu saja bisa. Karena berfokus pada layanan berbagi foto dan sekarang telah merambah video, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media pemasaran bagi produk yang Anda jual. 

Maka dari itu, rasanya menjadi sebuah keharusan jika Anda ingin memanfaatkan Instagram untuk bisnis, ada banyak tools Instagram marketing yang bisa Anda gunakan. Pada artikel kali ini, Kami akan berbagi informasi pada Kanca Jejualan semua, tentang Instagram marketing tools gratis. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Instagram Marketing Tools Gratis

Ingin tahu bagaimana cara yang tepat untuk melakukan analisa bisnis di Instagram? Berikut ini adalah tools Instagram marketing gratis yang bisa Anda coba: 

Instagram Insight

Tools Instagram marketing gratis yang pertama adalah Instagram Insight. Jika akun Instagram Anda beralih rupa dari akun personal menjadi akun bisnis, Anda dapat mengakses fitur yang satu ini. Tools ini bisa Anda gunakan secara gratis. 

Instagram Insight dapat menunjukkan statistik kapan audiens Anda online di Instagram, postingan apa yang paling populer, serta jangkauan dari akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan postingan organik dengan versi postingan yang dipromosikan. Ini penting untuk mengetahui apakah upaya berbayar Anda berhasil atau tidak. 

Hanya saja, yang disayangkan adalah, Anda hanya bisa menggunakan tools ini dalam aplikas Instagram saja. Karena sejauh ini, Instagram Insight belum bisa digunakan di versi Instagram Desktop. Meskipun bukan yang paling mudah digunakan, tetapi Instagram Insight menyediakan gambaran dasar dari Instagram Analytics. 

Pixlie

Kemudian ada Pixlie. Pixlie menawarkan tools gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat laporan yang dapat dibagikan ke seluruh tim pemasaran Anda. Laporan tersebut nantinya dapat dianalisa untuk mencari tahu cara yang tepat untuk meningkatkan engagement dan menarik pengikut baru. Selain itu, Pixlie dapat digunakan untuk membantu Anda menemukan influencer yang untuk mempromosikan produk Anda. 

Squarelovin

Selanjutnya adalah Squarelovin. Dengan tools gratisan yang satu ini, menyediakan berbagai informasi yang diperlukan untuk melakukan analisa atas progres akun Anda sepanjang tahun. Misalnya, Anda dapat memperoleh analisis bulanan pada riwayat postingan Anda. Bahkan hasil analisis ini bisa dipilah berdasarkan bulan, hari, dan bahkan jam. 

Selain itu, Squarelovin juga menawarkan insight tentang minat pengikut Anda, dan bagaimana cara mendorong engagement lebih jauh pada postingan Anda. Anda juga dapat mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting konten. Karena memposting konten pada jam yang tepat dapat meningkatkan engagement secara signifikan. Tanpa metrik yang tepat, Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda bisa melakukan hal yang lebih lagi untuk melibatkan audiens. 

Baca Juga : Keuntungan dan Panduan Endorsement Untuk Bisnis

Socialbakers 

Secara visual, Socialbakers mungkin bukanlah tools Instagram marketing yang menarik. Tetapi, yang perlu digaris bawah adalah, Socialbakers menawarkan informasi penting, termasuk postingan mana yang paling disukai orang, postingan yang paling banyak dikomentari dan filter apa yang terbaik bagi Anda. 

Selain itu, Socialbakers menawarkan Instagra’s report, yang membandingkan akun Instagram Anda sendiri dengan pesaing. Ini penting dilakukan, agar Anda mengetahui di mana kekurangan yang bisa diperbaiki. 

Iconosquare

Bila Anda sedang mencari tools Instagram marketing yang cukup lengkap, Anda bisa menggunakan Iconosquare. Dengan tools Instagram marketing yang satu ini, Anda bisa mendapatkan semua informasi yang berkaitan dengan engagement akun Instagram Anda. Fitur lainnya yang bisa Anda gunakan adalah menu Promote. Tab ini akan memberikan saran pada Anda tentang bagaimana cara menaikkan jangkauan sebuah akun Instagram. 

Iconosquare merupakan aplikasi analisa marketing all in one yang sangat berguna, apalagi buat bisnis skala kecil. Iconosquare memungkinkan Anda untuk untuk melakukan pencarian user dan hashtag. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools ini untuk menanggapi komentar user dan juga analisis akun Instagram Anda. Anda bisa menggunakan Iconosquare secara gratis selama 14 hari. Setelah itu, Anda harus mengeluarkan uang untuk menggunakannya. 

Latergramme

Latergramme adalah sebuah tools yang sangat berguna untuk membuat jadwal postingan di Instagram. Tools yang satu ini bisa bekerja dengan baik di semua jenis device. Baik di aplikasi mobile ataupun browser. Walaupun Anda bisa mengunggah post secara langsung dari aplikasi ini, tapi Latergramme menyediakan berbagai tools pengingat yang akan membantu Anda menjadwalkan postingan. Latergramme menyediakan beberapa analisis data dasar yang bisa Anda lihat. Seperti komentar, like, dan postingan mana yang paling menarik untuk audiens Anda. 

PicDeck

Kalau Anda pernah menggunakan Twitter, tentu setidaknya pernah mendengar aplikasi bernama TweetDeck. Dan ya, PicDeck serupa dengan TweetDeck, bedanya, ia digunakan untuk Instagram. Anda bisa menambahkan beberapa akun sekaligus dalam satu dashboard. PicDeck memang tidak menyediakan analisis yang lengkap. 

Tetapi tools satu ini bisa menjadi pilihan terbaik karena tata letaknya cukup simpel dan sangat jelas. Anda juga dapat menambahkan kolom untuk feed yang Anda ikuti. 

Hootsuite

Untuk Anda yang sedang mendalami Instagram marketing, tentu pernah mendengar, atau bahkan menggunakan Hootsuite. Hootsuite merupakan dashboard yang bisa Anda manfaatkan untuk banyak platform sosial media. Tools yang satu ini menyediakan banyak fitur yang cukup berguna untuk keperluan Instagram marketing Anda. 

Seperti penjadwalan postingan, analisis konten, dan rekomendasi untuk konten Instagram Anda. Untuk versi gratisnya, dapat digunakan sampai tiga akun sekaligus. 

Penutup 

Instagram marketing tools dapat sangat berguna untuk kampanye pemasaran Instagram Anda. Dan itulah tadi 11 Instagram marketing tools gratis yang bisa Anda gunakan. Manakah yang ingin Anda gunakan? 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.   

 

Send Comment