Menjalankan marketing online memang gampang-gampang susah. Anda harus bisa menguasai istilah-istilah yang akan digunakan. Bisnis online semakin diminati karena dianggap mudah dalam mengelolanya. Kemudahan yang Anda dapatkan tentu karena Anda sudah paham dengan beberapa istilah marketing. Semakin Anda paham dengan beberapa istilah di dunia marketing, maka akan semakin mudah dalam mengelola bisnis online. Paham tentang istilah online marketing juga akan memudahkan akan memudahkan Anda dalam menemukan referensi atau riset google.

Marketing online selalu berkembang sehingga Anda yang memiliki bisnis online harus selalu up to date dengan mengikuti tren perkembangannya. Seperti halnya dengan beberapa istilah yang mungkin sangat berbeda dengan teknik markting pada zaman dulu. Memahami istilah untuk online marketing juga berlaku bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis agar semakin mengerti jika pemasaran zaman dahulu sangatlah berbeda dengan zaman sekarang.

Marketing online

Apa saja istilah marketing online yang harus Anda tahu?

Sebelum memutuskan untuk terjun di dunia bisnis online, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa istilah marketing online. Hal ini juga akan menjadi dasar untuk merencanakan kampanye paling efektif. Dalam berbisnis online, kampanye marketing online sangat penting agar lebih tepat sasaran.

Berikut beberapa istilah penting dalam marketing online yang harus Anda ketahui

1.Call To Action (CTA)

Call to action merupakan sebuah instruksi yang didesain agar pengunjung website memberikan respon langsung sehingga menghasilkan konversi. Ini sangat penting dipelajari oleh penggiat online shop. Dengan adanya Call to cation, maka calon pembeli akan dengan mudah menyerap informasi mengenai produk atau jasa yang akhirnya akan membuat mereka melakukan suatu tindakan.

2.Lead Generation

Istilah ini sangat penting untuk diketahui para pebisnis online. Lead Generation adalah sebuah cara untuk menarik perhatian orang asing. Untuk sederhananya, ini merupakan proses menarik orang-orang agar lebih mengetahui bisnis yang kita jalankan sehingga mereka akan menjadi calon konsumen tetap bagi bisnis yang Anda jalankan.

3.Online Presence

Online Presence merupakan ketersediaan informasi bisnis online yang dapat ditemukan secara online. Cara yang bisa Anda gunakan untuk membangun online presence adalah melalui website resmi, sosial media hingga hasil pencarian dari google. Ini juga salah satu faktro paling penting sebagai penentu faktor konsumen untuk melakukan sebuah pembelian. Bagi Anda yang memiliki bisnis online yang masih baru, metode paling efektif yang bisa digunakan untuk meningkatkan online presence adalah dengan menggunakan blog.

4.Brand Storytelling

Bagi Anda yang berprofesi sebagai copy writer, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan wajib bagi seorang copy writer untuk memiliki skill Storytelling. Dengan storytelling ini nantinya akan mengubah perasaan audience.  Ini juga merupakan cara baru untuk melakukan branding terhadap bisnis yang Anda jalankan. Di sini Anda bisa menceritakan bagaimana awal berdirinya bisnis dan apa saja manfaat bisnis yang didapatkan.

Marketing online

5.Landing Page

Landing page nantinya akan digunakan sebagai tempat mendaratnya calon pelanggan setelah mengklik iklan dari Adword, Banner maupun iklan lainnya. Ini merupakan laman dari sebuah website yang dibuat secara khusus untuk tujuan marketing maupun kampanye iklan. Semakin efektif landing page yang Anda buat, maka akan semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan konversi.

6.Conversion

Conversion ini merupakan istilah penting yang harus Anda tahu dalam dunia marketing. Ini merupakan situasi di mana leads akan melakukan tindakan  sesuai yang diinginkan oleh bisnis Anda. Dari sinilah orang-orang akan memberikan respon terhadap CTA (Call to action) yang sudah Anda rilis. Conversion ini juga merupakan parameter keberhasilan sebuah bisnis online. Semakin banyak orang yang melakukan conversion maka akan semakin meningkat revenue yang akan Anda dapatkan.

7.Affiliate Marketing

Bagi Anda yang masih tergolong baru belajar internet marketing, maka affiliate marketing sangat penting untuk dipelajari. Affiliate marketing adalah sebuah cara untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain. Keuntungan yang Anda dapatkan di sini adalah Anda akan mendapatkan komisi jika Anda berhasil menjual produk. Sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis baru.

8.Infographic

Infographic dapat digunakan untuk mempublikasikan konten agar lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Dengan adanya infographic, pembaca akan lebih mudah mengetahui apa maksud konten yang sudah kita buat. Hal ini karena ada gambar dan angka yang menggambarkan statistik data kita. Di era sekarang ini, menampilkan informasi melalui visual akan lebih cepat sehingga infografis akan sangat dibutuhkan.

9.Conversion Rate Optimization (CRO)

Conversion rate optimization merupakan presentase pengunjung website atau landing page yang telah berubah menjadi konsumen. Di sini juga dapat dilihat bahwa CRO yang rendah menunjukkan bahwa banyak calon pelanggan yang tidak melakukan conversion. Ini berarti bahwa calon pelanggan hanya mengunjungi website saja. Untuk mendapatkan conversation rate optimization yang tinggi, maka Anda harus memiliki strategi khusus.

Marketing online

10.Web Hosting

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing online, tentunya istilah ini sudah tidak asing. Web hosting sangatlah penting untuk menunjang bisnis online Anda. Dalam berbisnis online, memiliki website saja tidak cukup karena Anda harus memiliki web hosting. Tanpa adanya web hosting maka website Anda tidak akan bisa diakses dengan mudah.

Memilih web hosting juga harus tepat karena kinerja website Anda akan bergantung dengan layanan yang ada pada web hosting tersebut. Dalam dunia online marketing, web hosting sangatlah penting karena semua aktifitas yang Anda lakukan akan menuju ke satu tempat yaitu website yang Anda kelola. Hal ini juga akan memberikan performa yang maksimal agar kegiatan marketing berlangsung tanpa kendala.

Itulah 10 istilah marketing online yang harus Anda tahu. Paham dengan istilah dalam marketing juga akan menjadi bekal bagi Anda agar bisa terus mengikuti trend perkembangan yang setiap tahunnya selalu mengalami perubahan. Jika Anda sudah memutuskan untuk terjun ke dunia marketing, maka Anda harus siap dengan segala tren yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain itu Anda juga harus dituntut untuk bisa memahami, menganalis, dan mengikuti trend agar mampu bersaing dengan pebisnis lainnya. Tanpa istilah paling dasar seperti yang sudah dijelaskan di atas maka Anda akan kesulitan mengikuti trend-trend selanjutnya.

Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online bisa memilih Jejualan yang bisa Anda hubungi melalui layanan SMS, whatsapp dan line Account.

 

Send Comment