Iklan online menjadi sebuah solusi terbaik untuk mempromosikan produk yang diinginkan di era digital saat ini. Secara umum, iklan biasanya ditayangkan secara mencolok dalam bentuk billboard, pamphlet, brosur, dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang memakai jasa media elektronik untuk mempromosikan jasa atau produk yang dimiliki. Biasanya produk tersebut, baik yang dijual secara offline maupun dijual melalui toko online akan dipromosikan via televisi, radio, koran, dan lain sebagainya dengan biaya iklan yang sudah ditentukan.

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mencari hiburan atau entertainment melalui internet. Jumlah pengunjung dunia maya kian bertambah ketimbang mereka yang menonton TV atau mendengarkan radio. Hasilnya, iklan online pun muncul sebagai solusi terdepan.

Iklan online juga memiliki sifat promosi yang sama, hanya saja media yang digunakan berbeda. Di sini perusahaan akan menggunakan media internet untuk menyampaikan pesan kepada customer atau penonton. Nantinya iklan online tersebut akan ditampilkan pada perangkat smartphone, laptop, PC yang terhubung dengan koneksi internet. Iklan ini bisa Anda lihat pada saat berkunjung ke website tertentu. Biasanya ditunjukkan dalam bentuk banner.

Sementara yang sedang nge-trend saat ini adalah iklan yang tampil di social media seperti Instagram atau Facebook. Di sinilah letak kelebihan dari menayangkan iklan secara online, yaitu menangkap lebih banyak audience yang ada di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa jenis iklan yang ditayangkan di internet berikut ini:

Iklan Online #1: Paid Social

Jenis-Jenis Iklan Online Yang Bisa Anda Gunakan

jejualan.com

Iklan online dengan menggunakan social media adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Banyak orang yang mempromosikan produk dan jasa mereka via Twitter, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Pasalnya, social media adalah lahan yang strategis untuk mendapatkan banyak customer. Di kancah Indonesia saja lebih dari 80 persen orang mengakses layanan social media. Jadi jika ada orang yang ingin mencari iklan dengan kategori tertentu (kecantikan, gadget, pendidikan, umum, dan lain sebagainya),  maka mereka bisa dengan mudah mendapatkan semua itu di social media.

Di sini ada dua social media yang berperan sangat kuat dalam menjembatani ads tersebut, yakni Facebook dan Instagram. Kemudian iklan tersebut nantinya akan disebut dengan Instagram Ads, dan Facebook Ads. Bahkan kekuatan social media ini juga sudah viral bisa mengalahkan traffic dari website itu sendiri. Ditambah lagi, kini orang bisa mengakses social media lewat smartphone sehingga lebih cepat memunculkan hasil.

Iklan Online #2: Paid Search

Eksistensi dari mesin pencari online Google tentu membuat para pihak advertising menemukan ide yang satu ini. Apa jadinya jika orang memasukan kata kunci tertentu, kemudian ada iklan online yang muncul sebagai hasilnya. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang di dunia ini yang jika ingin membeli sebuah produk atau jasa, mereka akan memasukan kata kunci tentang produk yang inginkan di mesin pencari. Persentase itu juga cukup tinggi hingga lebih dari 80 persen.

Jadi jangan heran anda akan menemukan sejumlah iklan yang tersedia di mesin pencari Google, Yahoo dan juga Bing saat memasukan kata kunci tertentu. Google menciptakan iklan online ini dengan sebutan Google Ads. Sebelumnya beberapa orang mengenalnya dengan sebutan Google AdWords. Sejumlah fitur iklan pun ditawarkan antara lain iklan untuk display, iklan YouTube dan iklan untuk display.

Iklan Online #3: Video Marketing

Jenis-Jenis Iklan Online Yang Bisa Anda Gunakan

jejualan.com

Video juga bisa menjadi media Iklan online yang sangat potensial digunakan. Pasalnya, dengan video tersebut siapa saja akan bisa mendeskripsikan usaha produk atau jasa yang dilakukan dengan mudah. Bahkan cara ini cenderung efektif selama video yang disajukan benar-benar professional dan menarik perhatian. Video juga menjadi sebuah konten marketing yang efektif. Tak heran iklan online dalam bentuk video juga cukup banyak ditemukan terpampang di social media, website terkenal, dan lain sebagainya. Apa saja yang bisa didapatkan dari iklan semacam ini? Beberapa yang bisa didapatkan antara lain informasi tentang video tutorial menggunakan produk, video live streaming, video media social, webinar (seminar online), dan lain sebagainya. Dengan adanya video semacam ini akan mendorong konsumen berminat dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Iklan Online #4: Email Marketing

Iklan online lainnya juga yang tak kalah terkenal adalah email marketing. Email adalah alat komunikasi personal yang banyak digunakan untuk berkomunikasi satu saama lain. Meskipun terlihat biasa saja dan tak se-WOW social media, nyatanya email marketing juga lebih efektif apabila penggunaanya diterapkan dengan tepat. Pasalnya, karena sifatnya yang menjurus ke personal tersebut. Jadi tak heran jika Iklan online semacam ini sangat dianjurkan untuk digunakan. Bahkan jika anda mampu menyusun email tersebut dengan baik, layanan yang ditawarkan juga akan terlihat lebih professional dan menarik. Isi dari promosi tersebut juga ditampilkan dalam bentuk beragam, misalnya dalam bentu konten penulisan tips, review, dan juga testimony kepuasan pelanggan yang telah menggunakan layanan serupa.

Baca Juga: Inilah Alasan Kamu Perlu Membeli Domain di IDwebhost

Iklan Online #5: Remarketing

Ada juga media Iklan online lainnya yang tak kalah terkenal yakni remarketing. Layanan ini telah dipopulerkan oleh Google Adwords yang kini menjadi Google Ads. Sifat dari remarketing ini adalah memunculkan iklan secara intens saat anda berselancar di dunia maya atau ketika membuka website apapun. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan keinginan bagi calon pelanggan membeli produk atau menggunakan jasa yang anda tawarkan. Misalnya anda melihat sebuah iklan tentang produk fashion di halaman website tertentu. Kemudian, saat itu anda tidak berminat membelinya dan meninggalkan situs terkait. Beberapa saat kemudian, ketika anda membuka web-web lain atau social media, anda akan melihat sekali lagi iklan yang sama seperti yang anda lihat sebelumnya. Inilah yang menjadi sebuah trik dari pihak advertising tersebut untuk mempertahankan minat beli anda.

Mana Media Iklan Online Yang Paling Efektif?

Jenis-Jenis Iklan Online Yang Bisa Anda Gunakan

jejualan.com

Jika dilihat dari benefit yang bisa diperoleh diatas, akan terlihat bahwa semua iklan yang ditawaarkan memiliki tingkat efektivitas yang bagus. Jadi anda akan bisa memilih manapun dari 5 poin yang dijelaskan diatas. Namun, jika anda menginginkan pilihan yang lebih banyak digunakan, maka opsi tersebut jatuh kepada iklan social media. Kenapa? Karena saat ini animo pengguna social media memang sangat tinggi sekali. Orang suka melihat apa yang dibagikan orang lain di timeline.

Sementara itu, jika anda ingin menembah sejumlah kata kunci tertentu, sebaiknya anda menggunakan layanan Google Ads. Dengan memanfaatkan Iklan online yang sudah terkenal sejak dulu, dan terbukti keampuhannya ini, anda akan bisa mendapatkan pelanggan dengan lebih mudah. Sisanya tinggal bagaimana gaya bahasa dan metode marketing yang anda gunakan untuk melayani pelanggan. Semakin bagus pelayanannya dan semakin bagus kualitas produk yang ditawarkan, sudah pasti pelanggan akan datang dengan sendirinya. Bahkan ini akan bisa menjadi promosi mulut ke mulut kalau pelanggan puas!

Send Comment

Captcha *