Jualan di Marketplace atau buka toko online sendiri, mana yang lebih baik? Di era persaingan global yang semakin ketat, tentu saja anda harus sangat berpikir keras dalam menentukan langkan jualan yang dilakukan. Ada banyak metode untuk menjual produk dagangan anda tersebut di era modern ini, akan tetapi apakah semuanya itu akan memberikan hasil yang bagus dan maksimal?

Tentu tergantung dari media yang anda gunakan. Pastikan bahwa anda memanfaatkan dan menggunakan media jualan di Marketplace atau toko online yang tepat. Akan tetapi, maraknya jualan di Marketplace saat ini juga pastinya mempengaruhi pikiran anda yang sudah terlanjur menjalankan bisnis dengan membuat toko online sendiri. Supaya tidak bingung mana yang terbaik, simak pemaparannya  berikut ini:

Keuntungan Marketplace:

Jualan Mudah Dengan Sistem Yang Sudah Tersedia

Dengan melakukan jualan di Marketplace tersebut, maka anda akan bisa berjualan dengan lebih mudah menggunakan sistem yang sudah ada. Jadi anda hanya tinggal membuka lapak saja, membuat nama, lalu tak lupa posting sejumlah produk yang hendak anda pasarkan kepada para pelanggan yang anda miliki.

Memiliki Pasar Yang Bagus Dan Dikenal Banyak Orang

Dengan jualan di Marketplace tersebut, maka anda pun telah membuka sebuah lapak jualan yang dikenal oleh banyak orang. Sebagaimana diketahui, ada banyak ecommerce yang sangat populer di era modern saat ini, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Apakah anda ingin melakukan jualan di Marketplace di salah satu dari ketiga tempat tersebut? Jawabannya bisa anda pertanyakan sendiri di pikiran anda. 

Bisa Berjualan Apapun Dalam Berbagai Kategori

Lalu manfaat lainnya dari jualan di Marketplace tersebut adalah membantu anda berjualan dengan kategori apapun yang ada didalamnya. Dengan metode yang satu ini, sudah pasti akan membuat pikiran anda menjadi terbuka lebar untuk hal-hal lain yang sebelumnya belum pernah anda pasarkan. Pada akhirnya anda pun akan mendapatkan wawasan baru tentang produk yang sedang trending di market saat ini.

Kekurangan Marketplace:

Jualan Di Marketplace Atau Di Toko Online Sendiri?
jejualan.com

Persaingan Yang Sangat Ketat

Tentu jualan di Marketplace juga ada konsekuensi dan tantangannya, yaitu adanya persaingan yang sangat sengit. Tidak mudah untuk menghadapi persaingan didalamnya, khususnya jika yang anda hadapi adalah orang-orang yang sudah sukses sebelum anda. Dalam hal ini memang ada banyak cara dan penerapan yang bisa anda lakukan. Tapi jika anda cukup giat dan gigih, tentu mendapatkan itu semua bukan hal susah dilakukan. 

Pelanggan Mudah Berpindah Ke Lapak Lain

Ketika anda memutuskan jualan di Marketplace maka di kala itu pula, anda akan berhadapan dengan persaingan yang sangat besar dan banyak. Tidak mudah bersaing dengan produk lain yang mungkin memiliki nilai plus dari segi harga, kelengkapan dan juga popularitas yang lebih baik. Dalam hal ini anda akan dituntut untuk berpikir kreatif didalamnya.

Tidak Mudah Membangun Brand

Selain itu, perlu anda ketahui juga bahwa dalam jualan di Marketplace ini tidak mudah membangun sebuah brand karena brand anda akan dipaparkan dengan tampilan yang minimalis. Dengan kata lain, ini akan menyulitkan bagi anda untuk melakukan promosi secara gencar karena dalam marketplace yang ditonjolkan adalah banyaknya toko yang masuk didalamnya.

Keuntungan Toko Online Sendiri:

Anda Memegang Kontrol Sepenuhnya

Sekarang setelah membahas jualan di Marketplace, mari kita bahas mengenai keuntungannya jika anda membuka toko online sendiri. Tentu saja dalam hal ini anda akan bisa memegang kendali atau kontrol sepenuhnya terhadap toko yang anda buka tersebut. Hal ini sudah pasti akan memberikan manfaat yang jelas dahsyat dan juga lebih banyak. Pada saat anda mampu melakukan semua itu maka keuntungan potensial akan bisa anda dapatkan dengan lebih gampang lagi.

Memiliki Nama Domain Sendiri

Dalam penerapannya, jualan di toko online sendiri akan membantu anda terkenal dengan nama domain anda. Pastikan menggunakan nama domain yang mudah diingat oleh para audience sehingga anda pun akan mampu memperoleh lebih banyak hasil yang anda butuhkan itu sendiri. Semuanya akan mampu anda capai dengan signifikan.

Customer Mudah Ingat Brand Anda

Jualan Di Marketplace Atau Di Toko Online Sendiri?
jejualan.com

Kemudahan bagi customer untuk mengingat brand anda juga akan mudah diperoleh ketika anda menggunakan toko online anda sendiri. Dalam hal ini brand tersebut akan begitu melekat di benak orang yang berkunjung ke toko anda tersebut. Sudah pasti hal ini akan memberikan banyak manfaat juga nantinya.

Kekurangan Toko Online Sendiri:

Tingkat Kesulitan Pengelolaan Lebih Tinggi

Sebagaimana jualan di Marketplace di atas, bahkan jika anda jualan dengan toko online sendiri pun juga akan mendapatkan tantangan. Dalam hal ini, tingkat kesulitan dari segi pengelolaan mungkin lebih tinggi. Anda harus membangun sejumlah plugin tertentu, kemudian memasang berbagai perangkat yang dibutuhkan di website anda. Tidak sepraktis upload, posting dan tulis deskripsi produk ketika anda buka toko di eCommerce.

Baca Juga: Cara Jitu Cari Uang Di Internet Dengan Cepat

Harus Bisa Meningkatkan Traffic

Kemudian tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan meningkatkan traffic dengan berbagai cara. Ingat, anda di sini tidak masuk di sebuah lapak yang dikenal banyak orang. Anda harus membuatnya terkenal dengan cara anda. Dari sinilah anda pun harus berjuang keras agar traffic yang anda dapatkan nanti bisa meningkat signifikan dan anda pun akan memperoleh keuntungan dari penjualan yang dilakukan.

Kredibilitas Sering Dipertanyakan

Anda juga harus memahami realita dalam menjual produk atau jasa di toko online. Dalam hal ini, kredibilitas anda pun juga akan dipertanyakan. Ini akan menjadi sesuatu yang sebaiknya perlu anda pertimbangkan. Kenapa? Karena jika orang melihat toko anda mereka akan berpikir dari segi keamanan juga. Apakah aman belanja di toko anda. Bagaimana dengan sistem dan segala jenis proses transaksi yang dilakukan didalamnya. Semua harus anda perhatikan dan amati dengan sangat baik.

Kesimpulan

Jualan Di Marketplace Atau Di Toko Online Sendiri?
jejualan.com

Dalam penerapannya, jualan di Marketplace dan toko online memberikan berbagai macam keunggulan dan juga kelemahan. Anda harus benar-benar tahu dan paham betul bagaimana caranya anda melakukan itu semua dengan tepat. Pada penerapannya ini, anda pun akan benar-benar mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Inilah yang pastinya akan mampu memberikan kepada anda hasil yang signifikan dan tepat itu sendiri.

Semuanya itu akan mampu mendatangkan kepada anda hasil yang tepat dan terbaik. Anda kini akan bisa lebih detail dalam merancang masa depan bisnis yang anda lakukan. Kalau perlu, anda bisa membukanya di kedua tempat, tapi ingat butuh tenaga ekstra untuk mengelola dua toko di marketplace dan juga di domain anda sekaligus.

Dalam hal ini, anda juga harus memiliki sistem yang bagus serta memiliki kegigihan yang tepat supaya nantinya bisa mendapatkan semua hasil yang terbaik dan anda bisa lakukan. Jika semua bisa anda lewati maka anda pun akan bisa sukses.

Send Comment