Dampak inflasi menjadi sesuatu yang sedang banyak diperbincangkan saat ini. Ketika mendengar kata inflasi maka tentu saja banyak masyarakat memahaminya sebagai sesuatu yang umum, yaitu pelemahan terhadap suatu mata uang. Imbasnya semua harga barang dan jasa mengalami kenaikan yang signifikan. Ini yang memberikan rasa khawatir dan cemas bagi sebagian orang, baik itu di kalangan konsumen, pebisnis dan lain sebagainya. Lalu apakah benar dampak inflasi itu hanyalah negatif semua. Apakah tidak ada dampak positifnya? Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak dampak inflasi dari segi positif pada penjelasan berikut ini.

Dampak Positif Dari Inflasi

Memang cukup mengherankan jika ada dampak inflasi yang ternyata positif atau malah bagus bagi negara itu sendiri. Misalnya jika anda bertindak sebagai debitur atau orang yang menerima utang. Maka dengan adanya inflasi ini, uang yang nantinya akan dikembalikan kepada pihak pemberi utang akan lebih rendah dibandingkan saat ketika mereka meminjam. Hal ini jelas dikarenakan terjadi penurunan terhadap nilai mata uang itu sendiri.

Pengaruh Bank Sentral

Sebagai informasi tambahan, dampak inflasi ini akan membuat bank sentral cenderung menaikan tingkat suku bunga yang dimiliki. Imbas dari suku bunga yang naik ini adalah mata uang akan semakin turun. Tentu saja dari segi pebisnis hal tersebut juga akan membawa dampak tersendiri. Sebagaimana diketahui, pendapatan yang lebih tinggi akan memicu kenaikan biaya produksi. Apabila harga barang naik (ketika inflasi terjadi), maka secara tidak langsung produsen akan terpacu untuk meningkatkan jumlah barang yang dimilikinya.

Alhasil, hal tersebut malah akan menambah penghasilan produsen itu sendiri. Barang yang dijual akan tetap dibeli banyak orang kendati harganya mengalami kenaikan. Dari sini bisa anda lihat bahwa dampak inflasi tersebut ternyata juga bisa memberikan imbas yang positif di kalangan para pelaku usaha. Alhasil, pemasukan pun akan semakin besar bagi pengusaha tersebut. Imbasnya lapangan kerja pun juga akan semakin terbuka dengan lebar dan signifikan.

Dampak Dampak Inflasi Dari Segi Negatif

Meski demikian, tidak bisa dikesampingkan pula tentang dampak negatif dari inflasi itu sendiri. Dari sini ada beberapa dampak yang akan sangat disarankan ketika inflasi tersebut muncul, antara lain sebagai berikut:

  • Bagi orang yang berpenghasilan tetap, mulai dari karyawan swasta, PNS, tentara, polisi dan lain sebagainya, maka mereka akan tetap mendapatkan gaji atau income sesuai dengan gaji pokok yang diterima setiap bulan. Padahal harga barang semakin naik, tapi gaji mereka pun juga tidak ikut naik. Pada tahapan lebih lanjut, daya beli masyarakat pun akan menjadi semakin rendah.
  • Dari segi kreditur juga akan terkena dampak inflasi yang negatif tersebut. Para kreditur akan mendapatkan nilai uang yang lebih rendah dibandingkan pada saat mereka memberikan pinjaman kepada debitur.
  • Dalam skala yang lebih besar, dampak yang juga akan berimbas pada stabilitas ekonomi nasional. Saat didera oleh dampak inflasi secara bertubi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini akan membuat harga barang terus naik sampai tidak terkontrol. Para konsumen akan lebih banyak melakukan pembelian barang dalam jumlah besar karena khawatir harga ke depan akan semakin naik. Permintaan yang meningkat pun akan membuat laju inflasi semakin meningkat pula.
  • Kondisi ekonomi dalam tahapan jangka panjang pun juga akan semakin tak terkendali dan jika ini terus terjadi maka masyarakat banyaklah yang akan terkena imbasnya.

Cara Menghadapi Dampak Inflasi

Kini anda sudah tahu apa saja hal positif yang akan didapatkan dari dampak inflasi terkait. Dari sini anda bisa melihat bahwa sebaiknya anda menerapkan beberapa strategi supaya nantinya bisa menyikapi terjadinya inflasi tersebut dengan cara yang tepat dan terbaik. Dari sinilah akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan dengan mudah. Simak selengkapnya berikut ini:

Melakukan Investasi Jangka Panjang

Dalam tahapan ini, anda disarankan untuk melakukan investasi jangka panjang. Kenapa? Jika anda melakukan investasi, maka hal ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan manfaat dari investasi di masa mendatang itu sendiri. Dari sini, misalnya anda menginvestasikan uang anda di emas. Kemudian, 50 tahun lagi harga emas meningkat begitu signifikan. Dari sinilah anda nantinya juga akan ikut menerima keuntungan dari investasi emas yang anda lakukan itu sendiri.

Investasi Melalui Property

Pilihan lainnya untuk menyikapi dampak inflasi tersebut adalah dengan menginvestasikan uang anda melalui property. Kenapa hal ini sangat penting? Jelas dikarenakan investasi melalui property tersebut akan memberikan kemudahan kepada anda untuk memiliki perlindungan nilai lewat property itu sendiri. Semakin bertambahnya tahun, nilai property semakin meningkat. Karena itu tidak mengherankan jika banyak orang yang juga suka memilih property sebagai lahan untuk melakukan investasi dalam jangka panjang.

Gunakan Layanan Asuransi

Untuk mendapatkan perlindungan terhadap hal-hal yang tak terduga atau risiko kehilangan harta benda, kematian, sakit, dan lain sebagainya, maka sangat disarankan untuk menggunakan layanan asuransi. Dengan adanya layanan asuransi tersebut, sudah pasti hal ini akan memberikan perlindungan kepada anda terkait hal-hal yang tak terduga itu sendiri. Di sinilah akan lebih banyak mnafaat yang akan bisa lebih baik dan banyak yang bisa anda dapatkan dan temukan didalamnya.

Menciptakan Bisnis Mandiri Mulai Dari Sekarang

Banyak sekali gejolak yang akan bisa ditimbulkan akibat dampak inflasi itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting juga bagi anda untuk memikirkan langkah pembuatan bisnis secara mandiri. Dengan penerapan inilah maka anda pun akan mampu memperoleh hasil yang lebih besar dan banyak lagi. Dari sini anda bisa melihat bahwa bisnis akan menjadi sebuah investasi yang siap menyelamatkan anda darai hal-hal tak terduga. Miliki keterampilan dan skill di bidang tertentu, kemudian pastikan anda melakukan semuanya dengan baik.

Tak Perlu Takut Dengan Inflasi

Di lihat dari segi psikologis, tentu saja ada beberapa hal yang perlu anda ketahui didalamnya. Dari sini anda bisa melihat bahwa tak perlu takut dengan yang namanya inflasi. Bagaimanapun juga itu adalah bagian dari siklus kehidupan yang diikuti dengan kemajuan perkembangan zaman. Dengan memiliki psikologis yang bagus dan tidak takut dengan ancaman inflasi, maka anda pun akan bisa menemukan solusi dengan kepala dingin pada saat masalah tersebut timbul.

Kesimpulan

Pada penerapannya, dampak inflasi memang akan memberikan kepada anda lebih banyak hasil yang dibutuhkan. Ketika anda ingin merasakan semua itu dengan baik, sudah pasti hal ini akan bisa anda capai dan terapkan dengan begitu mudah didalamnya. Dari sinilah anda akan bisa memiliki kesiapan khusus dalam menghadapi berbagai gejolak perekonomian dengan cara tepat. Pandanglah inflasi sebagai sesuatu yang bagus. Jangan hanya melihat sesuatu dari sudut pandang yang negatif saja.

Baca Juga: Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja

Send Comment