Jika Anda mengira bisnis dalam skala UKM tidak membutuhkan sebuah manajemen, Anda tentu keliru besar. Manajemen disini merupakan sebagai cara untuk mencapai target bersama melalui dari bantuan orang lain sangat penting untuk diterapkan oleh bisnis dalam skala UKM. Meski usaha Anda mempunyai modal yang cukup, tanpa adanya sebuah manajemen, dapat dipastikan bisnis akan biasa saja, tidak berkembang, tidak efektif bahkan akan bisa gulung tikar dalam waktu yang tidak lama. Tentu, Anda tidak ingin hal ini terjadi pada bisnis anda bukan? Maka dari itu, lakukanlah manajemen yang baik dan benar supaya bisnis UKM Anda dapat terus berkembang.

Lalu Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis ?

Bisnis merupakan kegiatan menjual barang atau jasa yang dapat memberikan keuntungan atau laba bagi pemiliknya. Karena proses bisnis pada masing-masing bidang memiliki keunikan dan kompleksitas yang berbeda-beda, maka dibutuhkan pengelolaan yang memadai supaya dapat berjalan dengan lancar. Manajemen bisnis harus diperhitungan dengan cermat untuk meminimalkan resiko apapun itu.

Apa yang Dimaksud Dengan Manajemen Bisnis ?

Manajemen bisnis merupakan kegiatan perencanaan, pengelolaan dan operasional dalam sebuah usaha. Manajemen bisnis ini mencakup pengaturan semua aspek dalam proses bisnis untuk mencapai target atau apa yang menjadi tujuan bisnis.

Baca Juga : 10 Tips Manajemen Komunikasi yang Baik Dengan Pelanggan

Manajemen yang Harus Diperhatikan

manajemen keuangan

Jejualan

UKM atau Usaha berskala kecil menengah juga membutuhkan sebuah manajemen bisnis. Manajemen bisnis sendiri terdiri dari beberapa komponen yang akan menentukan laju roda bisnis anda dan untuk memenuhi target yang ditentukan.

Manajemen disini tentu menyangkut hampir pada semua hal. Oleh sebab itu, jika Anda seorang manajer atau pemilik bisnis tersebut, maka Anda harus berpikir secara menyeluruh. Itu karena manajemen menyangkut hidup dan matinya suatu bisnis. Paling tidak, ada beberapa hal yang harus anda kelola dengan baik, diantaranya yaitu :

  • Manajemen keuangan
  • Manajemen SDM atau pegawai
  • Manajemen resiko
  • Manajemen pemasaran atau marketing
  • Manajemen produksi
  • Manejemen pengembangan
  • Manajemen pemulihan

Semua hal yang tertulis diatas harus diperhatikan dengan baik dan serius. Anda harus memperbaiki sistem manajemen semua poin yang sudah disebut di atas. Jika sistem manajemennya sudah baik, Anda tinggal mengkontrolnya agar tidak lepas dari pengawasan. Sistem manajemen yang baik tidak hanya akan mempermudah pengelolaan bisnis melainkan juga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

1. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan yang baik sangat dibutuhkan dalam ssebuah pengelolaan bisnis. Hal ini karena berkaitan dengan alur keluar masuknya uang dalam bisnis. Dalam manajemen keuangan ini berarti suatu sirkulasi keuangan yang dikelola dengan baik, misal dengan dilakukannya perencanaan, penganggaran, pemeriksanan, pengendalian, dan pencarian, serta penyimpanan dana.

Melalui manajemen keuangan ini, maka dengan dilakukannya anggaran bisnis dapat dikelola dan digunakan menurut kebutuhan. Tanpa adanya manajemen keuangan, data anggaran akan nihil. Sehingga akan berdampak pada ketidakjelasan/tidak trasnparannya data keuangan yang akan mempengaruhi jalannya bisnis. Hal itu mengakibatkan Bisnis anda akan kehilangan arah karena tidak diketahui keuntungan dan kerugiannya.

2. Manajemen SDM

Manajemen SDM juga penting untuk dapat mengetahui sejauh mana SDM bisa dimanfaatkan secara maksimal. Anda bisa memulainya dengan level pendidikan pegawai. Bisnis Anda harus selalu dapat berinovasi agar bisa bersaing dengan sehat. SDM suatu perusahaan harus terus dilatih dan di-training sehingga mereka akan lebih produktif lagi.

manajemen resiko

Jejualan

3. Manajemen Resiko

Dalam dunia bisnis, pasti ada resikonya. Namun Anda harus cermat dalam menganalisa masalah dan resiko yang akan terjadi. Anda juga bisa meminimalisir jika terjadi resiko kerugian pada perusahaan atau bisnis Anda. Manajemen resiko bisa berupa banyak hal tergantung pada resiko apa yang akan menjadi pembahasannya. Resiko yang sudah diprediksi tentu akan meminimalisir sedikit kerugian bagi bisnis Anda.

4. Manajemen Pemasaran atau Marketing

Pemasaran atau marketing disini bukan hanya dalam perkara produk sampai di tangan konsumen tetapi juga kecocokan antara apa yang diinginkan oleh pasar dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, termasuk dalam manajemen pemasaran yaitu iklan, sosialisasi dan lain sebagainya.

Pemasaran yang tepat akan dapat menghemat dana, tenaga dan waktu. Sebagai contohnya misalnya, sikat gigi di hotel dibuat dengan kualitas yang rendah dan hanya bertahan dalam waktu 1 minggu. Ini contoh produk dengan kualitas yang rendah tetapi tepat sasaran karena tamu hotel dalam menginap sebagian besar tidak ada yang lama.

5. Manajemen Produksi

Ketika berbicara tentang produk atau jasa, berarti Anda sedang berbicara tentang sebuah kualitas. Baik produk homogen ataupun heterogen yang Anda buat, pastikan anda memberikan dengan kualitas yang terbaik. Bisnis skala UKM juga wajib untuk menjaga kualitas produknya. Bahkan, bisnis UKM Anda memerlukan peraturan standarisasi untuk produk yang dihasilkan. Standarisasi inilah bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk.

6. Manajemen Pengembangan

Pengembangan bisa diartikan dalam banyak hal terutama untuk mengembangkan bisnis Anda supaya semakin besar dan luas. Untuk dapat mencapai dititik itu, Tentu, diperlukan sistem manajemen yang tepat agar bisa berjalan efektif dan efisien. Melebarkan sayap bisnis anda tidaklah mudah. Jika terburu-buru, tanpa perencanaan matang, maka hasilnya justru akan rugi berlipat-lipat.

7. Manajemen Pemulihan

Bisnis Anda, di waktu tertentu bisa saja stagnan atau terhenti, tidak berkembang bahkan macet. Jika hal tersebut adalah kondisinya, manajemen pemulihan akan sangat dibutuhkan. Pemulihan bisa dimulai dengan cara mencari masalah baik di internal dan eksternal kemudian dicarikan solusinya. Setelah itu, baru lakukan beberapa perbaikan.

manajemen produksi

Jejualan

Baca juga : Tips Manajemen Waktu yang Baik Dalam Sosial Media Marketing

Kesimpulan

Dengan anda melakukan beberapa tips di atas pada bisnis anda, tentunya bisnis yang sedang Anda jalani, walaupun baru skala UKM, bisnis Anda akan berjalan sesuai dengan target. Memanglah tidak mudah untuk menerapkan 7 jenis manajemen seperti di atas, namun, demi keberlangsungan dan keuntungan yang lebih besar di masa depan, serta untuk menghindari suatu kerugian dan kebangkrutan. Pastikan Anda melakukannya dengan benar ya.

Jejualan akan selalu membagikan berbagai tips dan trik menarik dan bermanfaat seputar pengembangan bagi bisnis toko online anda supaya dapat mencapai target sesuai harapan anda. Selain itu, kami juga menyediakan layanan jasa pembuatan toko online sesuai keinginan dan minat kalian mau seperti apa. Tentu layanan kami bergaransi penuh selama 30 hari, Kami juga berpartner dengan provider IDwebhost yang merupakan perusahaan Hosting dan domain murah yang berkualitas yang sudah dipercaya oleh 100 ribu pelanggan yang tersebar di seluruh nusantara dan luar negeri loh.

Okay, sampai disini dulu pembahasan dari kami mengenai 7 Manajemen Bisnis Untuk Skala UKM yang harus anda ketahui supaya bisnis anda dapat berjalan dan berkembang sesuai dengan harapan anda. Semoga bermanfaat!

Send Comment