Membuat website adalah sesuatu yang mudah dilakukan di era modern ini. Banyak orang yang membuat website untuk berbagai tujuan. Mulai dari berbagi informasi, menciptakan toko online dan lain sebagainya. Web juga bisa menjadi portofolio yang menunjukan bahwa anda sebagai perorangan atau perusahaan memiliki perusahaan yang kredibel dan professional. Bahkan tak jarang membuat website ini juga dikaitkan dengan kemudahan mendapatkan banyak uang bagi pemiliknya. Yang pasti, jika menerapkan strategi yang tepat, web yang awalnya biasa saja akan bisa menjadi tempat mengumpulkan pundi-pundi uang secara signifikan. Tapi selain tujuan tersebut, membuat website juga berperan penting dalam membantu pengguna untuk berbagi informasi satu sama lain.

Pengertian Website

Website merupakan kumpulan dari halaman web yang diakses menggunakan browser atau software mesin pencari. Disinilah jika anda terhubung dengan internet, maka anda akan bisa mengakses semua informasi yang dibutuhkan didalamnya. Caranya tinggal memasukan kata kunci kedalam web tersebut dan nanti akan tampil jutaan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukan pengguna.  Website itu sendiri juga terdiri atas beberapa bagian, yakni Homepage atau yang biasa disebut halaman utama. Di sini anda akan melihat ada beberapa kategori yang bisa dipilih pada bagian menu. Misalnya untuk website berita atau news, anda akan melihat ada kolom berita lokal dan mancanegara. Jika anda mengeklik salah satu dari kolom tersebut, maka website akan secara otomatis membawa anda pada halaman yang berbeda dari halaman awal homepage yang anda akses.

 

membuat website

jejualan.com

Cara Membuat Website

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa membuat website bukanlah sesuatu yang sulit. Apalagi di era informasi yang semakin berkembang seperti saat in. anda akan bisa menciptakan sebuah website terbaik dengan mudah dan cepat. Bahkan dalam hitungan menit saja semua akan sudah tersedia. Banyak yang mengatakan bahwa anda harus jago coding agar bisa membuat sebuah website. Padahal kenyataanya tidak demikian karena sekarang sudah banyak CMS yang tersedia untuk anda pilih. Dengan memanfaatkan CMS tersebut maka anda pun akan mampu menciptakan sebuah website tanpa perlu bahasa pemrogaman sama sekali. Pilihan CMS untuk membuat website yang bisa anda pilih yakni WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

Membuat website dengan CMS WordPress adalah yang paling populer karena anda bisa melakukannya dengan mudah. Disini CMS untuk membuat website tersebut memiliki banyak plugin yang bisa anda pergunakan sesuka hati. Anda juga bisa membangun website dengan sistem drag and drop yang tentunya lebih gampang lagi. Banyak plugin untuk membuat website secara manual yang ada di WordPress. Anda tinggal memanfaatkan fungsinya saja.

Baca Juga: Inilah Alasan Kamu Perlu Membeli Domain di IDwebhost

Tapi kalau mau membuat website dengan cara yang lebih praktis lagi, anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan jasa hosting domain yang tersedia. Disini para staff ahli akan membantu anda dalam membuat website melalui paket hosting domain yang sudah tersedia. Sebelum memilih paket, alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu spesifikasi seperti apa yang nantinya akan mampu anda peroleh. Pastikan untuk memilih spesifikasi yang pas guna membangun website yang tepat sesuai kebutuhan.

Jenis-Jenis Website Yang Bisa Anda Temukan

membuat website

jejualan.com

Jenis website pun juga ada banyak sekali. Website merupakan sebuah kumpulan informasi yang akan ditampilkan baik itu melalui tulisan, gambar, atau video. Setelah seseorang membuat website, maka dia akan masuk ke tahap selanjutnya, yakni mengisi konten yang diperlukan dalam membangun website tersebut. Berikut adalah jenis-jenis website yang paling banyak ditemukan di dunia maya:

Apa Saja Pilihan Anda?

Website Jual Beli Online: Jenis web yang satu ini kian banyak menjamur. Pasalnya, banyak orang membuat website dengan tema jual beli online karena tujuannya adalah mencari keuntungan. Hal tersebut sah-sah saja, karena kita juga pasti lebih prefer memberli barang/jasa via internet ketimbang langsung ke toko fisik yang bersangkutan. Web semacam ini juga dibagi menjadi skala besar, menengah, dan kecil. Untuk yang skala besar biasanya adalah web e-commerce yang menaungi banyak penjual dan pembeli di kancah lokal atau internasional. Anda pasti sudah tak asing dengan nama Amazon dan Alibaba, bukan? Itulah contoh riilnya.

Website Pribadi:  Ada juga orang yang membuat website untuk keperluan pribadi. Dalam hal ini biasanya berbentuk web portofolio. Disinilah seseorang akan membagikan informasi tentang review, tips, dan biografi dirinya dalam website tersebut. Untuk tahap selanjutnya membuat website semacam ini juga cukup menguntungkan karena bisa menambah portofilio dari orang tersebut ketika hendak melamar kerja atau mencari klien.

Website Media Informasi: Membuat website untuk keperluan informasi yang up to date cukup banyak pula dilakukan. Di kancah lokal dan internasional pasti anda sudah banyak menemukan nama-nama situs berita yang terkenal. Contohnya adalah New York Times, Daily Mail, Mirror, dan lain sebagainya. Website semacam ini memang bertujuan untuk membagikan inforamasi kepada semua orang.

Sejarah Pembuatan Website Pertama Kali

Membuat website itu sendiri juga tidak terjadi seketika, tapi ada proses didalamnya. Ternyata dalam sejarahnya, membuat website pertama kali terjadi pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Web tersebut pertama kali terbentuk di CERN. Tujuan awal dari Berners-Lee membuat web tersebut sebetulnya adalah untuk sarana bertukar informasi satu sama lain, tapi ranahnya khusus untuk peneliti saja. Sampai sekarang pun halaman website yang pertama kali dibuat itu pun masih ada. Anda bisa mengaksesnya melalui info.cern.ch. Meskipun awalnya membuat website itu hanya khusus bagi para ilmuwan, sejak tahun 1993, website ini akhirnya bisa diakses dengan mudah oleh semua orang.

Manfaat Website Bagi Banyak Orang

membuat website

jejualan.com

Website memiliki banyak manfaat untuk banyak orang. Sebagai gudangnya informasi, banyak orang bisa saling bertukar pikiran disini. Mereka akan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan pengguna yang ada didalamnya. Ada juga beberapa website yang mampu memberikan unduhan yang bisa diambil oleh penggunanya. Hasilnya, semua pengguna akan bisa merasakan informasi dan software yang mereka inginkan. Untuk lebih jelasnya, manfaat dari website akan bisa anda dapatkan berikut ini:

Media Informasi Gratis: Website menyediakan media informasi yang gratis dan tanpa ribet. Bahkan dalam hitungan detik saja dengan membuka situs tertentu, anda akan bisa langsung menerima semua informasi yang anda butuhkan didalamnya. Anda juga bisa mengaksesnya selama 24 jam kapan saja anda mau.

Tempat Mendownload Aplikasi dan Software: Website juga berperan krusial memberikan informasi dan software yang dibutuhkan penggunanya. Aplikasi tertentu mungkin tidak akan anda temukan di ranah lokal, pasalnya disini tidak tersedia. Tapi anda bisa menemukannya dan mendownloadnya dari situs luar negeri. Tentu hal ini akan bisa lebih memudahkan pekerjaan anda. Dari software tersebut terbagi menjadi software FREE TRIAL atau yang PREMIUM BERBAYAR.

Berinteraksi Dengan Banyak Orang: Biasanya manfaat ini akan bisa anda dapatkan pada website berjenis social media. Saat ini social media yang banyak digunakan adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Send Comment

Captcha *