marketer

Strategi pemasaran melalui media sosial tidak selalu berhasil. Namun, Anda tahu bahwa pemasaran influencer bisa memberikan hasil 20—50% dari semua keputusan pengunjung untuk membeli. Maka, jangan abaikan cara ini. Berbeda dengan influencer terkenal atau para artis, influencer mikro berasal pengguna medsoc sehari-hari dengan pengikut tak terlalu banyak. Anda perlu mencari tahu alasan influencer mikro bisa menjadi kunci kesuksesan kampanye, cara mudah menemukan influencer mikro yang relevan, perbedaan menggunakan influencer mikro dan tidak, serta cara merek terkenal menggunakan influencer  mikro dalam pemasaran.

  • Alasan Harus Menggunakan Influencer Mikro

Menurut sstudi Dr. Jonah Berger (penulis buku Contagious: Why Things Catch On), 82% konsumen kemungkinan besar mengikuti rekomendasi yang dibuat oleh seorang influencer mikro. Pada penelitian ini, jaringan dari influencer Amerika mendapat survei lebih banyak berpengaruh terkait sebuah merek dibandingkan dari sekelompok konsumen pada umumnya. Lalu, Berger mengukur bobot hingga merekomendasikan untuk dilakukan.

  • Influencer Lebih Bisa Dijangkau

Anda tidak memerlukan anggaran khusus untuk mendapatkan hasil dari strategi pemasaran influencer Anda. Ada banyak postingan Instagram yang disponsori influencer mikro dengan harga yang murah. Bahkan banyak yang berbagi dengan imbalan atau produk gratis saja. Berlandaskan dengan mewawancarai 2500 influencer mikro, ditemukan fakta bahwa 84% influencer mikro memasang biaya kurang dari 250 dolar per postingan instagram. Lalu, 94% juga diketahui memasang biaya 500 dolar per postingan.

Mereka dianggap lebih bisa dipercaya daripada selebriti. Menambah daya tarik mereka, HelloSociety merupakan agen yang menghubungkan merek dengan influencer. Ia menemukan influencer mikro 6.7 kali lebih efisien setiap keterlibatan daripada influencer dengan pengikut yang lebih besar. Relasibilitas orang-orang sehari-hari yang down-to-earth menjadi sesuatu yang tidak dapat dimiliki oleh media sosial yang hebat.

Dengan mikro-influencer, Anda menyebarkan berita tentang merek Anda melalui banyak orang sehari-hari yang berbeda dengan cara yang tampak sederhana. Para influencer menginvestasikan pribadinya kepada hal-hal yang menjadi kesukaannya. Selain itu, mereka menjadi sumber rekomendasi yang bisa dipercaya bagi penggemarnya.

  • Influencer mendorong keterlibatan yang lebih tinggi

Perusahaan Markerly, mempelajari pemasaran influencer lebih dari 800.000 pengguna Instagram dan 5 juta postingan dalam sebuah pencarian untuk memahami pola keterlibatan. Data yang ditemukan yaitu:

  • Pengguna dengan 1 juta sampai 10 juta pengikut yang diterima hanya menyukai 1,7 persen dari waktu.
  • Pengguna dengan 1.000 sampai 10.000 pengikut mendapatkan like dengan tarif 4 persen.
  • Pengguna Instagram dengan pengikut di bawah 1.000 yang diklaim menyukai 8 persen waktu

Tentu menjadi korelasi yang jelas mengenai ukuran pengikut dan jumlah suka menunjukkan kekuatan influencer mikro.

HelloSociety menemukan influencer mikro memiliki percakapan mingguan 22,2 kali lebih banyak daripada konsumen rata-rata. Penyedia mikro telah membangun pengikut yang sangat terlibat dan tertarik. Alih-alih memiliki jutaan pengikut pasif dan tidak terpengaruh, influencer mikro memiliki komunitas orang-orang yang benar-benar tertarik dengan konten mereka.

  • Cara Temukan Influencer Tepat Bagi Merek Anda
  • Pencarian Hashtag

Cara termudah untuk menemukan influencer mikro yang relevan adalah melalui pencarian hashtag di Instagram atau Twitter. Hal ini akan membantu Anda menemukan pengguna media sosial yang sudah tertarik dengan topik yang terkait dengan industri Anda.

Misalnya, Anda berbisnis mengenai genting, Anda bisa mencari Instagram untuk #kitchendesign dan melihat tulisan teratas. Anda akan melihat konten yang akan berkinerja terbaik dari pengguna Instagram yang benar-benar tertarik dengan topik ini. Sementara beberapa dari mereka akan menjadi merek besar seperti Apartemen. Anda juga akan melihat postingan dari akun yang lebih kecil dengan audiens dengan tingkat keterlibatan yang tinggi.

Pengusaha mikro ini akan lebih cenderung bekerja dengan merek Anda karena mereka telah menunjukkan minat terhadap topik yang terkait dengan industri Anda. Tidak hanya itu, tapi mereka memiliki khalayak tersendiri yang otomatis terlibat.

  • Carilah secara lokal

Bisnis yang lebih besar dengan dapat menggunakan influencer lokal untuk mempromosikan merek mereka. Orang-orang ini juga dapat membantu bisnis kecil terhubung dengan pelanggan mereka pada tingkat yang lebih dalam.

Ada dua cara mudah untuk menemukan influencer mikro regional yaitu:

  1. Pencarian Google yang sederhana untuk menemukan blogger di wilayah Anda yang aktif di industri Anda. Pencarian langsung dengan + operator akan dilakukan. Coba ini: [nama kota anda] + [industri anda] + “blogger”. Lihatlah setiap profil blog, situs web, dan media media influencer dan pertimbangkan apakah nilai dan gaya mereka sesuai dengan merek Anda.
  2. Tag lokasi Instagram dengan masukkan kota Anda melalui penelusuran dan lihat tab People, Tag, dan Places. Lihat postingan teratas dan lihat hasilnya untuk konten apa pun yang terlihat relevan dengan produk atau layanan Anda.

Entah Anda bisnis besar atau kecil, melokalisir pencarian influencer mikro Anda dapat membantu membangun hubungan yang kuat.

  • Lihat pengikut yang ada

Aset terbesar merek Anda bisa berada dalam daftar pengikut Anda sendiri. Umpan media sosial Anda kemungkinan besar mengikuti Anda karena mereka benar-benar tertarik dengan merek Anda. Pergilah melalui audiens Anda yang ada dan lihat apakah ada pengikut Anda yang memiliki 1.000 sampai 10.000 pengikut mereka sendiri.

Jika Anda tidak ingin melakukannya secara manual, Anda dapat menggunakan program seperti SocialRank. Program ini akan mengatur pengikut Anda dengan mereka yang memiliki pengikut terbesar mereka sendiri.

  • Gunakan agen mikro-influencer

Jika Anda ingin melewati pencarian manual sepenuhnya, ada banyak agen mikro-influencer yang tersedia. Instansi ini biasanya memiliki database influencer mikro yang sangat terlibat dan bekerja dengan bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan. Database mereka biasanya diatur oleh topik atau industri sehingga mereka dapat menemukan influencer mikro paling relevan dengan merek Anda.

Meskipun Anda dapat mencari agen lokal melalui penelusuran Google biasa, kami telah menemukan beberapa agen digital yang dapat bekerja dengan merek Anda, di manapun Anda berada.

  • Gnack: Bekerja dengan influencer terverifikasi yang biasanya memiliki sebagian besar teman dan keluarga sebagai pengikut postingan mereka dan dianggap dapat dipercaya.
  • BzzAgent: Memiliki lebih dari 230.000 influencer dan lebih dari 29 juta interaksi per harinya.
  • Influenster: Influenster adalah layanan yang masuk sebagai influencer mikro sendiri. Layanan ini menghubungkan merek dengan pengguna media sosial yang memberikan ulasan produk setelah menerima sampel resmi.
  • PostForRent: pasar untuk influencer ini membantu merek terhubung dengan influencer yang relevan dari semua ukuran dan mengelola hubungan dengan pengguna media sosial.

Melalui agen mikro-influencer yang tepat, Anda dapat menemukan orang-orang yang sempurna untuk bekerja dengan merek Anda.

  • Lakukan penelitianmu
  • Mereka relevan dengan bisnis dan suara merek Anda. Jangan memilih influencer mikro hanya karena Anda menyukai tampilan akun Instagram mereka. Pastikan mereka benar-benar memiliki audiens yang tertarik dengan bisnis Anda.
  • Mereka tidak polarisasi atau kontroversial. Siapa pun yang mempromosikan bisnis Anda adalah cerminan perusahaan Anda. Jadi pastikan influencer mikro ini tidak memiliki postingan media sosial atau afiliasi yang dipertanyakan.
  • Mereka memiliki kebiasaan keterlibatan yang berkualitas. Penting agar Anda tidak hanya melihat jumlah pengikut yang dimiliki pengguna namun juga kualitas interaksi media sosial mereka. Misalnya, perhatikan bagaimana influencer mikro menanggapi komentar pada postingan mereka atau bagaimana mereka berpartisipasi dalam percakapan Twitter.
  • Kirimi mereka sesuatu secara gratis

Setelah Anda membangun semacam hubungan positif dengan influencer mikro, bawa ke tingkat berikutnya dengan mengirimkan sesuatu secara gratis kepada mereka. Ide meliputi:

  • Produk yang ingin Anda promosikan
  • Uji coba layanan Anda
  • Buku yang berhubungan dengan industri Anda
  • Perputaran kualitas (berguna) dari bisnis Anda
  • Hadiah jadi mereka bisa menjalankan kontes untuk pengikut mereka sendiri

Sesuatu yang perlu diingat saat mengirim barang gratis adalah bahwa si penerima tidak ‘berhutang’ karena Anda telah memberi mereka sesuatu. Freebie adalah cara untuk membangun hubungan profesional dengan influencer mikro dan cara untuk meningkatkan nilai positif seputar merek Anda. Ketika menyangkut influencer mikro, hubungan adalah segalanya.

  • Tetapkan harapan yang jelas

Selama proses menghubungi dan membangun hubungan dengan influencer mikro yang dibayar maka  penting untuk bersikap transparan dengan rincian transaksi Anda.

Sebelum meluncurkan kampanye, diskusikan sasaran bisnis Anda dengan influencer mikro. Menetapkan sasaran yang dapat dicapai akan memungkinkan influencer mikro menunjukkan kepada Anda jenis hasil yang dapat Anda harapkan. Tujuannya untuk memastikan Anda memiliki visi misi yang sama dengan mereka.

Berikan informasi singkat kepada influencer mikro Anda yang menguraikan sasaran Anda, rincian kampanye, pesan utama, kiriman, larangan, dan area lain yang Anda rasa perlu ditangani. Influencer mikro bukan selebriti yang memiliki orang-orang yang membantu, jadi semakin banyak informasi yang bisa Anda berikan semakin baik.

Anda perlu melakukan strategi pemasaran dengan benar-benar baik, temukan selengkapnya sekarang!

Send Comment

Captcha *