Media sosial menjadi salah satu tools yang sangat berguna untuk melakukan digital marketing. Apalagi, kini hampir setiap orang menggunakan setidaknya dua media sosial. Bahkan mungkin saja bisa lebih. 

Kini ,ada banyak sekali platform sosial media yang bertebaran dengan keunikannya masing-masing. Dengan riset yang tepat, sebagai brand, kamu bisa memilih platform terbaik agar dapat terhubung dengan audiens tertarget. 

Di mata konsumen, media sosial milik brand adalah platform yang digunakan untuk mencari tahu lebih banyak tentang brand tersebut. Facebook, Instagram, dan YouTube adalah tiga besar platform sosial media dengan pengguna terbanyak. 

Ketika berhasil mengidentifikasi platform sosial media yang digunakan audiens, kamu bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan, tentang platform media sosial terbaik untuk bisnis. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Platform Media Sosial Terbaik Untuk Bisnis 

Ada banyak platform media sosial populer hari ini. Yang menarik adalah, masing-masing platform sosial media ini memiliki karakter yang unik. Sehingga memancing orang untuk mencoba dan menggunakannya. 

Ini membuat pengguna smartphone menginstal setidaknya dua platform di gawainya masing-masing. 

Lantas, apa saja sih, media sosial yang paling banyak digunakan itu? Ini dia ulasan Jejualan untukmu: 

Facebook 

Siapa yang tidak pernah menggunakan Facebook? 

Hampir rata-rata pengguna sosial media hari ini, pasti pernah menggunakan Facebook. Sampai saat ini, menurut catatan Sprout Social, Facebook adalah platform dengan pengguna terbanyak di dunia. 

Platform kreasi Mark Zuckerberg memiliki 2,8 miliar pengguna aktif di dunia. Rentang pengguna Facebook juga sangat lebar. Mulai dari orang tua sampai anak muda ,semuanya menggunakan Facebook.

Dengan rentang pengguna yang sangat lebar, akan sangat aneh jika mengabaikan Facebook dalam rencana strategi pemasaran digital. Facebook dapat membantu brand, dalam hal ini pemasar untuk mendapatkan pelanggan potensial. 

YouTube

Selanjutnya ada nama YouTube. Siapa yang tak kenal dengan platform berbagi video milik Google ini. YouTube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Bagi brand, jumlah yang sangat besar ini tentu sangat potensial sebagai ajang promosi. 

Setting Payment Setting Midtrans Mudah dan Cepat

Ya, besarnya jumlah pengguna membuat banyak brand membuat kanal mereka sendiri di YouTube. Jika dulu brand lebih banyak beriklan di kanal lain, dengan kanal sendiri, mereka bisa fokus membuat konten yang mendekatkan diri dengan konsumen. 

YouTube juga dianggap sebagai “mesin pencari” terbesar kedua di dunia, setelah Google. Banyak konsumen yang ingin tahu lebih banyak tentang sebuah produk, misalnya. Akan menggunakan YouTube untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. 

Ini artinya, YouTube telah menjadi platform yang sangat ideal untuk menjangkau, sekaligus meningkatkan interaksi dengan audiens. 

Instagram

media sosial terbaik untuk bisnis selanjutnya adalah Instagram. Platform berbagi foto dan video ini memiliki 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Dari data Sprout Social, 60% pengguna mengikuti brand favorit mereka di Instagram. 

Instagram, adalah platform yang sangat menarik untuk anak muda. Sebagai platform sosial media, Instagram memiliki karakter yang lumayan berbeda dengan platform lainnya. Sejak awal kemunculannya, Instagram memang menonjolkan aspek visual. 

Brand juga dapat lebih dekat dengan konsumen. Dan Instagram seakan tahu apa yang diinginkan penggunanya. 

Mereka menghadirkan fitur bernama Instagram Shop. Dengan fitur yang satu ini, brand bisa langsung mencantumkan price tag di setiap postingan. Dan jika konsumen ingin tahu lebih banyak hal, bisa langsung melakukan direct message. 

Kanca Jejualan tertarik dengan Instagram shop? salah satu syaratnya, Kanca harus memiliki website toko online dulu lho.. Segera manfaatkan fitur instagram shop yuk, agar produkmu makin dikenal. Masalah Jasa pembuatan website toko online, serahkan ke Jejualan.com. Jejualan sediakan gratis 15 hari, agar Kanca bisa mencoba fitur toko online terlengkap di Jejualan.com

Mau tahu cara menentukan strategi bisnis di Instagram? 

Kamu bisa menggunakan fitur bernama Instagram Insight, Untuk bisa menggunakan fitur yang satu ini, kamu harus berpindah ke akun bisnis. Dengan insight, brand bisa tahu banyak informasi terkait interaksi yang terjadi dengan akun Instagram-mu. Misalnya, brand akan tahu, siapa saja yang melihat kontennya, demografi pengikut. Brand bisa lebih presisi untuk menentukan strategi pemasarannya. 

Twitter 

Siapa bilang Twitter cuma media sosial untuk “ngobrol”saja. Faktanya, Twitter merupakan media sosial yang sangat tepat untuk mempromosikan produk. Bagaimana tidak, Twitter memiliki 200 juta pengguna aktif setiap harinya. 

Bagi brand yang ingin selalu update dengan perkembangan tren terkini, Twitter adalah salah satu platform terbaik. Sebagai brand, kamu bisa lebih mudah mengumpulkan data-data tren terkini berkat adanya fitur trending topic. 

Bagi brand, penting rasanya untuk menjaga eksistensi di Twitter. Dan salah satu ciri khas dari audiens Twitter adalah, mereka sangat menyukai hal-hal yang unik. Kamu bisa menggunakan sisi unik brand sebagai keunggulan kompetitif. 

Pinterest 

Selama ini, Pinterests sangat identik sebagai media sosial untuk berbagi inspirasi desain. Nyatanya, Pinterest bisa melakukan lebih dari itu. Platform yang satu ini memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif setiap bulan. 

Memang, selama ini mungkin kita jarang mendengar transaksi penjualan di Pinterest. Tetapi, Pinterest banyak digunakan audiens untuk menemukan inspirasi. Contohnya, ketika ada orang yang suka dengan sebuah konten, mereka bisa menyimpannya dalam bentuk Pin

LinkedIn 

Sebentar, mungkin Kanca Jejualan penasaran, mengapa LinkedIn ada di daftar media sosial terbaik untuk menjangkau konsumen. 

Ya, tidak salah jika ada pertanyaan seperti itu. LinkedIn selama ini dikenal sebagai platform sosial media untuk kalangan profesional. 

Namun, bukan berarti LinkedIn tidak bisa menjadi tempat untuk berpromosi. LinkedIn sangat pas digunakan jika target pasarmu adalah B2B. 

Dengan LinkedIn, kamu bisa menargetkan audiens yang terdiri dari para pekerja profesional. Data demografis dan peminatannya juga sangat lebar. Pengguna LinkedIn yang lebih dari 700 juta anggota di dunia, tentu sayang sekali kalau dilewatkan. 

TikTok 

Hari ini, siapa yang tak kenal dengan sosial media besutan ByteDance. Seturut catatan di Google Play Store, TikTok telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Sasaran pengguna TikTok adalah anak muda berusia 18 tahun hingga awal 30an. 

Karena begitu disukai oleh Gen Z, TikTok menjadi sosial media dengan pertumbuhan paling cepat saat ini. Sekali viral di TikTok, sebuah konten akan dengan cepat menyebar ke platform lainnya. Inilah yang membuat TikTok dianggap sebagai trendsetter saat ini. 

Kamu bisa membagikan konten-konten yang bermanfaat berformat video-video pendek berdurasi kurang dari 1 menit. 

Penutup 

Jika kamu sedang menjalankan bisnis online, strategi pemasaran adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Salah satu strategi pemasaran yang tak boleh dilupakan adalah sosial media. Itulah tadi sejumlah media sosial terbaik untuk bisnis yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment