Membuat konsep bisnis sangatlah penting khususnya bagi Anda yang masih pemula dan  ingin menjalankan bisnis. Beberapa orang menganggap terjun ke dunia bisnis online sangat mudah karena kemajuan era digital yang memudahkan dalam belajar. Ketika Anda ingin membuka bisnis, maka Anda harus memiliki perencanaan agar bisnis yang Anda jalankan tercapai sesuai dengan keinginan Anda. Adanya rencana dalam bisnis juga akan sangat berguna dalam membantu Anda dan tim agar tetap fokus.

Konsep bisnis merupakan suatu gagasan nyata dalam mewujudkan suatu usaha. Ini juga harus sesuai dengan nilai-nilai usaha, tujuan usaha maupun target pasar. Salah satu fungsi dari konsep bisnis adalah sebagai pedoman dalam menyusun rencana kerja untuk mencapai target dan tujuan dalam berbisnis. Terjun ke dunia bisnis memang tidak mudah karena Anda harus banyak belajar. Hal ini karena trend bisnis akan semakin berkembang dari masa ke masa.

Jenis-jenis konsep bisnis

Bagi pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis maka harus tahu apa saja jenis konsep bisnis yang nantinya juga akan menjadi bagian dari cara memasarkannya. Berikut  beberapa perbedaan jenis konsep bisnis yang harus Anda tahu.

Membuat konsep bisnis

1.Online to offline (O2O)

Ini merupakan jenis konsep bisnis yang bisa dilakukan dengan cara membeli secara online dan mengembalikan sevara offline. Hal ini juga bisa berlaku kebalikannya.

2.Business to business (B2B)

B2B akan sangat membantu Anda dalam menjual produk. Ini merupakan proses menjual produk atau jasa perusahaan ke perusahaan lainnya.

3.Business to customer (B2C)

Meski hampir mirip dengan B2C, namun business ke customer ini lebih menjual produk atau jasa milik perusahaan kepada pelanggan akhir.

4.Customer to customer (C2C)

Customer to customer merupakan cara untuk menjual dan menawarkan produk atau jasa dari pelanggan ke pelanggan lainnya.

Bagaimana cara membuat konsep bisnis?

Mendirikan suatu bisnis sebenarnya tidak terlalu sulit tetapi juga tidak mudah. Untuk itu selalu diperlukan sebuah konsep bisnis yang agar kedepannya bisnis bisa berjalan dengan lancar. Konsep bisnis juga sangat penting agar nantinya bisnis yang Anda jalankan lebih dekat dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Berikut cara mudah membuat konsep bisnis khususnya untuk pemula.

1.Menentukan nama bisnis

Hal utama yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis adalah menentukan nama bisnis. Ini sangat penting. Di sini Anda juga bisa menjelaskan secara singkat mengapa Anda memilih nama tersebut. Untuk memilih nama bisnis sebaiknya Anda memilih nama yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Hal ini juga agar orang-orang semakin mudah untuk melakukan pencarian produk pada bisnis Anda.

2.Menetapkan tujuan bisnis

Bisnis yang Anda bangun tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ini bisa berupa visi dan misi bisnis yang Anda jalankan. Hal ini meliputi tujuan besar atau tujuan utama yang ingin Anda raih dari bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan adanya tujuan maka akan lebih mudah menghasilkan apa yang dicari dalam berbisnis.

Membuat konsep bisnis

3.Melakukan riset

Riset sangatlah penting bagi Anda yang ingin melakukan bisnis. Di sini Anda bisa melakukan riset dan menyesuaikan dengan selera pasar saat ini. Lakukan analisis terhadap produk yang ingin Anda jual. Ini sangat penting agar bisnis Anda lebih mudah untuk dikembangkan.

4.Menentukan target pasar

Target pasar yang tepat tentu akan memudahkan bisnis berkembang lebih pesat. Untuk itu Anda harus menentukan target pasar yang tepat. Target pasar yang dimaksud di sini meliputi umur, lokasi, dan ketentuan lainnya. Dengan adanya analisa target pasar, maka Anda bisa mengambil keputusan untuk strategi marketing yang akan Anda gunakan.

5.Lakukan Analisa keuangan

Salah satu kendala dalam berbisnis meski sudah berjaan lancar adalah masalah keuangan. Melakukan analisa keuangan sangat penting bagi Anda yang tergolong pemula. Jangan pernah sepelekan masalah keuangan karena kebanyakan bisnis bisa “mandek” karena kondisi keuangan yang carut-marut.

Agar lebih rinci, Anda perlu memikirkan keuangan paling dasar pada sebuah bisnis, yaitu meliputi;

  • Biaya untuk produksi
  • Biaya marketing
  • Biaya sewa tempat untuk usaha (jika perlu)
  • Biaya pengadaan alat untuk usaha
  • Biaya transportasi
  • Biaya untuk menggaji tim  (Jika ada)

Seiring jalannya bisnis, nantinya Anda juga harus menghitung berapa keuntungan yang Anda dapatkan. Ini sangat penting agar selanjutnya Anda bisa mencari cara lain untuk mengembangkan bisnis jika memang dibutuhkan.

Mengapa harus ada konsep bisnis?

Semua orang yang menggeluti bisnis online tentunya selalu ingin memiliki bisnis yang bertahan lama. Hal ini bisa terwujud jika Anda paham bagaimana cara membuat konsepnya. Dengan begitu jalannya bisnis juga lebih terarah.

Berikut alasan mengapa konsep bisnis itu penting

1.Adanya trend masyarakat yang berubah

Seiring berkembangnya dunia digital, tentu akan selalu ada trend bisnis baru. Trend bisnis yang ada di tahun 80-an tentunya sudah berbeda dengan tahun ini sehingga konsep bisnis sangat penting.

2.Dapat mengontrol bisnis dan menentukan prioritas

Adanya konsep bisnis juga akan membantu Anda dalam menentukan apa yang seharusnya menjadi prioritas dalam bisnis Anda. Selain itu Anda juga dapat mengontrol jalannya bisnis sesuai dengan tujuan Anda.Membuat konsep bisnis

3.Menghindari kesalahan fatal

Dengan banyaknya bisnis online yang semakin banyak akan membuat orang cenderung terburu-buru dalam menjalankan bisnis tanpa memperhatikan apa saja konsep dalam bisnis. Hal ini seringkali mengakibatkan kesalahan fatal dalam berbisnis. Untuk meminimalisir hal ini diperlukan konsep bisnis yang maksimal.

4.Dapat meningkatkan modal bisnis

Adanya konsep bisnis juga akan memudahkan Anda dalam meningkatkan modal khususnya jika ingin mendapatkan investor. Investor akan lebih tertarik dengan pebisnis atau perusahaan yang memiliki konsep bisnis yang jelas. Untuk itu Anda harus membuat konsep yang menarik, jelas dan memiliki visi yang jelas. Dengan begitu investor akan mudah tertarik sehingga dapat membantu meningkatkan modal Anda dalam berbisnis.

Bisnis akan lebih sukses berkembang jika memiliki konsep yang jelas. Bahkan dengan adanya konsep bisnis juga akan memudahkan Anda dalam menarik investor. Membuat konsep bisnis juga tidak hanya penting untuk pemula, Anda yang sudah lama dalam menjalankan bisnis harus tetap memperbaharui konsep agar bisnis semakin berkembang.

Itulah beberapa konsep bisnis yang bisa Anda terapkan agar nantinya bisnis yang Anda jalankan sesuai dengan tujuan Anda. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online bisa memilih Jejualan karena akan membantu Anda dalam membuat toko online yang mudah digunakan. Anda bisa langsung menghubungi Jejualan melalui layanan SMS, whatsapp dan line Account.

Send Comment