Situs web yang sukses tidak dibangun dalam sehari. Buatlah situs Anda menjadi penghasil uang yang membuat pengunjung Anda terus mengklik. Mulailah dengan tips ini untuk membuat website yang sukses dalam 8 langkah mudah.

  1. Kembangkan Strategi Merek untuk Situs Anda

Siapapun bisa membangun website dan mempromosikannya. Bagaimana situs web Anda sesuai dengan strategi merek Anda? Jika Anda tidak tahu, Anda tidak akan pernah memiliki situs web yang sukses dan situs Anda benar-benar dapat menyulitkan. Situs Anda hanya satu faktor dalam membangun merek di Internet namun Anda harus secara jelas mengidentifikasi peran situs Anda dalam gambaran besar. Apakah Anda ingin agar situs berfungsi sebagai ekstensi pada outlet media tradisional Anda, berdiri sendiri, menjadi sumber pendapatan atau cara lain untuk mendapatkan nama perusahaan Anda di luar sana terlepas dari potensi pendapatan?

2.    Hindari Kesalahan Desain Website

Konten bagus layak mendapat situs web yang hebat. Tapi situs web yang sukses mengandalkan lebih dari sekedar pilihan warna yang bagus dan font yang cantik. Kesan pertama juga mengandalkan Internet. Jika pengunjung pertama kali dibombardir dengan iklan, tidak dapat menemukan konten yang mereka inginkan atau situs Anda tidak sering diperbarui, kemungkinan Anda akan kehilangan pengunjung itu selamanya. Kesalahan desain website bisa membebani pengunjung situs yang juga menurunkan potensi penghasilan situs Anda.

3.    Tentukan Konten Premium, Gratis, atau Freemium

Memutuskan apakah akan menawarkan konten gratis, konten berbayar atau gabungan keduanya merupakan langkah penting dalam rencana situs Anda. Beberapa pengunjung akan membuang pilihan kedua saat mereka harus membayar konten Anda. Menawarkan konten berbayar dan gratis dapat membantu Anda membangun audiens dan mengubah pengguna melihat cerita Anda secara gratis menjadi pelanggan berbayar yang hanya ingin membaca apa yang Anda tawarkan. Sementara sebagian besar pengguna Internet terbiasa mendapatkan konten yang ingin mereka baca tanpa biaya, sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan lebih banyak orang membuka pikiran dan dompet mereka ke situs dengan paywalls selama kontennya padat. Tetap saja, Anda harus mempertimbangkan ketiga opsi dengan hati-hati untuk tidak mengejutkan pembaca Anda dengan perubahan besar di situs.

4.    Jadikan Situs Anda Sticky

Pemilik situs sering berfokus untuk meningkatkan jumlah pengunjung unik mereka namun tidak fokus untuk tetap mengklik mereka begitu mereka tiba. Situs web yang sukses tidak hanya mendatangkan klik pengunjung unik, konten tersebut memotivasi pengguna untuk mengklik lebih dalam dan lebih dalam ke situs.

5.    Menghasilkan Pendapatan Tanpa Melawan Pengunjung Anda

Ketika situs web mulai bermunculan di Internet, banyak webmaster mengandalkan iklan banner untuk mendukung situs web mereka. Kemudian pop-up, pop-under, maupun peeling halaman. Selama bertahun-tahun, cara baru menghasilkan uang dengan situs telah muncul tanpa membombardir pengunjung situs Anda dengan iklan yang mengganggu. Jelajahi pilihan Anda untuk menghasilkan pendapatan situs web. Anda tidak akan kaya semalam tapi Anda akan bisa melihat hasilnya di garis bawah Anda.

6.    Tawarkan Ruang Iklan Di Situs

Sepertinya ini adalah cara mudah menghasilkan uang. Tawarkan ruang iklan di situs Anda. Letakkan label harga di atasnya. Tunggu pengiklan untuk berduyun-duyun ke situs Anda dan mencari uang mereka. Tapi persaingan online sangat ketat. Menarik pengiklan dan meyakinkan mereka bahwa situs media Anda adalah tempat di mana mereka harus membeli ruang menjadi semakin sulit, bahkan untuk situs web yang paling sukses sekalipun. Anda harus menunjukkan kepada calon pengiklan manfaat iklan online dan bagaimana penempatan di situs Anda dapat membantu mereka mengembangkan bisnis mereka.

7.    Kembangkan Strategi Media Sosial

Arahkan lalu lintas ke situs Anda melalui media sosial. Doronglah jurnalis Anda untuk menggunakan jejaring sosial agar pembaca tetap kembali ke situs Anda untuk mendapatkan berita terbaru. Dapatkan pengunjung situs melalui Twitter dan tingkatkan kesadaran situs Anda di Facebook untuk membawa pengunjung situs Anda kembali beberapa kali dalam sehari.

8.    Ukur Lalu Lintas Anda

Gunakan alat analisis web untuk melacak kebiasaan pengunjung situs Anda saat mereka melihat konten. Pemantauan pola ini memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa yang bekerja di situs Anda dan mana yang tidak. Jika topik tertentu mengarahkan pengunjung ke situs Anda, Anda tahu bahwa Anda dapat meningkatkan klik dengan memberi pengguna apa yang mereka inginkan. Jika Anda memiliki area lain di situs yang praktis diabaikan, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin mengubah konten atau menghilangkan cakupan mengenai hal tersebut nantinya.

Send Comment