Cloud Computing and Nature Concept

Pada zaman teknologi yang semakin berkembang sekarang ini, maka media penyimpanan data digital juga ikut berkembang. Jika dulu kita hanya mengenal media penyimpanan sederhana seperti harddisk atau flashdisk, sekarang teknologi tersebut semakin berkembang dan terbentuklah media penyimpanan data berbentuk Cloud Storage.

Pengertian layanan cloud storage adalah layanan penyimpanan file di internet dimana file-file yang tersimpan bisa dikelola dari mana saja selama user masih terhubung dengan cloud storage tersebut melalui jaringan internet.

Konsep pada cloud storage adalah sama seperti pada konsep file server di suatu perusahaan. Bedanya infrastruktur pada media storage tersebut dikelola oleh provider cloud, dan selanjutnya pemanfaatannya dijadikan sebagai layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet.

Jenis Cloud Storage

Ada tiga model utama dalam arsitektur penyimpanan berbasis cloud:

Layanan Private Cloud Storage

Merupakan layanan penyimpanan yang menyediakan lingkungan khusus dan terlindungi di belakang firewall organisasi, serta biasanya bersifat lokal. Private cloud sesuai untuk pengguna yang membutuhkan keamanan lebih, kustomisasi dan kontrol lebih besar atas data mereka. Akibat tingkat keamanan yang lebih tinggi, maka harga private cloud bisa lebih tinggi pula dari jenis lainnya.

Layanan Public Cloud Storage

Menyediakan lingkungan penyimpanan multi-tenant dan paling cocok untuk data yang tidak terstruktur. Data disimpan di data center global dengan penyimpanan data tersebar di beberapa daerah atau benua. Pelanggan umumnya membayar pada basis per-penggunaan yang serupa dengan model pembayaran utilitas. Pasar sektor ini didominasi oleh Amazon Simple Storage Service (S3), Amazon Glacier untuk cold storage, Google Cloud Storage, Google Cloud Storage Nearline untuk cold data dan Microsoft Azure.

Layanan Hybrid Cloud Storage

Campuran dari layanan public dan private coud storage dengan orkestrasi antar platform untuk manajemen. Model ini menawarkan fleksibilitas bisnis dan opsi lebih terhadap penyebaran data. Hal ini memunginkan bagi sebuah organisasi untuk menyimpan aplikasi, data aktif dan data terstruktur dalam cloud lokal (private cloud), dan data terstruktur serta arsip disimpan di public cloud. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah besar pelanggan telah mengadopsi model penyimpanan hybrid cloud ini.

cloud-116579_1920

Kelebihan Cloud Storage

Selain kemudahaan akses yang ditawarkan, Cloud Storage juga memiliki beberapa kelebihan lain, diantaranya:

Relatif Lebih Aman

Karena tidak disimpan secara fisik, data yang Anda miliki akan lebih aman karena hanya Anda pribadi yang bisa mengakses data tersebut. Tidak seperti media simpan fisik yang bisa digunakan secara bebas dan mungkin saja bisa disalahgunakan oleh pihak lain.

Dapat Diakses Dimana Saja

Anda tidak perlu lagi membawa harddisk eksternal kemana-mana karena semua data yang Anda miliki sudah tersimpan rapi secara online di internet. Saat Anda membutuhkannya, tinggal buka dan unduh saja. Anda juga bisa melakukan editing pada file yang telah disimpan.

Tidak Memakan Tempat

Karena bersifat virtual, penyimpanan cloud tidak membutuhkan media fisik seperti CD, flashdisk atau harddisk. Selain itu kasus rusak atau kehilangan media penyimpanan bisa diminimalisir dengan menggunakan penyimpanan online.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cloud storage, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menyimpan data digital dari website toko online Anda. Kini, Anda juga dapat memanfaatkan Jejualan untuk membuat toko online. Fitur Jejualan dirancang untuk memudahkan Anda dalam berjualan secara online. Beberapa fitur yang disajikan antara lain layanan 24 jam, berada di halaman pertama dalam pencarian Google, transaksi yang mudah, hingga tema yang beragam sesuai keinginan Anda. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan.

Send Comment


4 − = zero