cloud hosting

Pengertian Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah sekumpulan dari server-server yang ada didalam jaringan besar atau semacam network peer. Kebanyakan menggunakan teknologi SAN (Storage Area Network) sehingga memiliki keuntungan dalam hal redundansi data yang baik ketimbang server-server stand alone.

Aspek lain yang patut dicatat adalah bahwa Cloud Hosting memungkinkan Anda untuk mengelola beban puncak dengan lebih mudah, tanpa menghadapi masalah kekurangan bandwidth dan mengurangi kemungkinan terjadinya downtime saat terjadi kerusakan pada server karena server lain dapat menyediakan sumber daya tambahan. Hal ini dimungkinkan karena situs web tidak mengandalkan hanya satu server, melainkan sekelompok server yang bekerja sama yang disebut sebagai “awan (cloud)”.

Kelebihan Menggunakan Cloud Hosting

1. Skalabilitas yang Tinggi dan Kinerja yang Baik

Tidak ada batasan untuk jumlah skalabilitas yang dapat dicapai dengan cloud hosting, seperti penambahan atau pengurangan resource tidak akan mengganggu alur kerja atau proses yang sedang berjalan. Sumber daya akan didedikasikan penuh, sehingga tidak ada resource yang tidak terpakai. Anda tidak perlu khawatir akan konfigurasi load balancer ketika website Anda memiliki trafik yang tinggi.

2. Biaya Sesuai Kebutuhan

Cloud hosting memiliki pengelolaan sumber daya sendiri, sehingga Anda bisa menentukan sumber daya yang dibutuhkan. Pengguna bisa memilih ukuran server (misalnya virtual), yang meliputi RAM, Disk Space dan juga sistem operasi (Linux atau Windows). Anda hanya perlu membayar sesuai dengan resource yang digunakan seperti penggunaan memory atau bandwidth.

3. Menghindari Keterbatasan Hardware

Cloud Hosting memastikan kebutuhan pengguna akan RAM, CPU, Quota Harddisk dan proses sepenuhnya terpenuhi. Ketika kebutuhan meningkat, Anda dapat dengan mudah memperluas kapasitas sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Perusahaan hosting dapat menambahkan banyak sumber daya sesuai dengan permintaan pelanggan.

hosting

Cara Kerja Cloud Hosting

Setiap server di jaringan cloud hosting memiliki satu set tugas tertentu. Saat terjadi gangguan pada satu server, maka server lain akan menggantikan server yang gagal tersebut dan menyediakan sumber daya yang diperlukan. Hal yang sama juga terjadi dalam kasus overloading (kelebihan beban). Untuk memastikan cloud hosting bisa berfungsi baik, diperlukan hardware server berkualitas tinggi agar mampu menjalankan berbagai tugas tersebut.

Hardware berkualitas rendah hanya akan meniadakan kelebihan cloud hosting dan justru hanya meningkatkan biaya tanpa diiringi hasil yang signifikan. Penyedia layanan cloud hosting berkualitas harus mampu memberikan layanan cloud yang handal dan harus bisa melebihi apa yang ditawarkan oleh dedicated server.

Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah-perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbarui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cloud hosting. Jika Anda menggunakan hosting yang tepat untuk toko online, maka Anda dapat merasakan berbagai manfaat dan mendapat keuntungan.
Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang bisa Anda gunakan. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


+ 8 = eleven