riset pasar

Riset pasar adalah hal utama yang mutlak untuk dilakukan saat Anda membuat sebuah bisnis. Tanpa melakukan riset pasar, maka bisa dipastikan bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai riset pasar yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar adalah aktivitas riset/research/penelitian yang dilakukan di dalam bidang pemasaran. Kegiatan di dalam riset ini meliputi pengumpulan informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan (target market, pesaing, lingkungan bisnis dll). Kegiatan riset pasar dilakukan dengan sistematis dan objektif.
Riset pasar adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis sebab dengan riset pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan pasar dan juga mengetahui para pesaing bisnis. Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada, maka Anda dapat membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar dan mampu bersaing di pasaran.
Selain itu, riset pasar juga akan mempermudah saat merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar atau optimal. Bisa dibilang riset pasar adalah otak dalam berbisnis, sebab inilah yang menentukan kemana langkah strategi dalam berbisnis.

research market

Jenis-Jenis Riset Pasar

Dari hasil riset tersebut kita bisa menggunakannya untuk menciptakan sebuah usaha dan juga strategi pemasaran (mengukur keberhasilan rencana bisnis). Perlu diketahui jenis-jenis riset pasar, diantaranya sebagai berikut:

1. Riset primer

Riset primer adalah riset yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dijalankan. Cara dalam melakukan riset ini adalah :
• Dengan interview atau wawancara baik langsung (bertatap muka) atau tidak langsung (melalui telepon).
• Dengan survey ke lokasi untuk melihat secara langsung.
• Kuesioner (online/surat). Dengan menyebar kuesioner (angket) tentang pendapat masyarakat.
• Diskusi kelompok untuk mengumpulkan sampel konsumen atau pelanggan potensial dan mendapatkan umpan balik dari mereka.

2. Riset sekunder

Riset sekunder adalah riset yang berfungsi menganalisis data yang sudah diterbitkan. Alhasil kita dapat menemukan pesaing dan bisa membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran. Riset sekunder dapat diperoleh dari majalah, buku, internet, dan lain-lain.

Informasi yang Diperoleh dari Riset Pasar

Ada 4 informasi dasar yang dapat ditemukan saat melakukan riset, diantaranya :
1. Karakter Pelanggan. Salah satu informasi yang dapat ditemukan saat melakukan riset pasar adalah karakteristik pelanggan yang merupakan target pasar sekaligus perkiraan jumlah target pasar tersebut di area yang menjadi sasaran usaha. Melalui informasi tersebut maka dapat menjadi pertimbangan dalam pengembangan produk selanjutnya yang disesuaikan dengan profile target pasar.
2. Tingkat Kebutuhan Produk. Informasi selanjutnya adalah Anda dapat mengetaui apakah produk yang dijual di masyarakat merupakan produk yang benar-benar diperlukan. Hal yang harus dihindari adalah jangan sampai produk yang dijual sama sekali tidak diperlukan oleh masyarakat yang menjadi target pasar karena strategi pemasaran seperti apapun tidak akan efektif apabila informasi fundamental ini tidak ditindaklanjuti.
3. Pesaing. Informasi mengenai pesaing maupun potensi pesaing juga dapat kita peroleh melalui riset pasar. Dengan adanya informasi ini maka menjadi masukan bagi penyusunan strategi pemasaran berikutnya.
4. Kendala. Hal yang tidak kalah penting adalah informasi mengenai kendala yang ada di lapangan. Mengetahui kendala berarti dapat segera melakukan antisipasi terhadap kendala tersebut. Kendala yang terjadi misalkan kurangnya sarana dan prasarana, peraturan pemerintah yang tidak sesuai, atau sulitnya vendor yang ada. Kendala lainnya juga dapat berupa ketidaksesuaian harga yang tertera dengan kemampuan dari target pasar (pelanggan).

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari mengenai riset pasar. Dengan riset pasar yang tepat, Anda dapat menjalankan bisnis dengan sukses. Kini, Anda juga dapat mengembangkan bisnis dengan membuka toko online. Anda dapat membuatnya dengan mudah melalui Jejualan.

Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang bisa Anda gunakan. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


four × = 36