Bisnis online saat ini semakin lama semakin menjamur. Dalam urusan jual beli misalnya, banyak pedagang offline yang mengalihkan aktivitasnya ke online. Anda pasti udah sering mendengarkan, banyak pebisnis online yang meraup keuntungan yang menggiurkan tanpa perlu membuka toko fisik. Pasti tidak sedikit dari anda yang tertarik untuk ikutan terjun bisnis online. Namun, anda masih bertanya-tanya : “bagaimana ya caranya untuk memulai bisnis online dari nol?”

Nah, supaya anda bisa merasakan keuntungan dari bisnis online, cara untuk memulainya perlu anda perhatikan. Sebab cara-cara yang akan berikan ini nantinya akan mempengaruhi bisnis online anda ke depan, sukses atau malah berhenti dan merugi di tengah jalan. Untuk lebih jelasnya, simak yuk 5 cara memulai bisnis online dari nol berikut ini.

Baca Juga : Panduan Bisnis Online yang Mudah Untuk Anda

1. Paham apa yang dijual

paham apa yang akan dijual

Jejualan

Kalau tidak paham dengan barang yang mau anda jual, ngapain juga anda menjalankan bisnis online? Paham tidaknya anda dalam menentukan bagaimana hasil bisnis online anda nanti. Penting untuk mengetahui ini. Sebab ini menjadi cara untuk memulai bisnis online dari nol.

Hal pertama yang mesti anda pahami adalah barang atau produk yang akan anda jual. Bahkan, anda wajib mengetahui sedetail-detailnya. Pemahaman anda ini membantu anda untuk mengetahui kualitas produk yang dijual. Anda juga mengetahui berapa harga beli dan harga jual yang sesuai.

Kedua, anda juga harus memahami minat dari pasar. Apa yang sedang orang-orang sukai saat ini? Model seperti apa yang mereka ingin miliki? Kalau hal-hal itu bisa anda pahami, dijamin barang-barang yang anda jual akan mendatangkan banyak pembeli.

Ketiga, pastikan produk yang anda pasarkan nanti, banyak yang mencarinya di Google. Cara gratis untuk mengetahui banyak atau tidaknya orang yang mencari produk anda, anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Dari situ anda bisa melihat berapa volume pencarian dari produk yang akan anda jual.

Kalau volume pencarian dari barang yang hendak anda jual terlampau tinggi, maka semakin tinggi juga persaingan dalam menjual barang tersebut. Pertimbangkan untuk mencari jenis varian unik dari barang tersebut, yang masih jarang dijual oleh orang lain, tetapi disukai dan dibutuhkan mereka.

2. Riset kompetitor

Anda harus mengetahui betul kompetitor anda. Caranya, anda bisa mulai dari riset bagaimana mereka menjual produk mereka secara online. Anda coba buka saja di platform online marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Lazada, hingga Shopee. Cari tahu barang apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang mau membelinya. Rating dan review memang memberikan pengaruh yang cukup kuat. Namun, hal tersebut tidak selamanya berlaku. Tidak sedikit juga di antara pembeli yang kecewa lalu memberikan rating dan review jelek.

cari supplier untuk bisnis online anda

Jejualan

Dari sini anda bisa belajar untuk menawarkan keunggulan dari bisnis anda yang menjadi kelemahan pada kompetitor anda. Misalnya saja mengenai pembeli yang paling tidak suka respons yang lama atau pengemasan yang tidak baik.

Nah, kekurangan kompetitor tersebut bisa anda manfaatkan untuk memaksimalkan penjualan bisnis online anda. Misalnya nih, kalau ada pertanyaan dari calon pembeli, anda harus menjawab dengan cepat. Kemudian dalam pengemasan barang, kalau memungkinkan, tambahkan plastik bubble wrap agar pembeli happy. Harga juga menentukan sekali. Namun, menjual barang lebih murah dari penjual lain tidak selamanya akan mendatangkan banyak pembeli. Masih ada kok dan banyak malahan yang mementingkan kualitas daripada murahnya harga. Intinya, anda masih menjual dengan harga yang terbilang kompetitif.

3. Cari supplier

Boleh-boleh saja anda mencari supplier di pusat grosir. Namun, anda akan kesulitan dalam mengambil untung dari produk yang anda jual. Terus mencari supplier di mana dong? Jangan menutup kemungkinan untuk mencari supplier sampai ke luar negeri. Atau dengan mendatangi sentra/pusat pengrajin di daerah-daerah tertentu. Buktinya, merk atau brand Brodo, brand sepatu cowok, bisa sukses dengan cara memberdayakan para pengrajin sepatu lokal di daerah Cibaduyut.

Seandainya anda ingin bekerjasama dengan supplier dari luar negeri sana, anda bisa mencarinya melalui perusahaan yang sudah terkenal dan terpercaya seperti Alibaba. Di sana banyak sekali barang-barang beserta supplier-nya yang bisa dipercaya. Lebih enak lagi nih kalau anda bisa mencoba bekerjasama sebagai seorang dropshipper dan reseller. Di Indonesia ada Supplier, Dusdusan, dan Bandros yang menawarkan sistem kerjasama buat anda yang ingin menjadi dropshipper ataupun reseller.

4. Buat brand yang membuat orang percaya

Banyak yang memulai bisnis online dengan cara yang dapat dibilang asal-asalan. Mulai dari pemberian nama brand bisnisnya sendiri hingga pembuatan logo mereka. Padahal nih, kepercayaan orang-orang untuk membeli terbangun dari citra bisnis itu sendiri. Lihat aja brand-brand yang terkenal seperti Pepsi atau Nike. Nama dan logo brand mereka begitu melekat di pikiran orang-orang sampai mendunia. Ditambah dengan kualitas barang yang mereka tawarkan, membuat orang-orang yakin kalau produk mereka itu bagus dan berkualitas.

5. Promosi gratis hingga berbayar

pakai promosi online baik gratis dan berbayar untuk bisnis anda

Jejualan

Bukan rahasia lagi bahwa promosi melalui medsos bisa dilakukan secara berbayar, namun bisa juga gratis. Tetapi, walaupun sama-sama membantu dalam meningkatkan volume penjualan, antara gratis dan berbayar jelas jauh lebih efektif yang berbayar karena lebih tertarget kepada calon pembelinya. Saat ini media sosial seperti Facebook dan Instagram telah menawarkan ads atau iklan berbayar untuk anda yang ingin produknya semakin dikenal. Dikutip dari Facebook, biaya untuk beriklan di medsos tersebut dimulai dari harga US$ 5 hingga US$ 50 ribu per minggu.

Itu berarti anda sediakan dana mulai dari Rp 72 ribuan hingga Rp 720 jutaan per minggu. Mahal dan menguras uang sih emang. Namun, melalui gratisan pun, tidak menutup peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak kok. Asal dari awal anda sudah gencar mempromosikan brand anda dengan baik.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Online Dengan Cara Berpikir Mundur

Kesimpulan

Itulah diatas tadi penjelasan mengenai 5 cara dalam memulai bisnis online dari nol untuk menarik banyak pembeli. Mudah-mudahan saja dengan menerapkan cara-cara di atas, anda bisa memperoleh banyak keuntungan dan bisnis anda semakin berkembang. Selamat mencoba!

Terakhir

Jejualan akan terus secara rutin untuk membagikan berbagai artikel menarik yang informatif mengenai tips dan trik dalam toko online yang berguna untuk membantu pengembangan bisnis online anda. Selain itu, kami juga menerima jasa pembuatan toko online atau online shop sesuai dengan pesanan pelanggan. Tentunya layanan kami bergaransi penuh selama 30 hari dan berkualitas. Terdapat beberapa paket toko online yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan budged anda.

Kami juga bermitra dengan penyedia jasa domain dan hosting murah berkualitas yang sudah memiliki pelanggan lebih dari 100 ribu yang tersebar di indonesia maupun luar negeri. Anda bisa mengunjunginya di IDwebhost.

 

Send Comment