online branding

Online branding atau yang juga sering disebut internet branding adalah teknik manajemen bisnis yang menggunakan World Wide Web (WWW) sebagai media untuk memposisikan sebuah brand di pasaran. Proses branding di era digital semakin penting dengan kemajuan internet. Sebagian besar bisnis mengeksplorasi berbagai saluran online, yang meliputi mesin pencari, media sosial, siaran pers online, hingga marketplace untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan membangun kesadaran merek mereka.

Fungsi Branding bagi Konsumen

Menurut Kapferer (1977) proses branding bagi konsumen memiliki banyak fungsi diantaranya adalah :

1. Practically

Membangun brand dengan baik juga berfungsi sebagai sarana yang praktis, lebih menghemat waktu dan energi dalam melakukan kegiatan pemasaran. Dengan branding, berbagai atribut perusahaan dapat dibuat dengan seragam, sewarna, seirama dan dapat menyederhanakan berbagai kebutuhan promosi sehingga konsumen akan lebih mudah dalam mengidentifikasi produk yang ditawarkan.

2. Identifikasi

Branding sebagai sebuah identitas bisa berfungsi untuk mempermudah konsumen dalam mengidentifikasi produk ataupun perusahaan. Dengan identitas yang jelas ini konsumen akan lebih mudah mengenal mutu produknya, memahami siapa pembuatnya, dan lebih cepat mengingat produk dan perusahaannya. Semakin mudah diingat brand usahanya tentu akan semakin mempermudah konsumen melakukan pembelian kembali.

3. Optimization

Membangaun branding bisa menjadi satu cara optimasi produk sehingga bisa menjadi salah satu produk terbaik di kategorinya sesuai dengan segmen pasar dan tujuan produk yang dibuat. Branding yang dibuat secara optimal akan mempermudah konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk tersebut.

4. Guarantee

Branding dapat berfungsi sebagai jaminan kualitas. Hal ini bisa dilihat dari para konsumen dimana mereka dapat membedakan kualitas produk berdasarkan mereknya. Oleh karena itu dengan branding, konsumen akan mendapatkan jaminan mutu dan menemukan kualitas produk yang sama di mana pun ia berada ketika membeli.

branding

5. Characterization

Branding bisa menjadi salah satu cara untuk membangun karakter produk maupun usaha. Karakterisasi ini bertujuan untuk memunculkan dan meningkatkan citra produk atau perusahaan yang ditawarkan pada orang lain. Semakin kuat karakter produk yang dihasilkan tentu produk tersebut akan semakin mudah diingat oleh konsumen di pasaran.

6. Ethical

Hal ini terkait erat dengan kepuasan pelanggan terhadap merek produk dalam hubungannya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Dengan branding yang optimal diharapkan brand usaha bisa menjadi satu-satunya merek yang berada di level Top of mind (puncak pikiran), dimana ia menjadi merek utama yang ada di benak banyak konsumen.

7. Hedonistic

Hal ini sangat terkait dengan kepuasan pelanggan terhadap produk karena daya tarik brand-nya. Oleh sebab itulah upaya branding harus benar-benar bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi antara produk dan konsumennya.

8. Continuity

Memperoleh banyak pelanggan, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan branding usaha. Dengan brand yang mudah diingat maka akan terjadi keakraban dan keintiman antara merek dengan konsumen. Apabila konsumen terpuaskan dengan produk yang ia beli maka dapat dipastikan ia akan kembali membeli produk tersebut dan mengkonsumsinya secara berkesinambungan.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari mengenai online branding. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melakukan online branding adalah dengan membangun toko online. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang handal dan terpercaya. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


9 − = seven