SocialMedia_Subpage_Banner

Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial telah mengubah cara kita dalam menggunakan internet dan memperoleh informasi. Bisnis kecil pun sekarang bisa terlibat dan berkomunikasi langsung dengan konsumennya tanpa harus menggunakan media tradisional sebagai perantara, dan ini memberikan pengalaman baru untuk situs ecommerce yang modern.

Nah, kali ini kita akan coba mengulas bagaimana cara membawa situs ecommerce ke level yang lebih tinggi dengan strategi social media marketing.

1. Pahami kenapa orang menggunakan media sosial

Sebuah studi terbaru menunjukan bahwa orang menggunakan media sosial untuk:

  • Berkomunikasi
  • Mengekspresikan diri
  • Menghabiskan waktu
  • Menghibur diri

Itulah beberapa alasan yang sama orang menggunakan internet pada umumnya, kecuali bahwa orang menggunakan situs jejaring sosial untuk alasan kelima, yaitu mencari informasi. Hal ini penting, karena itu juga berarti bahwa orang tidak hanya sekedar menggunakan jaringan sosial, tapi juga untuk menemukan informasi tentang perusahaan, produk, atau jasa.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa alasan utama orang menggunakan jaringan sosial adalah untuk menghabiskan waktu dan menghibur diri sendiri. Dengan alasan inilah, perusahaan harus sangat fokus pada media sosial mereka yang bisa menghibur untuk membangun retensi pelanggan dan akuisisi.

Perusahaan juga bisa memanfaatkan orang-orang yang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi atau mengekspresikan diri dengan membangun komunitas online.

2. Bangun hubungan dengan influencer

Karena kebanyakan orang menggunakan jaringan sosial untuk menghibur diri mereka sendiri dan sebagian lagi dari mereka juga menggunakannya untuk mengekspresikan diri, membuat mereka menjadi orang yang ekspresif dan memiliki pengaruh di dunia online. Biasanya, banyak dari mereka juga memiliki blog atau website pribadi sebagai wadah untuk menyalurkan ekspresi mereka.

Orang-orang seperti inilah yang menjadi fokus utama kita untuk membangun hubungan baik dengan mereka. Setelah membangun hubungan yang baik dengan influencer, kita akan relatif lebih mudah dalam mendapat perhatian dari pengguna lain di media sosial.

3. Berbagi konten yang menarik

Sepertinya sangat tidak mungkin bahawa banyak orang akan secara sukarela berbagi halaman produk situs ecommerce kita di media sosial. Mereka mungkin jauh akan lebih senang untuk berbagi hal yang lucu dan unik berupa posting blog yang menarik, video, dan gambar. Hal ini harus memperkuat gagasan bahwa media sosial tidak hanya dianggap sebagai saluran penjualan saja. Jadi, fokus utama kita adalah pada brand image, bangun kepercayaan dan keakraban dengan konsumen.

Apa saja yang bisa kita bagikan?

  • Informasi baru yang menarik, membuat terkejut, dan unik
  • Hal apa pun yang bisa membuat orang tertawa
  • Hal apa pun yang lucu yang bisa memberikan orang perasaan “warm and fuzzy”
  • Gambar yang bagus/indah

4. Bangun komunitas

Kebanyakan bisnis terjebak dalam posisi media sosial sebagai tempat, bukan media sosial sebagai sebuah ide.

Pertanyaan pertama sebagai online marketer adalah dimana komunitasmu? Pekerjaan pertama kita adalah untuk menemukan komunitas tersebut. Ini bisa menjadi sebuah grup diskusi Facebook, tapi bisa juga dengan mudah menjadi forum. Mungkin itu terlihat kuno, tapi dimana target audiens itu berada, disitulah kita berada.

Ingat, tujuan utama kita sebagai pembangun komunitas online adalah harus mencari cara untuk meningkatkan komunitas tersebut dalam rangka membangun brand image.

5. Memahami konversi langsung dari media sosial yang jarang terjadi

Konsumen tidak menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan kita. Mereka menggunakannya untuk menghibur diri dan berinteraksi dengan teman-teman mereka. Kita juga tidak ingin menggunakan media sosial sebagai sarana utama komunikasi dengan konsumen.

Keuntungan dari media sosial adalah kemampuannya untuk menyebarkan viral pada pesan tertentu. Orang justru lebih memperhatikan sesuatu yang dibagikan oleh teman-teman mereka daripada iklan.

Sekali lagi: keuntungan dari media sosial adalah bahwa follower kita akan berbagi pesan dengan teman-teman mereka. Tapi pada akhirnya, kita juga ingin para follower berlangganan newsletter, langsung menuju situs kita, dan melihat saluran lain dari jaringan sosial.

Jika kita pandai dalam menggunakan dan memanfaatkan media sosial ini, tentu kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih untuk toko online. Baca juga Ketahui 3 Cara Meningkatkan Traffic Toko Online Melalui Sosial Media

Send Comment