Social media marketing kini menjadi suatu cara dalam mempromosikan produk melalui media sosial. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menjangau target audiens dengan sangat mudah. Nah, jika Anda sedang mengembangkan bisnis Anda ke bisnis online, apakah Anda sudah menerapkan strategi sosial media marketing?

Anda bisa mempelajari tips ini sebagai panduan social media marketing untuk melakukan strategi sosial media marketing yang bisa digunakan, baik untuk Anda yang sedang mengembangkan bisnis online. Atau jika Anda sudah melakukan social media marketing, tapi mungkin saja butuh koreksi lebih lanjut, agar strategi Anda berjalan dengan baik.

Apa yang Dimaksud Dengan Social Media Marketing?

Social media marketing adalah salah satu teknik marketing online dengan cara mempromosikan produk atau jasa ke media sosial. Misalnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Pada tahun 2021, ada banyak sekali jenis media sosial yang bermunculan. Sehingga, pemilihan platform media sosial yang tepat, untuk strategi sosial media marketing menjadi salah satu kunci kesuksesan menggunakan teknik yang satu ini.

Bagaimana Cara Memulai Kampanye Social Media Marketing?

Hal pertama yang perlu And lakukan saat memulai kampanye social media marketing adalah dengan melakukan riset. Riset apa yang harus Anda lakukan?

Anda bisa melakukan riset jenis-jenis sosial media mana saja, khususnya yang sedang trend di Indonesia. Review data tren internet dan media sosial di Indonesia sendiri cukup menarik. Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah YouTube, dengan total 88% dari jumlah total populasi.

Kemudian, di urutan kedua adalah WhatsApp sebanyak 84%, Facebook 82%,dan Instagram di urutan keempat dengan jumlah pengguna 79% dari total populasi. Dari sini, Anda sudah dapat melihat potensi pasar manakah yang cocok dengan bisnis Anda, untuk dimaksimalkan dengan referensi keempat platform media sosial di atas.

Panduan Social Media Marketing yang Efektif

Setiap platform media sosial memiliki cara tersediri dalam meningkatkan produk aau jasa layanan Anda. Misalnya, bagaimana cara menjangkau pelanggan, waktu posting, cara berinteraksi, dan lain sebagainya. Maka, untuk memahami strategi dalam melakukan social media marketing, ada baiknya Anda pelajari teknik social media marketing di tiap platform media sosial berikut ini:

Strategi Instagram Marketing

Saat ini, banyak sekali pebisnis yang melakukan promosi produk menggunakan Instagram. Hal ini karena hasil promosi produk menggunakan Instagram dinilai dapat menghasilkan yang cukup memuaskan bagi sebagian pelaku bisnis.

Menurut survey Impactplus, sebanyak 72% responden memutuskan untuk membeli sebuah produk berdasarkan apa yang mereka lihat di Instagram. Jika Anda tertarik untuk memaksimalkan strategi marketing menggunakan Instagram dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Ubahlah akun Instagram personal Anda menjadi akun bisnis.
  • Optimasi profil bisnis Anda, seperti memilih username yang mudah dikenali, gunakan foto profil brand Anda, menulis bio yang menarik, dan masukkan tautan website di bio Anda.
  • Mulailah membuat konten yang disesuaikan dengan jenis postingan di Instagram, misalnya saja feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram TV.
  • Optimasi feed Instagram Anda, seperti memasang gambar atau video edukasi tentang produk Anda, memasang gambar tau video dari influencer yang mempromosikan produk Anda.
  • Gunakan Instagram Stories untuk melakukan pengumuman produk Anda, atau update informasi terkini, untuk menjalin relasi dengan pengikut.
  • Gunakan Instagram Live dan IGTV untuk memudahkan followers Anda menonton video dengan durasi panjang. Misalnya saja, Anda bisa membuat konten video yang berisi informasi berseri.
  • Buat caption yang menarik.
  • Buat hashtag yang unik dan populer tapi tetap relevan dengan bisnis Anda.
  • Promosikan konten Anda dengan bantuan Instagram Ads.
  • Menjalin kerja sama dengan influencer.

Manfaatkan Instagram Tools

Instagram tools dapat membantu memudahkan Instagram Marketing Anda. Mulai dari pelaksanaan promosi, hingga analisis data. Berikut ini adalah tools yang bisa Anda gunakan untuk Instagram:

1. Instagram Tools untuk Desain

Terdapat beberapa tools desain yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • VSCO : Tools Instagram yang memiliki fitur mengubah foto dari kamera handphone
  • Snapseed : Tools Instagram yang menawarkan fitur editing lengkap dan gratis
  • Canva : Aplikasi editing yang menyediakan lebih dari 8 ribu template gratis yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.
2. Tools Instagram Untuk Video Editing
  • Boomerang for Instagram
  • Life Lapse
  • HypeType
3. Instagram Tools untuk Marketing
  • Repost for Instagram : Aplikasi Android yang dapat digunakan untuk memilih foto dari follower dan memberikan sumber di saat akan melakukan postingan.
  • AutoHash : Aplikasi yang menggunakan AI agar dapat mengenali objek yang ada di gambar serta memberikan referansi hashtag dari objek tersebut.

4. Tools untuk Penjadwalan Konten

  • Sked : Tools Instagram yang dapat melakukan penjadwalan serta disediakan dengan beragam fitur editing video.
  • Later : Tools Instagram, yang selain bisa mengatur penjadwalan juga dapat dilakukan untuk melakukan riset hashtag dan regram.
  • Hootsuite : Tools Instagram yang memudahkan Anda untuk melakukan penjadwalan postingan di Instagram dari jauh hari.
5. Instagram Tools Untuk Analisis Data
  • Instagram Insight : Tools Instagram gratis yang dapat digunakan sebagai analisis data.
  • Sprout Social : Menawarkan analisa data juga dapat melakukan penjadwalan perilisan konten.
  • Iconosquare : Tools Instagram yang dapat melakukan penjadwalan konten dan memonitor topik hangat yang dibicarakan netizen.

Menggunakan Instagram Ads

Strategi social media marketing Adna akan terasa lebih maksimal lagi performanya jika Anda menggunakan Instagram Ads. Ya, meskipun Instagram Ads adalah platform berbayar, tetapi cara ini dapat memudahkan Anda dapat menjangkau pasar yang baru.

Cara membuat Instagram Ads ini sebenarnya sudah menjadi satu dengan Facebook Ads. Jadi, ketika Anda ingin membuat Instagram Ads, Anda bisa masuk ke Facebook Ads Manager. Kemudian Anda bisa memilih media penempatan Instagram Ads.

Facebook Marketing

Facebook Marketing merupakan salah satu strategis dari social media marketing dengan memanfaatkan platform Facebook sebagai tujuan marketing untuk meningkatkan penjualan produk.

Baca Juga : Langkah Membuat Facebook Shop

Untuk bisa memulai Facebook Marketing, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Mulai dengan tujuan Facebook Marketing yang jelas, apakah untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan lead.
  2. Mengetahui target pasar.
  3. Membuat konten yang menarik.
  4. Lakukan penjadwalan postingan dengan baik dan teratur.
  5. Tingkatkan komunitas dengan audiens Anda.
  6. Memaksimalkan jangkauan market bisnis Anda dengan Facebook Ads.
  7. Melakukan evaluasi dan analisa strategi yang telah Anda jalankan.

Menggunakan Facebook Ads

Facebook Ads. Platform ini adalah media periklanan yang khusus ditujukan bagi pengguna Facebook, dengan target audiens yang juga pengguna Facebook. Audiens biasanya akan melihat iklan yang tampil berada di beranda, atau di sidebar. Pilihan jenis iklan yang disediakan juga amat beragam. Ada iklan video, iklan gambar, dan iklan berbasis teks.

Memanfaatkan Twitter Marketing

Twitter sendiri memiliki cara yang unik dalam teknik pemasarannya. Strategi marketing ala Twitter sendiri lebih mengutamakan pada engagement. Berikut adalah langkah-langkah strategi social media marketing Twitter:

  1. Buat profil di Twitter Anda sebaik mungkin.
  2. Gunakan username yang sesuai dengan bisnis Anda.
  3. Gunakan foto profil dengan logo bisnis Anda untuk meningkatkan branding.
  4. Tambahkan header image di bagian atas profil Anda.
  5. Maksimalkan bio pada akun Twitter Anda dengan memperkenalkan jenis usaha Anda.
  6. Posting tweet di waktu yang tepat.
  7. Gunakan gambar pada tweet agar menambah potensi untuk di retweet.
  8. Tambahkan gif juga, untuk meningatkan engagement.
  9. Gunakan polling untuk mendapatkan insights mengenai audiens Anda.
  10. Gunakan hashtag dan kata-kata ajakan.

Penutup

Pebisnis yang baik, harus mengerti pola perilaku konsumen terhadap bisnisnya. Contohnya, bagaimana mereka berinteraksi, di media mana mereka paling sering membeli produk, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bisa menjawab beragam pertanyaan Anda seputar panduan social media marketing.

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

Send Comment