Mendapatkan peringkat tinggi di Youtube adalah hasil dari adanya dua hal. Pertama, Anda harus mendominasi di platform tersebut, yang kedua adalah Anda harus mampu menarik minat audiens sehingga Anda benar-benar mendapatkan jumlah subscriber dan viewer yang tinggi. Pada artikel ini, kami memiliki kiat-kiat SEO yang bagus untuk membantu Anda menaikkan peringkat di Youtube dan beberapa strategi keterlibatan untuk menarik minat audiens.

Riset Kata Kunci

Setelah mengunggah video di Youtube, Anda akan diminta mengisi judul, deskripsi, dan tag di dalamnya. Kedengarannya cukup mudah, tapi ini adalah salah satu bagian terpenting dari proses dan ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu mengerjakan beberapa hal terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Sebelum Anda mulai mengisi judul atau deskripsi, Anda pasti ingin tahu apa fokus kata kunci atau frase unik yang dapat digunakan nantinya. Pemberhentian pertama Anda adalah melihat persaingan seputar kata kunci yang ingin digunakan. Entah itu dalam bentuk Perencana Kata Kunci Adwords Google sendiri atau banyak tools lainnya yang bisa digunakan. Ini memungkinkan Anda melihat kata kunci yang populer dan persaingan yang akan Anda hadapi.

Kata Kunci Pendek Vs Kata Kunci Panjang

Apakah hati Anda ingin membuat kata kunci pendek seperti “Kerajinan Tangan”? Tentu kata kunci ini sudah cukup populer. Disinilah Anda akan melihat letak persaingan terbesar. Jika menurut Anda saluran Youtube sebagai pemula tidak dapat bersaing dengan kata kunci pendek, jangan khawatir karena Anda memiliki opsi lain. Daripada menggunakan kata kunci pendek seperti “Kerajinan Tangan”, Anda bisa membuatnya menjadi kata kunci panjang seperti “Kerajinan Tangan Untuk Pemula” atau “Kerajinan Tangan Untuk Hari Ibu”. Kata kunci panjang memungkinkan Anda menjadi lebih spesifik namun tetap menggunakan keyphrase awal yang diinginkan. Meskipun mungkin kurang dicari, namun kata kunci ini juga menawarkan persaingan yang lebih sedikit, penargetan yang lebih baik, dan jika Anda memutuskan menggunakan iklan, harganya akan jauh lebih murah daripada kata kunci pendek.

Menerapkan Dalam Youtube

Sekarang setelah Anda meneliti tentang kata kunci, saatnya menerapkan semua yang telah dipelajari.

  • Judul: Isi video Anda menentukan bagaimana struktur judulnya, namun penting untuk memiliki kata kunci di bagian pertama judul. Sebaiknya, jaga agar judul Anda tetap pendek dan singkat. Kata-kata penting, selain untuk judul dapat dimasukkan ke dalam bagian deskripsi.
  • Deskripsi: Di dalam Youtube, deskripsi memainkan peran sebagai penerjemah. Penting untuk dicatat bahwa kata kunci panjang dapat menjadi pilihan terbaik dalam deskripsi. Ingat, pendekatan terperinci mungkin kurang populer, tapi ini lebih efisien. Mengapa? Karena menulis deskripsi panjang bermanfaat untuk video Anda. Ini memberi lebih banyak informasi kepada Youtube dan audiens, dan hal ini dapat mempengaruhi peringkat Anda secara positif. Selain itu, bagian deskripsi juga merupakan tempat yang tepat untuk menambahkan link ke jejaring sosial dan situs Anda. Jangan ragu untuk membagikannya di sini.
  • Tag: Meskipun Anda masih berdebat mengenai apakah tag masih efektif atau tidak, ini adalah lokasi lain untuk mendeskripsikan video yang ditawarkan oleh Youtube. Jadi, gunakanlah dengan baik! Campuran tag yang spesifik dan umum sangat disarankan. Ini memungkinkan video Anda menjangkau banyak khalayak. Anda dapat menggunakan kedua kata kunci pendek dan panjang di sini. Taktik lama dalam menggunakan tag adalah memasukkan setidaknya 20 tag per video, namun taktik ini tidak sepopuler dulu. Meskipun mungkin tidak akan merugikan peringkat Anda jika melakukannya, namun hal ini juga tidak begitu memberi dampak positif dalam video. Cara terbaik adalah menambahkan sebanyak mungkin tag untuk mendeskripsikan video sesuai kebutuhan. Jika Anda merasa perlu memberi banyak tag, maka lakukanlah dengan bijak.

4 Comments

Ferdi -

Share ilmu mengenai langkah dalam mendapatkan peringkat tinggi di youtube sangat relevan, video memang bisa menjadi salah satu alat marketing dan panduan yang anda berikan bisa membantu banyak pembaca dimanapun berada.

    admin -

    Hai Kak Ferdi, terimakasih telah berkunjung di blog Kami. Benar memang alat marketing saat ini bisa dibuat dari media apapun termasuk video yang kemudian dibagikan melalui jejaring sosial youtube, hal tersebut menjadi alat marketing yang cukup ampuh terbukti dengan minat pada hampir semua orang untuk mengakses youtube setiap hari. :)

andy -

Menarik sekali apa yang disampaikan, jumlah follower yang memadai di youtube juga berperan penting , tentunya dengan tetap memperhatikan bahwa subscriber memang real ,yang aktif dalam menggunakan akun youtube itu sendiri.

    admin -

    Yaktul Kak, terimakasih sudah berkunjung ke blog Kami jangan lupa cek artikel Kami lainnya yaa…

Send Comment


3 + = nine