Dalam bisnis modern, salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pengusaha atau pebisnis adalah menjaga hubungan dengan pelanggan. Istilah kerennya adalah customer relationship management. Banyak pelaku bisnis yang percaya, bahwa menjaga relasi dengan konsumen dapat membuat bisnis mereka tak hanya tetap cuan alias menghasilkan, namun lebih dari itu. Pelanggan adalah aset yang sangat berharga untuk sebuah bisnis.

Customer Relationship Management atau CRM adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan antara pebisnis dengan pelanggannya. Pendekatan ini dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran lewat pengeloaan berbagai kontak yang berbeda. Dengan pendekatan ini, pebisnis atau brand dapat memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah secara kontinyu pada pelanggan.

Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan,  Anda membutuhkan sebuah tools yang dapat membantu hubungan Anda dengan pelanggan tetap harmonis. Tools itu adalah Desk.ID. Kanca Jejualan, artikel ini akan membahas tentang pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan Desk.ID sebagai tools yang dapat digunakan.

Tujuan Customer Relation Dalam Bisnis

CRM dibuat untuk berbagai tujuan, yang pada akhirnya adalah untuk mencapat tujuan akhir bisnis, yaitu memperolah keuntungan. Berikut ini adalah tujuan customer relationship management:

  • Meningkatkan hubungan antara brand dengan pelanggan yang sudah ada, untuk meningkatkan pendapatan.
  • Menyediakan informasi yang lengkap mengenai layanan, untuk memaksimalkan hubungan pelanggan dengan brand melalui penjualan. Baik secara up selling ataupun cross selling. Sehingga nantinya dapat meningkatkan keuntungan dengan cara mengidektifikasi, menarik, serta mempertahankan pelanggan yang paling memberikan nilai tambah bagi brand.
  • Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan yang memuaska dengan memanfaatkan informasi pelangga, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat menghemat waktu pelanggan.
  • Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses penyaluran jawaban pada pelanggan.

Komponen Dalam Hubungan Pelanggan

Dalam hubungan antara brand dengan pelanggan, tentu terdapat beberapa komponen yang saling melengkapi. Berikut adalah komponen dalam hubungan brand dengan pelanggan:

  • Pelanggan

pelayanan pelanggan

Komponen pertama dalam customer relationship adalah pelanggan. Pelanggan adalah semua pihak yang akan, pernah, dan sedang menggunakan jasa atau produk yang dimiliki oleh brand. Baik dalam proses memantau, melakukan pembelian, atau bahkan melakukan perawatan.

  • Komunikasi Dua Arah

Ketika brand ingin membangun hubungan dengan pelanggan, maka dibutuhkan komunikasi dua arah. Tujuannya tak lain agar memberikan kepuasan jangka panjang pada kedua belah pihak.

  • Manajemen

Yang namanya customer relations management, sudah pasti Anda harus memperhatikan aspek manajemen. Customer relationship management fokus pada pengelolaan dan peningkatan hubungan. Dengan adanya hubungan yang solid antara brand dengan pelanggan, maka akan membantu brand dalam mengembangkan keunggulan kompetitifnya.

Baca Juga: Cara Submit URL di Google Search Console 

Lebih Dekat Dengan Pelanggan Dengan Desk.ID

Dari bagian awal artikel ini, kita dapat bersepakat bahwa pelayanan pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis apapun. Juga dalam skala bisnis yang besar maupun kecil. Maka untuk memaksimalkan sisi pelayanan pelanggan, Anda membtuhkan sebuah tool customer service yang bagus.

Customer support tools yang Anda butuhkan juga tidah harus yang memiliki banyak fitur, yang hanya akan memusingkan Anda dan tim. Anda bisa memilih menggunakan tools customer service yang simpel, namun memiliki cara kerja yang efektif dan efisien. Anda bisa menggunakan tools bernama Desk.ID.

Untuk Anda yang sangat intens berhubungan dengan pelanggan, Anda bisa menggunakan tools simpel namun powerful ini.

Pada dasarnya, relasi yang terjalin antara pelanggan dengan brand adalah saling terikat. Masing-masing tidak bisa mendominasi yang lain. Sebuah brand tidak akan bisa besar tanpa memiliki pelanggan loyal. Sedangkan dari sisi pelanggan, brand bisa menjadi solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Dan Desk.ID adalah jawaban dari pertanyaan yang Anda cari selama ini.

Pengertian Desk.ID

pelayanan pelanggan

Desk.ID adalah sebuah platform customer relationship sederhana, yang dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih besar lagi. Dan salah satu trik untuk membesarkan bisnis adalah menjaga hubungan baik dan meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan Desk.ID, Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan dari satu pintu. Mulai dari ticketing support, livechat, email, dan sekaligus WhatsApp.

Fitur-Fitur yang Ada di Desk.ID

Sebagai sebuah tools yang mengklaim diri cukup sederhana, untuk membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, pada kenyataannya, fitur yang dimiliki Desk.ID cukup lengkap. Lantas apa saja fitur yang dimilikinya? Berikut ini adalah fitur-fitur kunci yang dimiliki oleh Desk.ID:

  • Agent

Fitur standar yang selalu ada di tools customer support adalah Agent. Apa yang dimaksud dengan agent?

Yang dimaksud dengan agent adalah, setiap anggota tim yang memiliki akses login ke akund Desk.ID mereka. Dengan tools customer support yang satu ini, perusahaan Anda bisa menggunakan hingga 100 agent. Cukup banyak, bukan?

Anda pun bisa dengan mudah menambah atau menghapus agent dari akun Desk.ID, semudah membalik telapak tangan. Dan tentu saja, untuk urusan yang satu ini, sesuai dengan kapasitas maksimal dari paket yang Anda pilih.

Kanca Jejualan harus tahu, Desk.ID memiliki tiga pilihan paket yang bisa dipilih. Ketiga paket tersebut adalah Paket Smile, Laugh, dan Giggle sebaga varian tertinggi.

  • Mailboxes

Fitur unggulan kedua yang dimiliki oleh Desk.ID adalah mailboxes. Mailboxes adalah alamat email yang Anda daftarkan dan kelola di akun Desk.ID. Dengan menggunakan Desk.ID, Anda bahkan bisa mendapatkan hingga unlimited mailboxes. Bergantung dari paket apa yang Anda pilih, tentu saja.

  • Livechat

pelayanan pelanggan

Bisa dikatakan, livechat menjad fitur andalah yang dimiliki Desk.ID selain ticketing support. Livechat yang terintegrasi dengan dengan WhatsApp adalah fitur yang disukai oleh pelanggan. Semua pertanyaan bisa dengan mudah dirangkum. Dan inilah sebab mengapa chat menjadi begut disukai. Karena dianggap sangat efektif dan cepat dalam memberikan respon pada pelanggan.

Pelanggan bisa menghubungi tima Anda kapan saja, dan yang harus Anda lakukan lakukan adalah mempersiapkan agen yang siap bekerja secara shifting selama 24 jam. Dengan livechat dan WhatsApp, agen dapat lebih mudah dan efektif ketika menawarkan bantuan kepada pelanggan, untuk setiap kendala yang dihadapi.

Dengan komunikasi proaktif dari agen kepada pelanggan, diharapkan dapat meningkatkan konversi penjualan.

  • Statistik

Desk.ID memiliki fitur statistic chat, agar Anda bisa mengetahui intensitas agen ketika melayani pelanggan. History chat juga dapat digunakan untuk melihat kinerja agen Anda. Juga untuk melihat kepuasan pelanggan, hingga identifikasi masalah agar lebih cepat selesai.

Kesimpulan

Pelayanan pelanggan, bagaimanapun adalah salah satu hal yang tidak dapat disepelekan oleh pelaku bisnis. Penggunaan tools customer service juga tidak bisa sembarangan. Pilihlah tools yang simpel, ringkas, namun sangat powerful. Dan Desk.ID adalah jawabannya.

Online-kan bisnis Anda dengan website toko online Jejualan dan dapatkan fitur-fitur keren agar jualanmu lebih maksimal. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Send Comment