Peluang usaha bisa datang dari mana saja. Bahkan dari dapur Anda di sendiri. Salah satunya adalah peluang bisnis katering. Ya, Kanca Jejualan, Anda semua pasti sudah mengetahui bisnis katering bukan? Sejak lama bisnis katering menjadi salah satu sektor ekonomi yang tak lekang oleh zaman. Tentu bukan tanpa sebab. Makanan adalah salah satu kebutuhan paling dasar manusia. Baik untuk makan sehari-hari, ataupun ketika ada hajatan atau acara besar. Makanan pasti selalu ada.

Hanya saja, bagi sebagian orang rangkaian memasak adalah proses yang merepotkan. Harus berbelanja, memilih bahan, meracik bumbu, hingga menghidangkannya di meja makan adalah proses yang panjang. Karena itulah bisnis catering hadir. Usaha katering hadir untuk menjawab permasalahan orang-orang yang ingin menghidangkan makanan tapi tak mau ribet.

Kanca Jejualan, artikel ini akan membahas tuntas peluang bisnis katering online beserta analisa bisnisnya. Jadi pastikan Anda membacanya sampai habis.

Jenis-Jenis Usaha Katering

Pada zaman yang serba modern ini, bisnis katering disebut bisa memberikan keuntungan yang besar. Mengapa?, seperti yang disebutkan di awal artikel ini, sebab tidak semua orang mau bersusah paya untuk memasak sendiri makanan dalam jumlah yang banyak.

Sebelum memutuskan untuk terjun di bisnis katering online. Kanca Jejualan, berikut ini adalah Jenis usaha catering yang harus Anda ketahui:

  • Katering Rumahan

Inilah jenis bisnis catering yang paling sederhana. Anda bahkan bisa memulai bisnis ini dengan mempekerjakan tetangga sekitar. Umumnya bisnis katering rumahan memliki Batasan jumlah pemesanan yang diambil. Dan biasanya catering rumahan fokus pada pesanan katering acara syukuran.

  • Katering Acara Khusus

Jenis usaha katering yang kedua ini bertujuan untuk menyediakan makanan di perayaan acara khusus. Antara lain seperti pernikahan, khitan, dan aqiqah, serta acara ulang tahun. Dan jika dibandingkan dengna catering rumahan, Katering acara khusus ini mampu menerima pesanan yang lebih banyak karena biasanya memiliki tenaga kerja yang banyak pula.

peluang bisnis katering

  • Katering Makanan Sehat

Tren gaya hidup sehat sepertinya juga berusaha ditangkap oleh pelaku bisnis catering online. Pasar Katering jenis ini adalah orang-orang yang ingin makan makanan sehat namun tetap enak, tanpa takut ada efek pada kesehatan tubuhnya. Katering jenis ini umumnya marak ditemui di kota-kota besar Indonesia.

  • Katering Makanan Anak

Katering makakan anak adalah salah satu trend baru untuk menjawab permasalahan orang tua yang sama-sama bekerja. Dimana terkadang orang tua yang bekerja tidak memiliki banyak waktu untuk membuatkan makanan anak mereka karena kesibukan pekerjaan.

  • Katering Kantoran

Pengusaha catering jenis ini umumnya menyasar pada perusahaan yang sering mengadakan menu makanan pada saat acara kantor tertentu. Misalnya menyediakan makanan untuk meeting, melengkapi acara seminar, atau menjadi menu makanan di luar kantor.

Peralatan Bisnis Katering

Sebagaimana lazimnya sebuah bisnis, bisnis katering juga memerlukan berbagai macam peralatan untuk menunjang kelancaran bisnisnya. Berikut ini adalah berbagai macam peralatan dasar bisnis katering yang harus ada di dapur Anda:

  • Piring

Bagi Anda yang menyediakan menu makanan prasmanan, piring adalah piranti yang wajib ada. Sangat penting untuk memiliki alat makan yang satu ini. Tak hanya digunakan untuk makan, piring juga bisa sangat berguna saat Anda memasak.

peluang bisnis katering

  • Mangkuk

Sama halnya seperti piring, mangkuk juga salah satu peralatan makan yang sering digunakan untuk melayani catering prasmanan. Mangkuk khususnya banyak digunakan untuk menampung makanan berkuah, seperti sayur, sop, soto,bakso, dan berbagai makanan mengandung kuah lainnya.

  • Sauce Dish

Sauce dish ini memilki fungsi yang tak jauh berbeda dengan mangkuk. Alat makan satu ini umumnya digunakan ketika melayani jenis katering prasmanan. Karena ukurannya yang lebih kecil, sauce dish digunakan untuk menampung saus saja.

  • Sendok dan Garpu

Alat ini jelas diperlukan, baik Anda yang focus melayani pemesanan prasmanan atau partai besar nasi kotak. Untuk bisnis katering prasmanan tentu disarankan menggunakan sendok garpu dari bahan stainless steel. Nah,, jika menggunakan nasi kotak, sendok dan garpu plastik bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Selain peralatan dasar diatas, Anda bisa menyediakan punch bowl, pemanas, dan penjepit. Akan sangat bagus kalau Anda melengkapi semua peralatan katering.

Modal Usaha Katering

Berbisnis di dunia kuliner adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Terutama jika Anda adalah orang yang senang bereksplorasi dengan menu makanan. Hanya saja, karena ini adalah bisnis, mahir memasak saja tidak cukup. Berikut ini adalah gambaran umum tentang permodalah bisnis katering online:

  • Modal

Jika Anda membuat catering online berskala rumahan. Anda bisa memulainya dengan peralatan masak yang ada. Tak perlu biaya ekstra untuk membeli peralatan masak yang baru. Dengan langkah ini Anda bisa meminimalkan pengeluaran modal.

  • Biaya Operasional

Biaya operasional pada bisnis catering umumnya hampir mirip dengan bisnis lainnya. Ada beberapa aspek yang harus Anda perthatikan saatt menghitung biaya operasional. Berikut ini adalah beberapa komponen operasional yang harus Anda ketahui:

  1. Bahan makanan
  2. Gas
  3. Gaji Karyawan
  4. Transportasi
  5. Listirk dan air
  6. Promosi
  7. Biaya lain-lain
  • Pendapatan

Untuk menjaga bisnis katering Anda terus tumbuh, tentu Anda harus mengejar pendapatan. Selain untuk balik modal, juga untuk kelangsungan bisnis Anda sendiri. Berbisnis katering online hampir mirip dengan usaha laundry. Anda harus pintar-pintar menggaet konsumen lewat kualitas makanan dan kebersihan yang terjaga.

Tips Sukses Berbisnis Katering

  • Memperkaya Pengalaman

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja bersama orang lain untuk menjalankan bisnis, Anda bisa mempelajari ilmu manajemen disini. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan memasak, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak atau dari kursus memasak.

peluang bisnis katering

  • Menentukan Nama Brand

Menentukan nama brand sejak awal mendirikan bisnis sangat penting untuk mempermudah orang mengingat bisnis Anda. Dengan pelayanan yang prima dan pelanggan terpuaskan, tak jarang mereka akan merekomendasikan katering Anda pada rekan atau keluarganya.

  • Mempelajari Laporan Keuangan

Selain mahir memasak, sebagai pebisnis Anda juga harus paham mengenai laporan keuangan. Anda dituntut jeli dalam mengelola laporan keuangan. Jelas, tujuannya agar Anda tahu bagaimana aliran kas dan berapa keuntungan yang Anda dapatkan.

  • Promosi Digital

Tips memulai bisnis katering online yang terakhir adalah promosi. Di zaman yang telah canggih seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk berpromosi. Media social dan website adalah cara paling mudah dan murah untuk mempromosikan bisnis katering online Anda.

Kesimpulan

Kanca Jejualan, berkat teknologi bernaman internet, banyak peluang usaha baru terbuka. Salah satunya adalah peluang bisnis katering online. Anda bisa memulainya dari rumah sekarang juga. Apabila masi memiliki pertanyaan seputar peluang bisnis katering atau layanan Jejualan lainnya, jangan ragu untuk meninggalkannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment