Seiring perkembangan teknologi yang pesat, banyak peluang usaha bermunculan. Ya, teknologi, selain berguna untuk mempermudah kehidupan manusia juga menghadirkan berbagai peluang bisnis baru yang mungkin tak terpikirkan puluhan tahun yang lalu. Termasuk peluang bisnis untuk mahasiswa.

Ya, kehidupan sebagai mahasiswa sangat menyenankan. Dengan fleksibilitas waktu kuliah sehingga memiliki banyak waktu untuk berkegiatan positif. Selain mengikutui kegiatan kemahasiswaan, diskusi umum, berbisnis juga banyak menjadi pilihan mahasiswa dalam mengisi waktu luang. Sangat banyak peluang bisnis online untuk kalangan mahasiswa. Berbagai bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa karena tidak bersifat fulltime.

Bahkan, beberapa bisnis dapat dijalankan tanpa modal yang besar dan bisa dilakukan dari rumah atau kos-kosan. So, buat kamu mahasiswa yang ingin mengisi waktu luang sekaligus mendapatkan pendapatan tambahan, simak daftar peluang bisnis untuk mahasiswa berikut ini.

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Membuat Online Shop

peluang bisnis untuk mahasiswa

Peluang usaha untuk mahasiswa yang paling umum adalah membuat toko online sendiri. Kenapa? Ya, karena memuat toko online untuk mahasiswa sangat mudah. Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh bisnis online ini membuatnya menjadi pilihan tepat bagi kalangan mahasiswa yang hendak memulai bisnisnya sendiri.

Anda bisa memulainya dengan menjual barang-barang yang dibutuhka masyarakat, seperti makanan ringan, pakaian, gadget, ataupun make up dan aksesoris fashion. Dan apabila modal yang Anda miliki terbatas, tak salah mengawalinya dengan menjadi reseller atau dropshiper.

Event Organizer

Selama menjadi mahasiswa, tentu dalam sekali seumur hidup Anda pasti pernah menjadi panitia-panitia acara kampus, kan? Jangan sekedar ikut-ikutan saja. Anda harus menjalani kegiatan kepanitiaan dengan sungguh-sungguh. Ya, menjadi panitia acara di kampus adalah sarana yang tepat untuk belajar menjadi event organizer profesional.

Dan di era saat ini, bisnis event organizer banyak dipilih oleh mahasiswa untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Anda bisa memulainya denga menjadi party planner untuk acara ulang tahun atau engagement day yang sekarang sedang menjadi trend. Dari situ, Anda bisa mengasah skill mengadakan acara kecil lainnya seperti konser musik kecil-kecilan, sampai di kemudian hari Anda berani menghandle acara berskala besar.

Bisnis Kuliner

Tentu Anda sering mendengar sebuah usaha kuliner yang berawal dari keisengan serius seorang mahasiswa. Bisnis kuliner menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa yang ingin melatih naluri bisnisnya. Kenapa bisnis kuliner? Kuliner menjadi pilihan bagi pebisnis pemula, terutama karena umumnya mahasiswa memiliki wawasan kuliner yang luas karena kegemaran mencoba-coba makanan baru yang sedang tren.

Bisnis Jasa Cuci Sepatu

Sepatu saat ini merupakan salah satu gaya hidup manusia di zaman modern. Karen sepatu bisa menjadi identitas seseorang di kehidupan sehari-hari. Dan karena sudah menjadi bagian hidup, pengguna sepatu tentu ingin sepatunya terlihat bersih dan terawat. Karena itulah bisnis jasa cuci sepatu bermunculan.

Cuci sepatu cocok menjadi pilihan bisnis mahasiswa pemula karena beberapa hal. Yang utama adalah kemudahan. Anda bisa belajar pada orang yang lebih dulu sukses di bisnis ini. Dan juga bisa mempelajarinya via internet. Bahan yang diperlukan pun sangat mudah. Karena sudah banyak peracik-peracik lokal yang bisa membuat cairan pembersih sepatu sebaik produk impor.

Dan untuk memulainya pun tak perlu modal besar dan tempat usaha yang luas. Anda bisa memulainya bahkan dari kamar kos-kosan. Dan sebagai sarana promosi, Anda bisa menawarkan pada teman Anda untuk membersihkan sepatu mereka dan mengunggahnya di sosial media bisnis Anda.

Salah satu pemilik bisnis cuci sepatu yang memulai usahanya adalah Dokter Tirta Mandira Hudhi. Dari usaha cuci sepatu di depan kamar kos, kini usahanya tengah menggurita.

Menjadi Desainer Grafis

peluang bisnis untuk mahasiswa

Menjadi desainer grafis adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa penyuka olah gambar. Apalagi industri kreatif ini semakin berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan dengan tingginya permintaan desain grafis dari berbagai kalangan. Mulai dari bisnis kecil dan menengah, hingga perusahaan besar yang ingin membranding dirinya sebaik mungkin. Semua butuh desain grafis.

Dan,semakin banyak portofolio yang Anda miliki, harga desain Anda pun bisa semakin mahal.

Menjadi Penerjemah

Bisa dibilang, ini bisnis yang cocok untuk mahasiswa jurusan Bahasa asing dan mereka penyuka literasi. Namun tak menutup kemungkinan juga bagi mahasiswa non Bahasa asing bisa melakukannya. Apalagi seiring dengan dunia yang seakan tak terbatas sekat ini, peran penerjemah menjadi sangat penting.

Untuk membangun portofolio, Anda bisa memulainya dengan menerjemahkan jurnal maupun penelitian asing. Anda bisa menawarkan pada dosen atau teman Anda yang sekiranya membutuhkan jasa penerjemah. Atau jika Anda cukup punya kemampuan bergaul yang baik, Anda bisa menawarkan jasa penerjemah Anda kepada turis asing yang datang berkunjung ke Indonesia.

Make Up Artist

Menjadi make up artist banyak dipilih oleh para mahasiswa untuk berbisnis. Hal ini karena tingginya permintaan akan peran seorang make up artist. Banyak acara-acara yang membutuhkan keberadaan make up artist. Mulai dari wisuda, lamaran, pernikahan, hingga pesta ulang tahun serta pemrotretan untuk portofolio.

Asah terus kemampuan dan luaskan jaringan Anda, terutama dengan fotografer. Karena make up artist dan fotografer memiliki hubungan yang saling membutuhkan. Dan karena make up artist bukanlah pekerjaan yang semua orang bisa lakukan, Anda berpeluang mendapatkan pendapatan yang sangat tinggi.

Fotografer dan Videografer Lepas

Ini dia peluang ide bisnis menjanjikan bagi mahasiswa. Bagaimana tidak, kebutuhan akan keberadaan fotografer dan videografer sangat tinggi saat ini, dan kemungkinan juga di masa yang akan datang. Apalagi dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, banyak perusahaan, terutama perusahaan kecil yang tak tidak ingin menghabiskan banyak biaya untuk pembuatan company profile. Dan ini adalah peluang yang bagus.

Selain pembuatan company profile, peluang lain yang bisa Anda peroleh dari bisnis ini antara lain dengan membuka jasa dokumentasi pernikahan, ulang tahun, dan mungkin konser musik dan event lainnya. Dan karena umumnya event-event tersebut dilakukan di akhir pekan yang membutuhkan jasa fotografer, dan bertepatan dengan waktu luang mahasiswa.

Membuka Les Privat

peluang bisnis untuk mahasiswa

Mengadakan les privat termasuk pilihan bisnis yang bagus untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Umumnya bisnis les privat ini banyak dilakukan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan dan ilmu pasti, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia. Mata pelajaran jenis ini banyak dicari oleh para murid dari jenjang SD hingga SMA.

Namun sekarang mahasiswa jurusan social pun juga banyak yang membuka les privat sendiri, Khususnya mahasiswa Bahasa dan Sastra. Dengan membuka les privat, serta semakin banyak murid yang Anda bimbing, akan semakin besar pula pendapatan Anda.

Kesimpulan

Bagi mahasiswa, selain mengisi hari-hari dengan kegiatan perkuliahan di kelas, berbisnis di luar waktu kuliah merupakan hal yang bagus. Selain mengasah keterampilan bisnis sejak dini, penghasilan sampingan adalah hal lain yang akan didapat.

Dari berbagai inspirasi bisnis diatas, manakah yang Anda pilih? Jejualan memiliki berbagai paket menarik untuk Anda yang ingin memulai bisnis Anda sendiri. Bila Anda memiliki saran atau pertanyaan seputar layanan Jejualan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar!

Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment