Semakin hari, semakin banyak ditemui orang yang ingin mempunyai bisnis mereka sendiri. Mereka adalah orang-orang yang ingin mandiri dan lepas dari bayang-bayang menjadi karyawan di tempat bekerja saat ini. Hanya saja, dalam cita-cita mulia untuk berbisnis sendiri tersebut, kadang dijumpai hambatan yang kadang meruntuhkan semangat untuk memulai bisnis. Ide dan konsep bisnis banyak disebut sebagai biangnya. Dan salah satu ide bisnis menarik saat ini adalah peluang usaha bisnis cuci sepatu.

Peluang Usaha Bisnis Cuci Sepatu

Peluang Usaha Bisnis Cuci Sepatu

Selama lima tahun terakhir, bisnis jasa cuci sepatu semakin populer. Meski demikian, jumlah pelaku usahanya masih terbilang cukup sedikit. Dengan kondisi seperti ini, ada peluang bagi Anda untuk ikut terjun dan berpotensi merebut ceruk pasar yang masih cukup luas.

Jumlah pelaku bisnis cuci sepatu yang masih sedikit ini menjadi alasan mengapa bisnis ini memiliki prospek yang menarik. Kanca Jejualan, berikut ini adalah faktor-faktor mengapa peluang usaha cuci sepatu sangat menjanjikan:

  • Semakin tingginya peminat sepatu branded di Indonesia

Generasi milenial Indonesia saat ini bisa dibilang mempunyai pengetahuan dan kesadaran merek sepatu branded berharga mahal. Banyak kawula muda yang mengincar sepatu-sepatu bermerk global seperi Adidas ,Nike, Vans, Converse, dan masih banyak lagi lainnya. Sepatu original dari merek-merek tersebut sudah pasti memiliki banderol harga yang cukup menguras kantong.

Tak heran, dengan harga sepatu yang mahal, pengguna pun tentu akan lebih berhati-hati dalam merawat sepatu kesayangan mereka. Apalagi, masing-masing sepatu mempunyai karakteristiknya sendiri-sendiri. Cara membersihkannya pun tak bisa sembarangan. Maka untuk meminimalkan risiko kerusakan atau berkurangnya keindahan penampilan, para pemiliki sepatu ini umumnya lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry sepatu yang lebih paham dan profesional.

  • Tumbuhnya kesadaran brand sepatu lokal

Tentu Anda tak asing dengan slogan #localpride, bukan? Slogan yang mencerminkan kebangkitan merek sepatu lokal agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Para produsen sepatu lokal kini tak hanyak memfokuskan diri membuat sepatu dengan desain yang menarik. Pemilihan material sepatu kini mendapat perhatian lebih dari para produsen sepatu lokal. Brand sepatu lokal seperti hendak menjawab tantangan penghobi sepatu yang ingin melihat sepatu lokal, selain memiliki desain yang bagus, tetapi juga dengan material bermutu tinggi dan mudah dirawat.

Dan tampaknya, para penikmat sepatu lokal kini semakin menghargai sepatu mereka, bukan semata-mata alas kaki yang dipakai setiap hari hingga rusak. Sepatu telah menjadi identitas diri pemakainya.

  • Masih didominasi kota-kota besar

Peluang Usaha Bisnis Cuci Sepatu

Persebaran penikmat sepatu, bukan lagi sekedar pengguna telah meluas ke berbagai kota. Baik penikmat sepatu branded mahal atau sepatu lokal. Walau demikian, jumlahnya belum sebanyak di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan kota besar lainnya.

Namun pelaku usaha bisnis cuci sepatu di daerah yang bukan kota-kota besar terhitung sangat sedikit. Umumnya masih bisa dihitung denga jari, bahkan ada yang belum ada jasa cuci sepatu. Peluang ini tentu harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Di area-area bisnis maupun kawasan pusat ekonomi cukup tinggi selain di kota besar, kesempatan untuk berhasil dalam bisnis cuci sepatu masih sangat tinggi.

Selagi belum banyak pesaing, kesempatan untuk berkembang pun menjadi lebih mudah, apalagi jika Anda adalah pionir jasa cuci sepatu di kota tersebut.

  • Bisa memulai tanpa modal besar

Kabar baik bagi Anda yang ingin memulai bisnis cuci sepatu namun khawatir terbentur masalah permodalan. Bisnis cuci sepatu sebenarnya tidak memerlukan modal usaha yang terlalu besar. Berbekal uang sebesar 3-5 juta rupiah saja, Anda bisa memulai bisnis jasa cuci sepatu kecil-kecilan.

Namun demikian, perlu diingat bahwa modal bukan hanya uang. Pengguna jasa Anda pasti menginginkan hasil yang bagus pada pekerjaan yang Anda lakukan. Untuk itu, Anda harus memahami betul cara kerja bisnis laundry sepatu, agar bisnis yang Anda jalankan bisa bertahan lama.

Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu

Memulai usaha cuci sepatu bukanlah hal yang sulit, namun bukan berarti tidak perlu melakukan persiapan yang matang. Tentu Anda tidak ingin modal yang telah dikeluarkan untuk memulai usaha tidak memberikan hasil yang diharapkan. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai jasa laundry sepatu.

  • Memiliki pengetahuan yang baik tentang sepatu

Umumnya, pemilik jasa cuci sepatu berawal dari seseorang yang memang sangat passionate pada sepatu. Terutama para kolektor dan pegiat fashion. Dengan wawasan luas tentang bebagai hal tentang persepatuan, tentu lebih baik. Penting untuk mengetahui tentang jenis material sepatu, jenis insole, ataupun jenis outsole. Karena karakter masing-masing bahan berbeda, cara mencucinya pun akan sangat berbeda.

Bila Anda merasa belum berpengalaman, jagan ragu untuk mencari informasi sebanyak mungkin, bahkan mengikuti kursus shoe cleaning bisa jadi pilihan yang bijak.

  • Memilih bahan dan peralatan yang sesuai

Peluang Usaha Bisnis Cuci Sepatu

Pembersih yang digunakan untuk membersihkan sepatu bukanlah deterjen sembarangan. Pemilihan bahan pembersih ini didasari oleh jenis sepatu yang akan dikerjakan. Salah pembersih saja bisa berakibat fatal.

Begitu juga dengan alat yang digunakan. Tidak semua jenis sepatu bisa dibersihkan menggunakan shoe laundry machine. Beberapa jenis material sepatu membutuhkan perawatan manual agar kondisinya terjaga. Tak heran, untuk material sepatu tertentu, proses pengerjaannya bisa berlangsung berhari-hari.

  • Memahami pembukuan dasar

Meskipun bisnis cuci sepatu yang Anda jalankan masih berskala kecil, bukan berarti Anda boleh tidak mempedulikan cara pencatatan keuangan dasar. Setidaknya, dengan memahami pembukuan, Anda bisa mengetahui bagaimana perputaran keuangan bisnis. Paham membaca laporan keuangan juga meminimalkan risiko Anda untuk “dikerjai” oleh karyawan Anda sendiri.

  • Strategi pemasaran yang tepat

Dalam bisnis apapun, pemasaran merupakan elamen yang sangat penting untuk meraih kesuksesan. Ini berlaku untuk bisnis berskala bisnis kecil ataupun besar. Secara umum, karakter target konsemen dari bisnis cuci sepatu adalah orang yang melek teknologi dan update informasi.

Dengan kondisi ini, Anda bisa lebih spesifik menentukan strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa menggunakan platform digital untuk mempromosikan bisnis Anda. Misalnya dengan membuat website toko online atau optimasi sosial media. Dengan platform digital, Anda bisa menyesuaikan budget yang dimiliki dengan target pemasaran, luasan area pemasaran, dan durasi tayangan iklan. Sangat praktis.

  • Memberikan nilai lebih dalam setiap layanan

Dalam bisnis jasa, pelayanan adalah hal yang tak kalah vital dibandingkan dengan hasil pekerjaan. Terlebih jika Anda memiliki kompetitor di suatu wilayah. Penting untuk menambahkan value dalam layanan Anda.

Value ini tak harus dalam bentuk perang harga dengan pesaing. Bentuknya bisa dalam bentuk kompenasasi untuk pelanggan. Misalnya, dengan memberikan layanan antar jemput sepatu, voucher diskon untuk pelanggan loyal, dan lain sebagainya.

Kanca Jejualan, demikian artikel peluang usaha bisnis cuci sepatu. Apakah Anda tertarik untuk memulainya?

 

Send Comment