Catering merupakan salah satu jenis bisnis rumahan yang memiliki peminat paling banyak. Sejak dulu, catering rumahan menjadi bisnis yang menjanjikan dan senantiasa memiliki prospek yang cerah. Hal ini tentu bukan tanpa sebab. Kuliner atau makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Artinya makanan atau kuliner akan selalu dicari oleh orang-orang. Inilah salah satu latar belakang banyaknya orang yang coba memanfaatkan peluang usaha catering rumahan.

Dan perlu Anda ketahui, saat ini usaha catering rumahan sedang menjadi trend. Kemunculan bisnis catering rumahan ini membuat persaingan usaha catering menjadi semakin ketat. Dan ini menuntut pelaku usahanya untuk semakin kreatif menggali ide-ide pemasaran.

Kanca Jejualan, artikel ini akan membahas secara mendalam tentang peluang usaha catering rumahan, lengkap dengan analisanya.

Mengapa Harus Berbisnis Catering Rumahan?

Peluang Usaha Catering Rumahan Lengkap Dengan Analisa

Bisnis catering online terhitung memiliki prospek yang bagus dan cerah. Bisnis makanana secara online dianggap sangat menjanjikan sehingga banyak orang yang tertarik untuk terjun berkecimpung didalamnya. Kemajuan terknologi yang berkembang pesat turut dimanfaatkan oleh para pebisnis catering rumahan.

Bisnis catering rumahan yang bisa dijalankan secara online akan mampu menarik lebih banyak pelanggan. Anda bisa lebih mudah mengatur strategi pemasaran catering Anda, katakanlah berpromosi menggunakan social media. Dengan online pula, pelanggan juga akan dimudahkan bila mereka ingin memesan jasa catering Anda.

Prospek Usaha Catering Rumahan

Bisa dikatakan, bisnis catering rumahan memiliki prospek yang bagus dan menguntungkan. Potensi keuntungan yang Anda dapatkan sebanding dengan usaha dan kualitas yang dimiliki oleh pebisnis catering. Terlebih, industry makanan, food and beverages, dan segala penyebutan lainnya sudah tumbuh sejak dulu dan akan selalu berkembang. Dengan pengelolaan bisnis yang benar, sebuah bisnis catering akan mampu bertahan lama menghadapi persaingan bisnis catering yang memang terkenal sangat ketat.

Terlebih bagi bisnis catering online rumahan. Ini adalah peluang yang sebenarnya terlihat besar tetapi sering dianggap kecil. Acara-acara RT dan kampung , atau acara komunitas adalah calon konsumen potensial yang saying sekali untuk dilewatkan.

Memulai Bisnis Catering Rumahan

Bisnis catering online rumahan sejatinya bisa dijalankan dengan langkah yang mudah dan gampang. Modal yang Anda perlukan untuk membagun bisnis catering rumahan Anda sendiri juga tak terlalu besar. Terlebih jika skala bisnis yang Anda jalankan masih berskala rumahan.

Lalu, siapa saja yang bisa terjun ke bisnis catering rumahan online ini? Jawabnya, bisa siapa saja. Siapa saja bisa terjun untuk berbisnis usaha catering. Dari ibu rumah tangga, karyawan yang bosan dengan pekerjaan kantoran, hingga mahasiswa yang sedang mencari uang saku tambahan. Jika dilakukan secara serius, bisnis catering rumahan ini menjanjikan keuntungan yang menggiurkan bagi para pelaku usahanya.

Konsumen Bisnis Catering Rumahan

Peluang Usaha Catering Rumahan Lengkap Dengan Analisa

Untuk membuat sebuah usaha catering rumahan Anda sukses, ,tentu Anda harus mengenali siapa saja yang berpotensi menjadi konsumen Anda. Dan karena berskala rumahan, Anda bisa menjadikan tetangga di dekat rumah Anda sebagai konsumen Anda. Caranya, Anda bisa menawarkan pada tetangga ketika sedang ada hjat kecil-kecilan tertentu. Misalnya acara arisan ibu-ibu PKK, acara ulang tahun anak-anak, hingga acara selamatan yang biasanya digelar oleh bapak-bapak.

Sesungguhhnya mencari konsumen bisnis catering online bukanlah pekerjaan yang sulit, namun sedikit tricky. Kuncinya ada dua, pada pelayanan dan kualitas rasa yang Anda tawarkan. Konsumen catering rumahan online cukup besar dan tak terbatas, dimana banyak event atau kegiatan yang membutuhkan jasa catering.

Bahan Baku Catering

Pada saat membuka usaha catering, sudah sebaiknya untuk memilliki bahan baku berkualitas agar mampu menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat. Bahan baku catering yang dibutuhkan ini tentu harus disesuaikan dengan menu makanan yang ditawarkan. Ada berbagai jenis makanan yang bisa Anda tawarkan, mulai dari mie goreng, ayam goreng, telur balado, tumis daging, bakso dan lain sebagainya.

Sehingga bahan baku masakan ini perlu disesuaikan dengan pesanana makanan dari pelanggan. Untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas, Anda bisa dengan mudah mencarinya di pasar tradisional, supermarket, atau bahkan langsung ke peternak atau petani jika memang memiliki jalur kesana. Usahakan untuk mencari bahan baku yang segar agar kualitas makanan sesuai dengan keinginan pelanggan. Pastikan kualitas makanan, mulai dari rasa, bentuk, dan penampilannya.

Modal Usaha Katering Rumahan

Berbisnis di dunia kuliner memang sangat menjanjikan. Terutama jika Anda adalah orang yang gemar bereksplorasi dengan menu masakan. Hanya saja, keahlian memasak tidak cukup. Berikut ini adalah gambaran umum tentang permodalan bisnis catering rumahan:

  • Modal

Membuka bisnis catering berskala rumahan, Anda bisa memulainya dengan peralatan masak yang ada. Tak perlu biaya ekstra untuk membeli peralatan memasak yang baru. Dengan langkah ini, Anda bisa meminimalkan pengeluaran modal.

  • Biaya Operasional

Peluang Usaha Catering Rumahan Lengkap Dengan Analisa

Biaya operasional pada bisnis catering rumahan umumnya hampir sama dengan bisnis lainnya. Terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan saat menghitung biaya operasional. Berikut ini adalah beberapa komponen operasional yang harus Anda ketahui:

  1. Bahan makanan
  2. Gas
  3. Gaji Karyawan (Jika ada)
  4. Tranportasi
  5. Listrik dan Air
  6. Pormosi
  7. Biaya lain-lain
  • Pendapatan

Untuk menjaga bisnis catering Anda terus tumbuh, tentu Anda harus mengejar pendapatan. Selain untuk balik modal, juga untuk kelangsungan bisnis Anda sendiri. Berbisnis catering rumahan hampi serupa dengan usaha laundry. Anda harus pintar menggaet konsumen lewat kualitas makanan, kebersihan yang terjaga, dan pelayanan prima serta harga yang bersaing.

Tips Sukses Usaha Catering Rumahan

  • Memperkaya Pengalaman

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja untuk orang lain, Anda bisa mengablil banyak pelajaran, seperti manajemen yang baik. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan memasak, Anda bisa mempelajarinya, baik secara otodidak ataupun lewat kursus memasak yang banyak bertebaran di berbagai penjuru kota.

  • Menentukan Nama Brand

Menentukan nama brand sejak awal mendirikan bisnis adalah langkah yang sangat penting. Bahkan meskipun bisnis catering rumahan yang saat ini tengah Anda jalankan. Ini akan mempermudah orang untuk mengingat bisnis Anda. Dengan pelayanan yang prima dan pelanggan yang terpuaskan, tak jarang mereka akan merekomendasikan catering Anda pada rekan atau keluarganya.

  • Mempelajari Laporan Keuangan

Selain mahir memasak, sebagai seorang pebisnis Anda harus paham mengenai laporan keuangan. Anda dituntut jeli dalam mengelola laporan keuangan. Jelas, tujuannya agar Anda tahu bagaiman aliran kas dan berapa pemasukan yang Anda dapatkan.

  • Promosi Digital

Tips memulai bisnis catering rumahan yang terakhir adalah promosi. Di zaman yang serba canggih saat ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk berpromosi. Media sosial website adalah cara paling mudah dan murah untuk mempromosikan bisnis catering online Anda.

Kesimpulan

Kanca Jejualan, berkat teknologi bernama internet, banyak peluang usaha baru terbuka. Salah satunya bisnis catering rumahan. Anda bisa memulainya sekarang juga. Apabila masih memiliki pertanyaan seputar peluang bisnis catering rumahan atau layanan Jejualan lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

1 Comments

Vera -

Kak bisa kasih contoh kurangnya untung saat berwirausaha catering rumahan? Dan juga cara mengatasi kesalah tersebut agar mendapat kan untung yang lebih

Send Comment