email marketing

Mungkin sebagian orang masih bingung tentang email marketing yang sering ada di internet. Dalam beberapa kasus, jika Anda seorang marketer maka sudah pasti Anda harus tahu tentang email marketing. Tujuannya tidak lain untuk membuat promosi produk atau jasa memalui surat elektronik atau email. Dengan menggunakan email marketing maka Anda akan mendapatkan banyak pelanggan serta mudah untuk memberikan informasi bagi pelanggan lama tentang produk terbaru atau jasa terbaru, Sehingga pelanggan akan datang kembali untuk membeli produk yang Anda jual.

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah metode pemasaran langsung berisi pesan komersial kepada group atau orang-orang tertentu. Setiap email yang dikirimkan kepada konsumen potensial dapat disebut sebagai email marketing. Email marketing biasanya berisi iklan, proposal bisnis dan hal-hal berhubungan yang dimaksudkan untuk membangun loyalitas, kepercayaan dan pengenalan produk.

Cara Kerja Email Marketing

Untuk melakukan email marketing, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat list email. List email didapatkan dari orang yang mendaftarkan diri secara sukarela melalui form yang disediakan di media online (umumnya website) maupun media cetak. Selanjutnya, list akan terus dikembangkan dengan jumlah peserta yang semakin banyak. Setiap list biasanya akan dikenali secara spesifik, orang-orang yang berada dalam satu list akan memiliki minat dan kebutuhan yang sama.

List akan dipisahkan berdasarkan minat agar tidak terjadi kekeliruan dalam mengirimkan pesan. Setiap email yang tidak relevan akan mengakibatkan jumlah list menjadi berkurang. Email Marketing pada umumnya dijalankan dengan jasa pihak ketiga, yaitu perusahaan online yang menyediakan tools dan perlengkapan untuk menjalankan email marketing. Dengan menggunakan jasa pihak ketiga, seluruh pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan cepat.

5 Manfaat Email Marketing

1. Hemat Biaya

Email marketing membuat biaya yang ditanggung lebih ringan dibanding dilakukan secara manual seperti lewat pos atau surat fisik lainnya. Selain itu, tingkat responsif dari pelanggan lebih tinggi jika menggunakan email marketing. Hal inilah yang membuat email marketing menjadi metode promosi yang paling diincar oleh banyak pengusaha.

manfaat online marketing

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Customer

Email merupkan satu hal yang sifatnya personal maka promosi menggunakan email sangat efektif untuk meningkatkan kedekatan Anda dengan customer. Dengan penggunaan kalimat yang baik, metode promosi ini juga akan membuat konsumen lebih mengenal produk Anda.

3. Bersifat Personal

Email marketing sering bersifat personal atau pribadi. Sifat email marketing yang bersifat personal ini akan memberikan perhatian yang lebih besar dari pelanggan yang ada atau calon pelanggan. Saat pelanggan atau calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari Anda, maka akan terasa jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang Anda kirimkan.

4. Promosi Dapat Diukur

Promosi yang Anda lakukan lewat email marketing dapat diukur setiap waktunya dan dapat dilakukan evaluasi yang dinilai dengan melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan serta respon yang muncul dari pelanggan tersebut. Setelah itu, lakukan analisa sehingga setiap kekurangan yang ada dapat diperbaiki serta hal-hal lain dapat dievaluasi untuk perkembangan dari bisnis online Anda. Penyedia iklan juga dapat mengukur statistik hasil dari promosi produknya lewat email dengan mudah.

5. Promosi Sesuai Target

Dengan mengirimkannya ke customer Anda maka promosi ini tidak akan menjadi percuma. Anda bisa membuat kategori sesuai dengan ketertarikan customer sehingga mereka akan langsung memberikan respons mengenai promosi yang Anda kirimkan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang email marketing. Salah satu cara memasarkan bisnis selain menggunakan email marketing adalah dengan membuat toko online. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang handal dan terpercaya. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


6 − = five